In-depth

3 Klub Liga 1 yang Berpeluang Datangkan Alexandre 'Mano' Polking Eks Timnas Thailand

Kamis, 23 November 2023 09:13 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ada tiga klub Liga 1 yang berpeluang mendatangkan Alexandre 'Mano' Polking. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ada tiga klub Liga 1 yang berpeluang mendatangkan Alexandre 'Mano' Polking.

FOOTBALL265.COM - Ada tiga klub Liga 1 yang berpeluang mendatangkan Alexandre 'Mano' Polking, yang baru saja dipecat dari jabatannya sebagai pelatih kepala Timnas Thailand.

Alexandre 'Mano' Polking resmi dipecat dari kursi pelatih Timnas Thailand setelah gagal memenuhi target di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ia menelan kekalahan atas China.

Tak butuh waktu lama, pelatih Masatada Ishii asal Jepang langsung didapuk menjadi pengganti Mano Polking pada hari yang sama.

Dengan pengalamannya membesut Timnas Thailand hingga bertabur prestasi, tentu Mano Polking layak didatangkan oleh klub Liga 1 untuk mendongkrak prestasi musim ini.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga klub Liga 1 yang berpeluang mendatangkan Alexandre 'Mano' Polking.

1. Persija Jakarta

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada percikan-percikan api di internal manajemen Persija Jakarta, yang semakin membara saat bursa transfer paruh musim Liga 1 2023/24.

Ada perbedaan suara antara presiden klub Mohamad Prapanca dan kelompok suporter, termasuk dengan pelatih kepala, Thomas Doll.

Beberapa waktu lalu, Thomas Doll mengaku sudah mengajukan beberapa nama pemain untuk didatangkan di paruh musim, tetapi Persija mengklaim tidak ada nama yang diajukan.

Di tengah perjuangan Thomas Doll untuk membawa Persija kembali ke papan atas, manajemen justru merilis bahwa hanya ada satu pemain tambahan di bursa transfer ini, yakni Gustavo Almeida.

Ketika suara Thomas Doll tidak didengar, posisinya mulai rawan. Persija Jakarta bisa saja menukar sang pelatih dengan Mano Polking yang baru saja meninggalkan Timnas Thailand.

2. PSM Makassar

PSM Makassar boleh dikatakan sebagai salah satu tim kuat Liga 1, terbukti dengan prestasi yang mereka raih di beberapa tahun terakhir, juara Piala Indonesia 2018/2019 hingga Liga 1 2022/2023.

Namun, pelatih Bernardo Tavares kesulitan mengangkat performa tim musim ini. PSM Makassar tergelincir ke posisi 12 klasemen sementara, dan kesulitan merengkuh poin.

Skuat Juku Eja baru meraih 6 kemenangan, 5 hasil imbang dan 8 kekalahan. Ini menjadi alarm bahaya bagi pelatih asal Portugal itu.

Puncaknya adalah ketika Bernardo Tavares melelang trofi pelatih terbaik Liga 1 untuk membantu keuangan PSM, hal ini seolah memantik bara api di antara kedua pihak.

Jika PSM Makassar ingin mengganti pelatih, tentu grade-nya tidak boleh turun dari level Bernardo Tavares. Maka dari itu, Alexandre 'Mano' Polking adalah sosok yang tepat.

3. Persikabo 1973

Persikabo 1973 memang belum menemukan formula yang tepat untuk musim ini. Pelatih Aidil Sharin asal Singapura dipecat di pekan keempat, lalu digantikan pelatih interim Oleg Kuzmianok.

Persikabo akhirnya mengumumkan pelatih baru mereka adalah Salvador Rodriguez asal Meksiko. Namun tak berselang lama, ia justru digantikan oleh pelatih lokal Aji Santoso.

Bersama Aji Santoso, Persikabo tidak terlalu konsisten. Pada laga terakhir kontra Persija Jakarta, Kamis (9/11/23), klub berjuluk Laskar Padjadjaran itu kandas dengan skor telak 4-0.

Hasil ini membuat Persikabo 1973 kesulitan keluar dari zona degradasi. Jika tidak segera berbenah, maka tim asal Jawa Barat itu bisa turun kasta ke Liga 2.

Barangkali Persikabo memerlukan sentuhan Alexandre Polking untuk dapat menggebrak sisa pertandingan musim ini, dengan target jangka pendek untuk bertahan di Liga 1.