Liga 1

Profil Gilbert Alvarez, Striker Timnas Bolivia yang Dikaitkan Arema FC Mengganti Gustavo

Kamis, 23 November 2023 16:11 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Instagram@19galvarez
Gilbert Alvarez, striker Bolivia yang diisukan ke Arema FC. (Foto: Instagram@19galvarez) Copyright: © Instagram@19galvarez
Gilbert Alvarez, striker Bolivia yang diisukan ke Arema FC. (Foto: Instagram@19galvarez)

FOOTBALL265.COM - Arema FC harus berkejaran dengan waktu dalam upaya mencari sosok striker asing pengganti dari Gustavo Almeida yang dipinjamkan ke Persija Jakarta.

Mengacu kontribusi Gustavo yang menyumbang 14 gol sekaligus jadi top skor Liga 1 saat ini, jelas membuat tugas tim berjulukan Singo Edan tak mudah.

Beberapa nama lantas dikaitkan, terutama mereka yang berpengalaman di Liga 1. Gilbert Alvarez kini menjadi nama terbaru yang mencuat dikaitkan ke Malang.

Striker andalan Timnas Bolivia itu memang tak berpengalaman di Liga 1. Namun, karirnya pernah menjajal sepak bola Asia, tepatnya membela klub Al-Hazem di Arab Saudi.

"Yang jelas, harapan kami adalah mendapatkan striker yang bisa membantu tim untuk segera beranjak dari zona bawah," tutur Yusrinal Fitriandi.

Sejatinya, pihak klub ingin merekrut striker asing yang sudah di Liga 1 dan berstatus free club. Tujuannya, agar tak terkendala soal adaptasi lagi.

Sebab itu lah yang membuat Arema FC dihubungkan dengan beberapa nama yang beredar saat ini. Mulai Marko Simic, Everton Nascimento, Lulinha sampai Rafael Silva.

Menurut informasi, Gilbert Alvarez ini merupakan salah satu pemain yang mendapat rekomendasi langsung dari pelatih tim, Fernando Valente.

"Kendati baru pertama kali ke Indonesia, elemen tim yakin dia bisa membantu kami (mencapai target lolos degradasi)," sambung General Manager Arema FC itu.

Lantas, bagaimana profil dan statistik striker bernama lengkap Gilbert Alvarez Vargas yang kini dikaitkan Arema FC menggantikan Gustavo Almeida?

Sempat Merantau

Soccerway mencatat, Gilbert Alvarez menjalani kariernya secara profesional sejak 2011 membela klub Liga Primer Bolivia, The Strongest.

Dia lantas berganti klub membela Real Potosi sejak 2014 hingga 2016 sebelum memperkuat Jorge Wilstermann selama 5 musim.

Namun di tengah itu, dia sempat merantau ke kompetisi Asia. Namun, karirnya tak lama di Liga Pro Saudi saat membela Al-Hazem periode 2019 silam.

Setelah dari Arab Saudi, Alvarez kembali ke Bolivia. Dua klub terakhirnya adalah Royal Pari (2022) dan Palmaflor (2023) hingga saat ini.

Jagoan Gol

Nilai plus dari striker berusia 31 tahun ini adalah konsisten mencetak gol pada setiap musim kompetisi. Dia musim ini sudah membukukan 8 gol dari 20 laga di Liga Bolivia.

Catatan terbaiknya adalah ketika mencatat 23 gol dalam 45 laga untuk Jorge Wilstermann. Dia juga mengantar klubnya itu menjuarai Liga Clausura Bolivia.

Sementara karirnya untuk Timnas Bolivia juga terakhir kali tercatat pada 2021. Gilbert mencatat total 30 caps dengan membukukan 3 gol periode 2009-2021.

Sebanyak 15 caps dikantonginya dalam uji coba internasional. Lalu 10 kali tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan 5 laga lain di Copa America 2021.