Bola Internasional

Tokyo Verdy Promosi ke J1 League, Pratama Arhan Cs Cetak Sejarah Membanggakan

Minggu, 3 Desember 2023 19:49 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Dok. Tokyo Verdy
Klub Pratama Arhan di J2. League, Tokyo Verdy. Copyright: © Dok. Tokyo Verdy
Klub Pratama Arhan di J2. League, Tokyo Verdy.

FOOTBALL265.COM - Pratama Arhan dan kawan-kawan berhasil mencetak sejarah membanggakan, setelah membawa klubnya Tokyo Verdy promosi ke J1 League musim 2024, setelah 16 tahun.

Sebelumnya pada pertandingan babak final Play-off perebutan tiket ke J-League 1 2024 di Japan National Stadium, Tokyo, Sabtu (02/12/23). Tokyo Verdy bermain imbang 1-1 dengan Shimizu S-Pluse. 

Hasil tersebut, menandai kembalinya mereka ke J1 untuk pertama kalinya dalam 16 tahun, dengan demikian Pratama Arhan dan kawan-kawan berhasil mencetak sejarah yang membanggakan bagi klubnya.

Tokyo Verdy yang menduduki peringkat tinggi J2 musim ini berhak promosi sesuai regulasi ke J1 League musim 2024.

Perjalananan Tokyo Verdy menembus kasta tertinggi Liga Jepang atau J1 League tidak langsung berjalan mulus.

Dikutip dari tokyo-np.co.jp "Masa lalu yang pahit'' Tokyo Verdy bukan hanya sekadar kinerja buruk dalam jangka waktu lama. Pada tahun 1990-an, klub ini bermarkas di Kota Kawasaki.

Namun karena merupakan klub yang populer, kesadaran masyarakat lokalnya sangat sedikit, dan selama masa kesulitan keuangan, klub tersebut pindah ke Tokyo pada tahun 2001.

Kepindahan klub tersebut dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis yang lebih besar pasar, dan dikritik karena tidak sesuai dengan filosofi kampung halamannya. 

Pelatih Jofuku yang memimpin tim papan atas sejak pertengahan musim lalu sadar betul akan kesan negatif tersebut.

"Suka atau tidak, klub ini punya sejarah seperti itu. Bagaimana kita bisa mengubahnya menjadi hal yang positif?," katanya.

"Karena sebelumnya dia memimpin sesama klub Tokyo FC Tokyo, dia siap untuk mengambil posisi tersebut, dengan beberapa orang bertanya "mengapa Anda memakai warna hijau (warna tim Tokyo Verdy)?'' Klub telah berdedikasi untuk membuat klub lebih menarik, termasuk mempromosikan dan membinanya.

Di lapangan, Tokyo Verdy memainkan jenis sepak bola yang bisa dikatakan populer yang banyak dimenangkan oleh sebuah tim, dan menekan lawan hingga garis akhir.