Liga Indonesia

PSMS Medan Serba Perdana Kontra Semen Padang di Liga 2

Sabtu, 2 Desember 2023 04:21 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Juni Adi
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pemain PSMS, Wahyu Rahmat Illahi (dua kiri baju hijau), mencoba memberi umpan ke rekan setimnya saat bersua Semen Padang. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pemain PSMS, Wahyu Rahmat Illahi (dua kiri baju hijau), mencoba memberi umpan ke rekan setimnya saat bersua Semen Padang.

FOOTBALL265.COM - PSMS Medan serba perdana saat menjamu Semen Padang FC saat kedua tim bersua di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang pada laga lanjutan Grup 1 Liga 2 2023/2024, Jumat (01/12/23) sore.

Hal itu disematkan karena ada sejumlah data dan fakta dari laga ini. Pertama, ini merupakan laga perdana PSMS sebagai tim 'musafir' dan harus berbagi home base dengan tetangganya PSDS Deli Serdang.

Sebab, markas PSMS yakni Stadion Teladan, Medan mulai direvitalisasi. Sehingga dipastikan klub berjuluk Ayam Kinantan itu akan terus memakai Stadion Baharoeddin Siregar sebagai markas mereka hingga akhir musim.

Kedua, laga itu menjadi kekalahan perdana bagi PSMS di Liga 2 musim ini. Sebab PSMS takluk 1-2 atas Kabau Sirah, julukan Semen Padang. Sehingga, Persiraja Banda Aceh memegang 'titel' unbeaten alias menjadi satu-satunya klub Liga 2 2023/24 yang belum terkalahkan.

Diketahui, pada laga tersebut tim tuan rumah tertinggal lebih dulu di babak pertama lewat gol striker asing andalan mereka asal Nigeria, Kenneth Ikechukwu Ngwoke di menit ke-30.

Gol tersebut sekaligus membuat bomber 30 tahun tersebut semakin menasbihkan namanya di daftar puncak pencetak gol terbanyak sementara alias top skor Liga 2 musim ini dengan 11 gol.

PSMS sempat menyamakan kedudukan di babak kedua lewat striker asing mereka asal Kolombia, Jose Valencia di menit ke-60, lewat eksekusi titik 12 pas usai pemain PSMS dijatuhkan kiper Semen Padang, Fachrurrazi Quba.

Namun harapan PSMS untuk kembali memetik kemenangan kedua beruntun (sebelumnya menang 1-0 atas tuan rumah PSDS) sirna usai lima menit kemudian Semen Padang mampu kembali unggul 2-1.

Adalah striker pengganti Ngwoke sekaligus eks pemain PSMS, yakni Ahmad Ihwan yang membobol mantan klub yang dibelanya musim lalu itu di menit ke-65. Sekaligus itu menjadi gol terakhir yang tercipta di laga itu.

Lalu perdana ketiga alias terakhir yakni ini menjadi kekalahan perdana Miftahudin Mukson sebagai nahkoda Ayam Kinantan pasca mengantikan posisi Ridwan Saragih.

Total, dari tujuh laga yang dilakoni Miftahudin bersama PSMS, ia telah mengemas 2 menang, 4 seri, dan 1 kalah.

Dengan hasil tersebut, posisi kedua belum berubah di klasemen sementara Grup 1. Semen Padang yang di laga sebelumnya sudah memastikan tiket ke babak 12 besar, kini kian kokoh di pucuk dengan koleksi 23 poin dari 10 laga.

Sekaligus laga ini menjadi kemenangan kedua beruntun Semen Padang dan belum terkalahkan di empat laga terakhir (3 menang, 1 seri), pasca menelan kekalahan perdana dari Persiraja di Banda Aceh pada 21 Oktober 2023 lalu.

Kabau Sirah unggul lima angka dari Persiraja di posisi runner-up dengan torehan 18 poin dari 10 laga, sekaligus sudah mengunci tiket ke fase selanjutnya.

Adapun PSMS gagal mengunci lebih awal tiket ke 12 besar dan masih tertahan di peringkat ketiga Grup 1 dengan koleksi 15 poin dari 10 pertandingan.