Liga Indonesia

Kalah dari Semen Padang, Sesama Pendukung PSMS Medan Ricuh

Sabtu, 2 Desember 2023 17:25 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Isman Fadil
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Penonton memenuhi tribun barat Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang saat laga PSMS Medan vs Semen Padang FC Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Penonton memenuhi tribun barat Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang saat laga PSMS Medan vs Semen Padang FC

FOOTBALL265.COM - Sesama pendukung PSMS Medan ricuh dengan saling melempar air mineral yang dikemas dalam plastik pasca tim kesayangan mereka takluk atas Semen Padang FC.

Diketahui, laga yang digelar di Stadion Baharoeddin Siregar Lubuk Pakam, Deli Serdang, Jumat (01/12/23) sore, dalam laga lanjutan Grup 1 Liga 2 2023/24 itu berakhir 1-2 untuk tim tamu Kabau Sirah, julukan Semen Padang.

Dari amatan awak media, kekalahan PSMS itu memicu amarah aksi penonton di Tribun Barat 1 yang melempari dengan air mineral yang dikemas dalam plastik ke arah wasit yang hendak masuk ke dalam lorong stadion.

Aksi itu memicu kemarahan Direktur Utama (Dirut) PT. Kinantan Medan Indonesia (KMI) yang menaungi PSMS, Arifuddin Maulana Basri, yang duduk di tribun VIP.

Meski tidak begitu jelas apa 'cekcok' antara sang Dirut dengan penonton yang hanya dibatasi jaring besi, namun hal itu membuat naik tensi para penonton.

Bahkan ada aksi penonton yang melempar air kemasan dalam plastik itu ke arah menantu dari mantan Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi itu. Alhasil sang Dirut dibawa keluar dari tribun VIP oleh pihak keamanan.

Tak lama, penonton yang berada di Tribun Utara tersulut emosi atas tindakan para penonton di Tribun Barat 1. Akibatnya ricuh sesama pendukung PSMS ini pecah dengan aksi saling lempar air kemasan dalam plastik.

Namun tak lama berselang, kericuhan itu berhasil ditenangkan setelah pihak keamanan meredam kericuhan tersebut dan para penonton meninggalkan stadion dengan tertib.

"Mungkin penonton di tribun utara tersulut emosi karena tak terima penonton di tribun barat melempar air kemasan dalam plastik itu ke arah lapangan," ucap seorang sumber yang enggan disebutkan namanya yang melihat langsung kericuhan itu.

"Ini saya rasa sesama pendukung PSMS. Karena aturan dari PSSI kan tak boleh ada suporter tim tamu hadir ke stadion. Sebab sejak awal mereka sama-sama mendukung PSMS," sambung sumber tersebut.

Namun meski tanpa atribut, fenomena pendukung tim tamu datang ke stadion dalam laga tandang tim kesayangannya juga kerap terjadi di setiap laganya.

Hal itu juga terjadi di laga saat PSDS Deli Serdang menjamu PSMS di Stadion Baharoeddin Siregar dalam laga lanjutan Grup 1 Liga 2 2023/24 pada Senin (27/11/23) lalu.

Di mana laga yang dimenangi PSMS 1-0 itu menjelang akhir pertandingan hampir semua penonton yang hadir di tribun selatan dan tribut barat 2 saling berbalas sorak-sorai dukungan ke PSMS.

Diketahui, selanjutnya PSMS akan melakoni laga penentuan 'nasib' memperebutkan satu tiket terakhir ke babak 12 besar dari Grup 1 dengan menjamu PSPS Riau di Stadion Baharoeddin Siregar pada Sabtu (09/12/23) pekan depan.