Liga 1

Jan Olde Gusar Saat Disinggung Nasibnya di Dewa United usai Dibantai Persib

Senin, 27 November 2023 18:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink usai laga uji coba antara Persib Bandung vs Dewa United. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink usai laga uji coba antara Persib Bandung vs Dewa United.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink pasang badan setelah kekalahan telak 1-5 dari Persib Bandung pada pekan ke-20 Liga 1 2023/24, Minggu (26/11/23) di Indomilk Arena, Tangerang.

Pada laga semalam, Dewa United sudah kebobolan di menit ke-5 setelah Ciro Alves manfaatkan bola rebound. Nama yang sama kembali catatkan gol menit ke-31.

Pada babak kedua, Dewa United lakukan perubahan dengan masukan tiga pemain. Majed Osman, Rangga Muslim dan Theo Fillo ditarik keluar dan digantikan Ahmad Nufiandani, Feby Eka serta Septian Bagaskara.

Tapi, perjuan tim Tangsel Warrior justru tidak berjalan lancar. Persib menambah tiga gol lewat aksi Ciro Alves (‘62 P) dan David da Silva (‘48 dan ‘68). Sedangkan satu-satunya gol Dewa United dicetak Risto Mitrevski (‘88 P).

Pelatih Dewa United, Jan Olde mengakui taktik dan strategi yang diterapkan tidak berjalan baik. Ada banyak celah yang tercipta, sehingga bisa dimanfaatkan tim tamu.

Juru taktik asal Belanda itu menyatakan bertanggung jawab penuh atas kekalahan dari Persib Bandung.

“Ini adalah hari yang sangat gelap buat saya, saya pikir babak pertama kami sudah mencoba, mencati ruang tapi kami tidak seharusnya kebobolan dua gol seperti itu,” ucapnya.

“Kami kekurangan kedalaman dan berusaha mengubah situsi pada babak kedua. Kami harus ciptakan peluang karena itu saya ambil resiko, tapi Persib memiliki lini serang yang bagus dan kami berikan ruang buat mereka dan itulah resikonya. Saya ambil resiko karena saya rasa bisa imbang (setelah tertinggal 0-2),” imbuh Jan Olde.

Lebih lanjut, mantan pelatih Galatasaray itu menyatakan setidaknya timnya sudah mencoba dan berusaha, meski hasilnya tidak bagus. Dalam sepak bola, ada keputusan yang harus diambil dengan cepat.

“Sebagai pelatih saya lakukan perubahan tapi tidak menguntungkan kami, melainkan Persib. Tapi tak masalah, setidaknya kami sudah mencoba, dari pada tidak sama sekali dan itu tanggung jawab saya,” kata Jan Olde.

Setelah kekalahan telak tersebut, awak media mencoba menanyakan tanggapan Jan Olde terkait masa depannya bersama Dewa United, mengingat sudah banyak pelatih di Liga 1 yang dipecat karena hasil buruk. 

Tapi, Jan Olde tampaknya kurang senang dengan hal tersebut. Dia 

“Gimana cara lihat masa depan? Apa yang kamu inginkan? Kamu ingin lebih tinggi lagi, gak bisa nanya lagi,” ucap pria 60 tahun itu.

Sementara itu, bek tengah Dewa United, Risto Mitrevski mengatakan hasil buruk semalam sangat menyakitkan. Dia menegaskan, mereka harus lakukan evaluasi dan segera bangkit karena musim masih panjang.

“Kekalahan memang menyakitkan, apalagi 1-5. Babak pertama kami bisa kontrol, tapi kebobolan dimana Persib menghukum kami dengan peluang kecil. Babak kedua kami coba, tapi tak berhasil,” jelasnya. 

“Tapi itulah sepak bola, apapun bisa terjadi. Kami harus konsentrasi dan kerja keras buat ambil poin di kandang berikutnya,” tuntas Risto.

Kekalahan dari Persib Bandung membuat posisi Dewa United tertahan diperingkat 11 klasemen sementara Liga 1 2023. Tim promosi tersebut kumpulkan 25 poin dati 20 laga.