Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Ungkap Biang Keladi Hasil Imbang Lawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Selasa, 21 November 2023 23:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho mengontrol bola pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina di Rizal Memorial Stadium, Selasa (21/11/23). Copyright: © PSSI
Pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho mengontrol bola pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina di Rizal Memorial Stadium, Selasa (21/11/23).

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 kontra Filipina di laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (21/11/23) di Stadion Rizal Memorial. Hasil itu tempatkan skuad Garuda di dasar klasemen sementara.

Indonesia mengawali pertandingan dengan buruk. Berkali-kali ada kesalahan sehingga tuan rumah akhirnya berhasil membuka keunggulan pada menit ke-24 lewat gol Patrick Reichelt yang maksimalkan assist Kevin Ingreso.

Permainan skuad Garuda baru mencair pada babak kedua. Saddil Ramdani kemudian menyamakan skor (‘70) usai memanfaatkan umpan dari Ricky Kambuaya.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan hasil imbang hari ini adalah hasil yang adil. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan disebut tidak berada dalam kondisi terbaik, setelah melewati perjalanan jauh. 

Belum lagi kondisi lapangan yang menggunakan rumput sintetis yang jarang dijumpai pemain Indonesia. 

“Kami memiliki beberapa kesulitan seperti perjalanan jauh (dari Indonesia - Irak - Filipina) lalu ada perbedaan waktu, kelelahan dan khususnya lapangan yang pakai rumput sintetis yang tidak familiar bagi kami,” ujar Shin Tae-yong usai pertandingan. 

“Jadi kami sangat sulit buat kami untuk adaptasi dengan lapangan seperti ini. Hasil 1-1 adalah hasil yang adil bagi kami dipertandingan 90 menit,” imbuhnya.

Meski demikian, juru taktik asal Korea Selatan itu memberikan apresiasi ke para pemain Indonesia. Jordi Amat dan kolega sudah bermain sesuai instruksi dan pantang menyerah. 

“Akan tetapi performa kami baik karena pemain tidak menyerah dari Filipina. Jadi saya berterima kasih ke pemain yang telah kerja keras menunjukan performa hari ini,” ucapnya.

Situasi melawan Filipina memang sudah diprediksi oleh Shin Tae-yong sebelum laga. Dia menyebut faktor recovery dan lapangan yang tidak bagus mempengaruhi persiapan tim.

Striker Timnas, Rafael Struick bahkan secara gamblang mengatakan lapangan di Stadion Rizal Memorial sangat buruk.