Bola Internasional

Asa Tersisa Bali United Hadapi Stallion Laguna FC Agar Tak Memalukan di Piala AFC

Selasa, 28 November 2023 10:13 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi bek Bali United, Elias Dolah usai cetak gol kedua ke gawang Bhayangkara FC dalam laga pekan ke-15 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot, Minggu (08/10/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi bek Bali United, Elias Dolah usai cetak gol kedua ke gawang Bhayangkara FC dalam laga pekan ke-15 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot, Minggu (08/10/23).

FOOTBALL265.COM - Bali United coba memenangkan dua partai terakhir sebagai misi tersisa di Piala AFC 2023-2024. Tiga poin wajib diraih ketika bersua Stallion Laguna FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (29/11/23).

Bali United sejatinya nyaris tak punya peluang untuk lolos ke babak semifinal zona Asia Tenggara. Wakil Australia, Central Coast Mariners, tinggal selangkah lagi lolos sebagai juara grup G.

Sementara status runner up terbaik kemungkinan menjadi milik wakil grup F karena sudah mengoleksi 9 poin dan berpotensi memenangkan dua laga tersisa.

Meski begitu, Bali United coba memperjuangkan peluang setipis tisu. Bali United ingin mengamankan enam poin tersisa agar bisa mengoleksi 10 poin pada akhir fase grup.

Perjuangan dibuka dengan menjamu wakil Filipina, Stallion Laguna FC. Peluang menang sangat terbuka mengingat pertemuan pertama di Filipina jadi milik Bali United dengan skor 5-2.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, mengatakan timnya dalam situasi bagus. Kemenangan penting di Liga 1 atas Madura United ikut berpengaruh pada kondisi tim.

"Semua dalam kondisi yang bagus. Tim tetap kerja keras di setiap latihan untuk memperbaiki tim agar lebih baik," kata Teco, Senin (27/11/23).

Teco menyadari kemenangan atas Stallion Laguna FC tak menjamin peluang timnya menjadi terbuka. Namun, Bali United menetapkan dua kemenangan di dua laga terakhir sebagai misi tersisa.

Setelah melawan Stallion Laguna FC, juara Liga 1 2019 dan 2021-2022 ini akan bertandang ke Malaysia untuk menghadapi Terengganu FC, 13 Desember 2023.

"Situasinya tidak mudah, tapi ketika bisa menang dalam dua pertandingan terakhir, mudah-mudahan kita bisa lolos," ujar Teco.

Tanpa Luthfi Kamal

Sayangnya, Bali United secara regulasi tak bisa memainkan Luthfi Kamal. Pemain yang direkrut dari PSIS Semarang ini tampil bagus dalam debutnya bersama Serdadu Tridatu.

Teco menilai Luthfi Kamal punya progres yang bagus. Keberadaan pemain yang muncul bersama Timnas Indonesia U-19 itu memberi perbedaan di sektor tengah.

"Dia bermain bagus bisa ikut taktik tim. Dia juga punya marking bagus dan juga berani pegang bola buat tim bisa meraih hasil positif di Madura," ungkap Teco.

Teco juga masih memikirkan Liga 1 2023-2024 yang punya peluang besar lolos babak semifinal. Bali United masih berjuang untuk mendapatkan satu pemain lokal lagi setelah mendapatkan Luthfi Kamal.

"Kami tim pelatih masih tunggu dari manajemen. Ketika bisa datang satu pemain, itu akan bagus buat tim lebih komplet. Tetapi waktu tidak bisa datang juga tidak ada masalah buat tim," ungkap Teco.

Di pertandingan lain Piala AFC 2023-2024 grup G, Terengganu FC akan menjalani laga berat ke Australia melawan Central Coast Mariners.

Terengganu FC tak punya pilihan lain selain memenangkan laga ini jika ingin lolos ke babak semifinal zona Asia Tenggara. Namun tentu saja hal ini tidak akan mudah.

Bali United dihajar Central Coast Mariners di Industree Stadium dengan skor 6-3. Sementara Stallion Laguna FC hancur lebur dengan skor 9-1.