In-depth

Nainggolan Susul Essien dan Sissoko, Kiprah 7 Mantan Bintang Serie A di Liga 1

Kamis, 30 November 2023 18:35 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© INDOSPORT
Bhayangkara FC bersiap membuat gebrakan di Liga 1 2023/2024 dengan mendatangkan veteran Liga Italia (Serie) berdarah Indonesia, Radja Nainggolan. Copyright: © INDOSPORT
Bhayangkara FC bersiap membuat gebrakan di Liga 1 2023/2024 dengan mendatangkan veteran Liga Italia (Serie) berdarah Indonesia, Radja Nainggolan.

FOOTBALL265.COM - Bhayangkara FC bersiap membuat gebrakan di Liga 1 2023/2024 dengan mendatangkan veteran Liga Italia (Serie) berdarah Indonesia, Radja Nainggolan.

Saat ini status mantan gelandang internasional Belgia itu adalah free agent setelah habis kontrak dengan SPAL pada Juni 2023 silam.

Belum ada pengumuman resmi dari pihak Bhayangkara namun bakal merapatnya Nainggolan sudah dikonfirmasi oleh manajemen The Guardians sendiri.

“Ya, benar (Radja Nainggolan ke Bhayangkara FC),” ucap Sumardji selaku Chief Operating Officer Bhayangkara ketika dikonfirmasi awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Rabu (29/11/23).

Rencananya sang bintang akan dikontrak sampai musim ini berakhir. Ini sebagai bentuk upaya dari Bhayangkara untuk menjauhi zona relegasi mengingat mereka berada di posisi buncit klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

Bila resmi berkostum Bhayangkara nanti, maka dipastikan Nainggolan akan menjadi salah satu pemain dengan profil tertinggi dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Ia adalah pemain Grade A dengan segudang pengalaman di Eropa terutama kasta teratas Liga Italia dimana ia pernah bermain untuk Cagliari, AS Roma, dan Inter Milan.

Meski tidak pernah menjadi juara, namun Nainggolan adalah pemain papan atas di masa puncaknya dengan senjata work rate tinggi sekaligus tendangan jarak jauh mematikan.

Tidak heran jika kemudian ia pun sanggup mengumpulkan 30 caps dan enam gol di timnas Belgia sejak 2009 sampai 2017.

Padahal kala itu De Rode Duivels tengah menikmati generasi emas dengan pemain-pemain hebat macam Eden Hazard, Romelu Lukaku, Marouane Fellaini, Jan Vertonghen, Kevin De Bruyne, Thibaut Courtois, Dries Mertens, dan masih banyak lagi. Bukti jika kualitas Radja Nainggolan memang bukan main-main.

Tidak dipungkiri lagi kedatangan Nainggolan ke Bhayangkara FC akan menambahkan warna baru di Liga 1.

Diharapkan ia bisa menjadi memberikan sumbangsih positif dengan caranya sendiri bagi sepakbola tanah air layaknya enam sesama eks Serie A berikut ini.