Liga 1

3 Opsi Pemain Pengganti di Persija Jakarta yang Tak Kalah Bagus dari Gustavo Almeida

Jumat, 1 Desember 2023 19:20 WIB
Editor: Isman Fadil
© Khairul Imam/Persija Jakarta)
Gustavo Almeida bergabung bersama Persija Jakarta. (Foto: Khairul Imam/Persija Jakarta) Copyright: © Khairul Imam/Persija Jakarta)
Gustavo Almeida bergabung bersama Persija Jakarta. (Foto: Khairul Imam/Persija Jakarta)

FOOTBALL265.COM - Persija Jakarta terancam tidak diperkuat penyerang barunya, Gustavo Almeida saat menjamu Persita Tangerang pada pekan ke-21 Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (03/12/23).

Gustavo Almeida baru bergabung dengan Persija Jakarta pada bursa transfer paruh musim Liga 1. Pemain asal Brasil itu diboyong tim Macan Kemayoran dengan status pinjaman.

Gustavo Almeida pun sudah menjalani laga debut bersama Persija saat menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Patriot, Senin (27/11/23).

Namun debutnya di tim Persija Jakarta kurang memuaskan. Gustavo hanya bermain selama 36 menit bersama skuad asuhan Thomas Doll.

Alasannya, Gustavo mengalami cedera saat melawan Bhayangkara FC. Pemain berusia 27 tahun itu mengalami masalah pada ototnya.

Pelatih Persija, Thomas Doll mengatakan, Gustavo diprediksi absen cukup lama, tapi hal itu belum bisa dipastikan. 

Doll berharap, Gustavo Almeida tidak mengalami cedera yang serius karena bisa sangat merugikan tim.

“Dia alami masalah, saya tak tau masalahnya, tapi saya harap tidak serius. Mungkin ada masalahnya dengan ototnya dan saya harap tidak serius, tapi cedera seperti itu biasanya absen tiga sampai empat minggu,” kata Thomas Doll.

Tentunya, cederanya Gustavo Almeida menjadi pukulan telak bagi Persija. Pencetak gol terbanyak Liga 1 sementara itu terancam absen saat timnya melawan Persita Tangerang.

Namun, Persija Jakarta masih memiliki opsi pemain pengganti yang kualitasnya tak kalah jauh dari Gustavo dalam urusan membobol gawang lawan.

Berikut INDOSPORT.com merangkum deretan pemain yang bisa menjadi pengganti Gustavo Almeida.

1. Aji Kusuma

Aji Kusuma bisa menjadi pengganti Gustavo Almeida di lini serang Persija. Pemain berusia 24 tahun itu sudah mebuat dua gol dari 14 bertandingan di Liga 1 sejauh ini.

Salah satu golnya adalah saat Persija menahan imbang Bhayangkara FC, di mana Aji Kusuma turun sebagai pemain pengganti menggantikan Gustavo Almeida yang mengalami cedera.

2. Marko Simic

Selain Aji Kusuma, Persija Jakarta masih memiliki bomber haus gol asal Kroasia, Marko Simic.

Pemain 35 tahun itu sudah mencetak tiga gol di Liga 1. Cederanya Gustavo Almeida bisa menjadi peluang Marko Simic untuk merebut tempat utama di susunan starting Persija Jakarta dan meredam kritikan The Jakmania bahwa dirinya masih pantas di klub kebanggaan Ibu Kota.

3. Ryo Matsumura

Jika tidak memainkan striker murni, Persija bisa mengandalkan gelandang serang asal Jepang, Ryo Matsumura.

Dalam beberapa laga Liga 1, Persija memang sering memenangkan pertandingan tanpa penyerang murni. Saat itu, Thomas Doll memposisikan Ryo sebagai penyerang ditemani oleh Witan Sulaeman atau Riko Simanjuntak dengan formasi 3-5-2.

Alhasil, mantan pemain Persis Solo itu sudah menyarangkan tujuh gol di Liga 1 dan menjadi top skor sementara Persija di musim ini.
 

Penulis: Sella Anggraini