Liga 1

Bursa Transfer Liga 1: Pinjamkan Pemain Lagi, Persik Kediri Beberkan Status Jefinho

Sabtu, 2 Desember 2023 19:35 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Persik Kediri
Persik Kediri kembali meminjamkam satu pemain lagi di putaran kedua Liga 1 2023/2024, yakni Riyatno Abiyoso.. Copyright: © MO Persik Kediri
Persik Kediri kembali meminjamkam satu pemain lagi di putaran kedua Liga 1 2023/2024, yakni Riyatno Abiyoso..

FOOTBALL265.COM - Persik Kediri masih melakukan efisiensi skuatnya untuk mengarungi sisa laga putaran kedua Liga 1 2023/2024, dengan meminjamkam satu pemain lagi.

Bursa transfer periode kedua Liga 1 memang telah ditutup pada 28 November 2023. Namun sebelum itu, Persik ternyata sudah bersepakat dengan Madura United.

Dua tim kontestan Liga 1 asal Jawa Timur itu menyepakati klausul peminjaman terhadap Riyatno Abiyoso, beberapa jam jelang kick-off lawan Dewa United, Sabtu (2/12/23).

Peminjaman ini dinilai sebagai langkah yang tepat seiring perannya yang semakin tergerus di posisi winger. Apalagi, Persik Kediri juga telah mendatangkan Irfan Bachdim.

"Sebagai pemain muda, tentu dia butuh bermain dan Madura United tertarik memberikannya kesempatan di sisa musim ini," tutur Marcelo Rospide.

"Abiyoso masih memikiki kontrak bersama tim. Tapi musim ini sedikit terganggu karena cedera," imbuh Pelatih Persik Kediri asal Brasil tersebut.

Ya, performa eks winger Persela Lamongan itu memang menurun drastis memasuki tahun keduanya di Persik Kediri. Abiyoso hanya tampil 6 kali tanpa gol.

Sedangkan musim lalu, perannya cukup krusial dalam skema besutan Divaldo Alves. Abiyoso tampil dalam 23 pertandingan, mencetak 4 gol dan 1 assist.

"Kami berharap nantinya dia dapat mencapai performa terbaik saat kembali ke tim di akhir musim kompetisi," harap Marcelo Rospide.

Riyatno Abiyoso menjadi pemain kedua yang dilepas tim berjulukan Macan Putih itu pada bursa transfer periode kedua sebagai pinjaman. Sebelumnya, Rendi Juliansyah juga dipinjamkan ke Persita Tangerang.

Nasib Jefinho

Sementara itu, Persik Kediri juga membeberkan bagaimana status striker kebangsaan Brasil, Jefesson Eufrazio Vieira alias Jefinho.

Pasalnya, dia masih tampak berada di tribun VIP Stadion Brawijaya Kediri, saat Persik ditahan imbang 0-0 Dewa United pada pekan ke-21 Liga 1, Sabtu (2/12/23).

Keberadannya pun menimbulkan pertanyaan. Pasalnya, Jefinho sudah tak didaftarkan Persik sebagai bagian proyeksi pemain asing di putaran kedua kompetisi.

Kedatangan playmaker Portugal, Ze Valente yang dipinjam dari Persebaya Surabaya membuat kuota pemain asing Persik Kediri menjadi lengkap dengan 6 nama.

Sebelumnya ada Simen Lyngbo (Filipina), Rohit Chand (Nepal), Flavio Silva (Portugal), serta Renan Silva dan Anderson Nascimento (Brasil).

"Yang saya tahu, Jefinho memang masih punya kontrak disini. Dia juga tengah fokus untuk memulihkan cederanya," bilang Pelatih Persik, Marcelo Rospide menjawab INDOSPORT.

Statement ini pun menegaskan, bahwa Jefinho memang tak dicoret. Pencatat 2 gol dan 1 assist dari 7 laga itu akan tetap di Persik sesuai durasi kontraknya sampai Juli 2024.

"Klub akan terus membantunya mencapai kondisi terbaik dan kembali ke lapangan secepatnya. Soal statusnya disini, tentu manajemen yang tahu lebih jelas," pungkas Rospide.