In-depth

Termasuk AC Milan, Deretan Klub yang Berpotensi Ganti Pelatih di Januari 2024

Selasa, 28 November 2023 05:45 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Daniele Mascolo
Pelatih AC Milan Stefano Pioli memberikan bolan kepada pemain AC Milan Yunus Musah pada laga Liga Italia, Senin (23/10/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo) Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Pelatih AC Milan Stefano Pioli memberikan bolan kepada pemain AC Milan Yunus Musah pada laga Liga Italia, Senin (23/10/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

FOOTBALL265.COM - Sejumlah klub berpotensi mengganti pelatih di pertengahan musim menyusul performa mengecewakan mereka sejauh ini, klub Liga Italia, AC Milan adalah salah satunya.

Kompetisi sepak bola Eropa saat ini akan segera memasuki paruh musim pada Desember mendatang. Jelang pergantian tahun beberapa liga akan dijeda, untuk libur natal sebelum kembali lagi pada Januari nanti.

Salah satunya adalah Liga Italia. Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Negeri Pizza itu, Serie A, akan menjalani libur paruh musim untuk menyambut natal.

Biasanya jeda itu digunakan untuk evaluasi peforma tim, AC Milan misalnya. Mereka sejauh ini memang masih bertengger di papan atas, tetapi secara penampilan cukup mengecewakan.

Bagaimana tidak, AC Milan bisa dikatakan tak mampu bersaing merebut gelar juara musim ini, karena mereka kerap kalahan ketika melawan tim-tim besar.

Hal itu dibuktikan dari beberapa hasil berikut ini, kalah 1-5 dari Inter Milan lalu ditahan imbang 2-2 oleh Napoli dan tunduk dari Juventus 0-1. Selain itu Rossoneri juga sempat dikalahkan Udinese 0-1 kemudian diimbangi oleh Lecce 2-2.

Tak hanya di kompetisi lokal, di ajang Eropa Liga Champions juga sama. AC Milan terancam tersingkir lebih cepat jika mereka tak bisa memenangkan pertandingan matchday ke-5 melawan Borussia Dortmund tengah pekan ini.

Sebab saat ini AC Milan berada di peringkat ke-3 dengan raihan 5 poin. Posisinya rawan digeser oleh Newcastle United di dasar karena hanya selisih 1 poin.

Catatan buruk itu membuat sosok pelatih Stefano Pioli menjadi sorotan, karena ia dianggap sebagai salah satu orang yang paling bertanggung jawab dengan peforma AC Milan.

Franco Ordine, jurnalis ternama Italia, menyampaikan potensi pemecatan Pioli, menjadikan pekan ini sebagai titik kritis yang mungkin menentukan.