Liga Inggris

Sosok Manajer Ideal Liverpool versi Jose Mourinho, Bukan Jurgen Klopp?

Selasa, 21 November 2023 03:02 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Subhan Wirawan
© REUTERS/Alberto Lingria
Aksi Jose Mourinho di laga AS Roma vs AC Milan. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria) Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Aksi Jose Mourinho di laga AS Roma vs AC Milan. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

FOOTBALL265.COM - Jose Mourinho menilai Xabi Alonso bisa menjadi pelatih ideal klub Liga Inggris (Premier Leagur), Liverpool, menggantikan Jurgen Klopp.

Fans Liverpool pernah dibuat waswas saat sang pelatih, Jurgen Klopp, dibidik untuk menjadi pengganti Hans-Dieter Flick sebagai pelatih Timnas Jerman. Pasalnya, Jurgen Klopp diketahui merupakan salah satu pelatih terbaik Liverpool, yang berhasil membawa The Reds ke puncak kejayaan.

Beruntung, kekhawatiran tersebut tak terwujud. Federasi Sepak Bola Jerman akhirnya menunjuk Julian Nagelsmann sebagai pelatih anyar menjelang Euro 2024.

Meski demikian, rasa waswas pendukung Liverpool belum sepenuhnya hilang. Performa mengesankan The Reds yang baru menelan satu kekalahan di Liga Inggris musim ini masih menjadikan Jurgen Klopp salah satu pelatih paling diminati di dunia.

Meski demikian, pelatih terkemuka, Jose Mourinho, menegaskan jika Liverpool tak perlu khawatir. Ia menilai ada sosok lain yang sama bagusnya seperti Jugen Klopp, yang bisa dibidik Liverpool.

Sosok tersebut adalah Xabi Alonso. Menariknya, Jose Mourinho telah meramalkannya sejak 4 tahun lalu, sebelum pria asal Spanyol tersebut bersinar bersama Bayer Leverkusen musim ini.

"Saya selalu melihat sosok seorang pelatih bagus di dalam diri Xabi Alonso. Sama seperti saya, ayahnya juga adalah pemain sepak bola," ujar Jose Mourinho, dikutip dari Liverpool Echo.

"Dia tumbuh bersama sang ayah, yang adalah seorang pemain dan pelatih. Dia lalu menjadi seorang pemain, yang tentunya jauh lebih baik ketimbang saya."

"Pengetahuannya soal permainan ini sangat bagus. Dia juga pernah bermain di Spanyol, Inggris, dan Jerman," tuturnya menambahkan.

Lebih lanjut, Jose Mourinho menyebut faktor utama yang membuat Xabi Alonso memiliki potensi menjadi pelatih mumpuni di kemudian hari.