Liga Indonesia

Semen Padang Janji Tetap All-out Hadapi PSMS Meski Sudah Lolos Grup Liga 2

Selasa, 28 November 2023 09:35 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Prio Hari Kristanto
© ig@semenpadangfcid
Starting Eleven Semen Padang FC saat menjamu Sriwijaya FC di Padang. (Foto: ig@semenpadangfcid) Copyright: © ig@semenpadangfcid
Starting Eleven Semen Padang FC saat menjamu Sriwijaya FC di Padang. (Foto: ig@semenpadangfcid)

FOOTBALL265.COM - Usai mengamankan satu tiket ke babak 12 besar Liga 2 2023/24 dari Grup 1, Semen Padang FC langsung fokus menatap laga kontra PSMS Medan.

Diketahui, klub berjuluk Kabau Sirah itu menang telak tiga gol tanpa balas (3-0) atas Sriwijaya FC dalam laga lanjutan Grup 1 di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Minggu (26/11/23) sore. 

Tiga gol kemenangan tim tuan rumah tersebut diciptakan Agus Nova Wiantara (26'), pemain pengganti Arsyad Yusgiantoro (74'), serta bomber asing andalan mereka asal Nigeria, Kenneth Ikechukwu Ngwoke jelang waktu normal berakhir (89').

"Alhamdulillah kita meraih poin penuh dan mengamankan tiket ke babak 12 besar," kata Pelatih Kepala Kabau Sirah, Delfiadri, dalam temu pers usai pertandingan.

Kendati sudah mengamankan tiket ke fase selanjutnya, tetapi Semen Padang langsung fokus menatap laga selanjutnya saat bersua tuan rumah PSMS Medan.

Laga tersebut akan tersaji pada Jumat (01/12/23) mendatang di markas sementara Ayam Kinantan, julukan PSMS, Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang karena Stadion Teladan, Medan sudah mulai direvitalisasi.

"Ya, laga melawan PSMS Medan ini adu gengsi. Artinya, kita tidak mau begitu saja melepas pertandingan ini meskipun sudah mengamankan tiket babak 12 besar," tegas Delfiadri.

Dengan hasil tersebut, Semen Padang berhasil naik ke posisi puncak klasemen sementara Grup 1 dengan koleksi 20 poin dari 9 laga. Mereka sukses mengudeta posisi tersebut dari Persiraja Banda Aceh yang harus turun ke posisi runner-up dengan torehan 18 poin dari 10 laga.

Sementara, satu gol yang dicetak striker asing Semen Padang Kenneth Ngwoke di laga kontra Sriwijaya tersebut semakin mengokohkan namanya di puncak top skor Liga 2 musim ini dengan 10 gol.

Bomber asal Nigeria itu unggul dua gol atas striker asing FC Bekasi City asal Chad, Ezechiel N'Douassel, dan penyerang PSBS Biak asal Brasil, Alexandro Dos Santos Perreira, yang sama-sama koleksi 8 gol.

'Kembali' Menang 3-0

Tentu kemenangan Semen Padang tersebut mengingatkan kembali akan pertemuan pertama kedua tim sebelumnya di mana Semen Padang juga menang 3-0 secara "istimewa" dari Sriwijaya.

Diketahui, duel Sriwijaya vs Semen Padang di Palembang pada 1 Oktober 2023 lalu berakhir imbang 1-1. Namun hasil laga tersebut dianulir karena Laskar Wong Kito, julukan Sriwijaya, melanggar regulasi karena tidak menurunkan pemain U-21 selama 45 menit di starting eleven.

Akibatnya, Semen Padang yang mengajukan protes ke Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dan diterima sehingga Semen Padang dihadiahi tiga poin alias menang WO 3-0 atas Sriwijaya.

Kendati sempat mengajukan banding dan ditolak Komisi Banding PSSI, sanksi pengurangan tiga poin Sriwijaya dari Komdis PSSI sebelumnya tetap diberlakukan.

Pascakalah 3-0 dari di Padang kemarin, diketahui Sriwijaya saat ini masih tertahan peringkat keempat Grup 1 dengan torehan 10 poin dari 10 laga.