Liga Indonesia

4 Fakta Tak Terduga Duel Panas Persiraja vs PSMS Medan yang Berakhir Ricuh

Selasa, 21 November 2023 08:59 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© MO Persiraja
Ofisial PSMS Medan terlihat marah-marah di area bench pemain Persiraja Banda Aceh. Foto: MO Persiraja. Copyright: © MO Persiraja
Ofisial PSMS Medan terlihat marah-marah di area bench pemain Persiraja Banda Aceh. Foto: MO Persiraja.

FOOTBALL265.COM - Duel panas yang berakhir ricuh antara Persiraja Banda Aceh vs PSMS Medan kemarin rupanya menyimpan sejumlah data dan fakta menarik.

Diketahui, laga yang berakhir imbang tanpa gol dalam lanjutan Grup 1 Liga 2 2023/24 di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh, Sabtu (18/11/23) malam, itu berakhir ricuh.

Penyebabnya tidak lain adalah penonton yang melempar botol air mineral ke lapangan dan bench kubu tamu, serta ada dugaan pemukulan terhadap kapten PSMS, Rachmad Hidayat.

Selain itu, skuat PSMS Medan tertahan di dalam stadion lebih kurang dua jam lamanya akibat penonton yang mengepung stadion, sehingga Ayam Kinantan tak bisa pulang menuju ke hotel mereka menginap.

Namun ternyata, di balik itu semua terdapat sejumlah data dan fakta menarik yang patut dibahas. Berikut INDOSPORT mencoba rangkum dalam bentuk artikel.

1. Hadiah Kartu Terbanyak

Duel panas ini tak luput dari hujan kartu dari sang pengadil. Wasit Irfan Wahyu Wijanarko total mengeluarkan 13 kartu dari kantongnya.

Perinciannya yakni 12 kartu kuning dan satu kartu merah (akumulasi kartu kuning). Masing-masing tim dihadiahi enam kartu kuning.

Dikutip dari laman Liga Indonesia Baru, laga Persiraja vs PSMS ini menjadi jumlah terbanyak kartu yang keluar dari kantong wasit dalam sebuah laga sepanjang Liga 2 musim ini, khususnya di Grup 1.

Sedangkan Persiraja vs PSMS menjadi laga kedua dengan hujan kartu terbanyak dari seluruh laga Liga 2 musim ini. Sebelumnya ada duel panas PSKC Cimahi vs Persikab di Stadion Siliwangi, Bandung, 2 Oktober lalu.

Dalam laga lanjutan Grup 2 yang berakhir 3-2 untuk tim tamu Persikab itu, total jumlah kartu yang keluar jumlahnya sama, yakni 13 kartu, dengan perrincian 11 kuning dan dua merah (keduanya akumulasi kartu kuning).

2. Jumlah Penonton

Selanjutnya dari duel panas Persiraja vs PSMS di SHB ini mencatat rekor sebagai penonton terbanyak yang hadir ke stadion sepanjang Liga 2 musim ini, yakni 31.000.

Rekor sebelumnya juga dicatat di lokasi yang sama saat duel Persiraja menjamu Semen Padang FC pada 21 Oktober 2023. Laga yang berakhir 1-0 untuk kemenangan tuan rumah dihadiri sebanyak 22.750 penonton.

3. Belum Terkalahkan

Baik Persiraja Banda Aceh maupun PSMS Medan merupakan sejauh ini sama-sama belum tersentuh kekalahan sepanjang Liga 2 musim ini. Sebuah rekor terbaik dari seluruh kontestan.

4. Seri Terbanyak

Khusus bagi PSMS, laga ini mencatatkan namanya mereka menjadi satu-satunya tim yang mencatat hasil imbang terbanyak dibandingkan tim lain.

Klub berjuluk Ayam Kinantan ini total telah telah mencatat enam seri dan baru dua kali menang dari delapan laga sepanjang Liga 2 2023/24.

Bahkan muncul istilah berbentuk sindiran sejak lama terkait performa mereka tersebut berupa kepanjangan baru, yakni PSMS: Persatuan Sepak bola Main Seri.