Liga 1

Bursa Transfer Liga 1: Persib Lepas Frets Butuan, Dewa United Relakan Eks Timnas

Selasa, 28 November 2023 18:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Winger Persib, Frets Butuan mendapat pengawalan ketat dari pemain Arema FC pada pertandingan Liga 1 2023-2024 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Rabu (08/11/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Winger Persib, Frets Butuan mendapat pengawalan ketat dari pemain Arema FC pada pertandingan Liga 1 2023-2024 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Rabu (08/11/23).

FOOTBALL265.COM - Persib Bandung secara mengejutkan melepas salah satu winger andalan, Frets Butuan pada hari terakhir bursa transfer putaran kedua Liga 1 2023/24. Maung Bandung juga umumkan dua pemain baru.   

Persib terpaksa berpisah dengan Frets, lantaran sang pemain mengajukan permohonan mengundurkan diri, berkaitan dengan penugasan barunya ke Kodam XVI/Pattimura dan pertimbangan alasan keluarga.  

Sebagai informasi, Frets adalah seorang pesepakbola sekaligus tentara aktif, sehingga bisa dipanggil tugas kapan pun.

Belum lama ini, Persib juga melepas salah satu pemain asing, Levy Madinda berakhir. Masa pinjaman pemain berpaspor Gabon tersebut berakhir dan dia akan kembali ke Johor Darul Takzim (JDT).

Selain melepas pemain, tim asuhan Bojak Hodak juga merekrut dua pemain baru. Keduanya adalah Stefano Beltrame dan Kevin Ray Mendoza. 

Nama terakhir berposisi sebagai kiper dan berasal dari Filipina. Kedatanhan Kevin diprediksi akan menggeser tempat Daisuke Sato. Itu karena keduanya sama-sama mengisi kuota pemain Asean dan kuota pemain asing Persib telah melebihi batas (7 pemain saat ini). 

Klub Liga 1 lainnya, Dewa United FC secara resmi mengumumkan telah melepas gelandang lokal, Ichsan Kurniawan. Dia akan dipinjamkan ke salah satu klub Liga 1 musim ini.  

Presiden Dewa United, Ardian Satya Negara mengungkapkan alasan meminjamkan jebolan Timnas Indonesia U-19 tersebut di paruh kedua musim ini. 

"Kami memang menerima tawaran dari salah satu klub Liga 1 yang ingin menggunakan jasa Ichsan. Setelah berkomunikasi dengan tim pelatih dan juga Ichsan sendiri, kesepakatan itu pun terjadi," kata Ardian.  

"Tentunya kami berharap kesepakatan ini bisa saling menguntungkan semua pihak, terutama Ichsan yang bisa mendapat menit bermain lebih banyak lagi," sambungnya. 

Bersama Dewa United, Ichsan bermain 32 laga dan mencetak satu gol sejak musim lalu. Rumornya, dia akan bergabung dengan Persita Tangerang dan hanya tinggal menunggu pengumuman resmi.

Sementara itu, RANS Nusantara FC gagal mendapatkan pemain incaran di bursa transfer paruh musim Liga 1 2023. Padahal manajer tim, Hamka Hamzah sempat mengatakan mereka akan datang dua atau tiga pemain dengan status pinjaman.

Pelatih RANS, Eduardo Almeida mengabarkan, pemain incarannya berasal dari Liga 2. Tapi, mereka gagal dapatkan karena pemain tersebut masih dibutuhkan klubnya.  

“Situasinya tidak mudah, meski kami butuh, pemain sulit didapatkan karena pemain dari Liga 2 itu klubnya tidak lepas. Tak tak hanya ke RANS, tapi juga klub lain, jadi kami hanya melakukan yang terbaik supaya konsisten sambil berharap pemain yang cedera bisa sembuh secepatnya,” jelas Almeida. 

Bursa transfer putaran kedua Liga 1 2023 masih akan berlangsung hingga hari ini pukul 24:00. Lebih dari itu, proses pendaftaran tidak akan disetujui PT Liga Indonesia Baru selaku pengelola kompetisi.