Liga 1

Devid Silva Datang, Dirtek Barito Putera Bongkar Nasib Makan Konate di Liga 1

Rabu, 29 November 2023 11:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Instagram @psbaritoputeraofficial
Devid Silva dan Murilo Mendes, dua pemain asing Barito Putera di Liga 1 2023/2024 (Foto: IG @psbaritoputeraofficial) Copyright: © Instagram @psbaritoputeraofficial
Devid Silva dan Murilo Mendes, dua pemain asing Barito Putera di Liga 1 2023/2024 (Foto: IG @psbaritoputeraofficial)

FOOTBALL265.COM - Devid de Santana Silva menjadi pemain asing rekrutan anyar Barito Putera di paruh musim Liga 1 2023/24, Frans Sinatra Huwae bongkar nasib Makan Konate.

Barito Putera sebelumnya sudah memiliki enam pemain asing, kuota maksimal yang ditetapkan PT LIB. Untuk posisi penyerang ada Murilo Mendes dan Gustavo Tocantins.

Posisi gelandang dihuni oleh Mike Ott dan Makan Konate, serta dua stopper menjadi milik Renan Alves dan Carli de Murga.

Namun, pada paruh musim Liga 1, Barito Putera tiba-tiba mendatangkan satu pemain asing yang berposisi sebagai striker, sosok itu adalah Devid de Santana Silva.

Hadirnya Devid otomatis membuat satu pemain asing Barito tersingkir. Jika melihat posisinya, maka pemain yang paling terancam adalah Murilo Mendes dan Gustavo Tocantins.

Namun anehnya, manajemen Barito justru perpanjang kontrak Murilo Mendes sampai tahun 2027. CEO Hasnuryadi Sulaiman juga menegaskan Tocantins tidak akan dijual.

Setelah ditelusuri, rupanya pemain asing Barito yang menjadi 'tumbal' kedatangan Devid Silva adalah gelandang asal Mali, Makan Konate.

Pada putaran pertama Liga 1 2023/2024, Makan Konate memang minim kontribusi, walaupun ia sempat mencetak gol saat menghadapi Persik Kediri dan Persis Solo.

Direktur Teknik Barito Putera, Frans Sinatra Huwae menuturkan bahwa Makan Konate bukannya tampil kurang bagus, hanya saja ia belum bisa diandalkan karena cedera.

"Kita bicara kebutuhan tim. Makan Konate dalam kondisi kurang sehat, bukan dalam artian dia terdepak ya, tetapi kondisinya memang belum sehat," kata Frans.

Formasi Anyar Barito Putera

Diketahui, Makan Konate berposisi sebagai gelandang serang. Namun kini Barito Putera justru mendatangkan pemain asing baru yang berposisi sebagai penyerang tengah.

Direktur Teknik Barito Putera, Frans Sinatra Huwae mengaku bahwa Devid Silva adalah pembelian terakhir Barito, dan memang tim memerlukan tambahan amunisi di lini depan.

"Sampai saat ini, pemain terakhir yang bergabung adalah Devid," ungkap Frans Sinatra Huwae saat ditemui awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Selasa (28/11).

"Kita memerlukan pemain di posisi itu, figur striker yang bisa menahan bola. Mudah-mudahan bisa terjawab dengan kehadiran Devid," sambungnya.

Dengan kedatangan Devid Silva, maka Barito akan memiliki trisula penyerang Brasil di putaran kedua Liga 1. Frans Sinatra meyakinkan bahwa pelatih Rahmad Darmawan akan meracik strategi terbaik.

"Selama ini yang kita pakai adalah formasi 4-4-2, ada 4-5-1, atau 4-1-4-1. Nanti mana yang terbaik, itu yang akan kita pakai," ujar legenda hidup Barito Putera tersebut.

Selain Devid de Santana Silva, Barito Putera juga kedatangan pemain lokal baru di bursa transfer paruh musim Liga 1, yakni Natanael Siringoringo yang berposisi sebagai winger.

Sebelumnya, Natanael Siringoringo pernah bermain di klub Liga 2 PSMS Medan hingga Sulut United, lalu ia hijrah ke Liga Malaysia dan membela Kelantan FA.

Saat masih dikontrak tim Malaysia, Natanael sempat dipinjamkan ke Dewa United. Namun setelah kembali ke Negeri Jiran, ia tidak mendapatkan gaji dari klub, dan akhirnya putus kontrak.

Dengan demikian, Natanael kembali ke Liga 1 dan merapat ke Barito Putera. Ia menjalani debut saat menghadapi Persebaya Surabaya, meski sebagai pemain pengganti.