Liga Indonesia

Satu Syarat dari Atep Jika Persib Bandung Ingin Juara Liga 1 2023-24

Rabu, 6 Desember 2023 16:39 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Hendro Hardiyanto/Indosport
Atep Rizal, legenda Persib Bandung Copyright: © Hendro Hardiyanto/Indosport
Atep Rizal, legenda Persib Bandung

FOOTBALL265.COM – Salah satu legenda Persib Bandung, Atep Rizal belum lama ini menyampaikan pandangannya mengenai peluang juara bagi tim berjuluk Maung Bandung tersebut.

Atep melihat jika Persib berpeluang masuk ke babak Championship Series, bahkan berpeluang besar untuk menjadi juara di Liga 1 2023-24 ini.

Ia menilai, jika tim kesayangan Bobotoh ini semakin menunjukkan perkembangan di bawah arahan pelatih Bojan Hodak.

Namun menurutnya, skuat Persib tak boleh terlalu jemawa, sehingga harus bisa tetap fokus di setiap pertandingannya.

“Dengan di tangan Hodak sekarang, Persib semakin membaik. Persib mampu ambil poin penuh baik di kandang mapun tandang, tapi ini belom selesai, mudah-mudahan konsisten dan pemain Persib jangan terlalu berpuas diri,” papar Atep kepada INDOSPORT.

Lebih lanjut, hanya ada satu kata yang bisa ia berikan jika Persib bisa kembali meraih gelar juara seperti yang terakhir didapat pada tahu 2014 lalu.

“Kalo konsisten dengan permainan ini, saya yakin bisa juara. Persib punya kedalaman skuat yang cukup baik dan punya pemain yang top, baik asing maupun lokal. Punya manajemen yang baik dan disupport oleh supporter yang fanatik.”

“Mudah-mudahan bisa konsisten dan apa yang diharapkan masyarakat Jawa Barat untuk juara bisa terwujud,” tambahnya.

Saat ini, Persib Bandung berada diurutan kedua di klasemen sementara Liga 1 2023-24 dengan torehan 39 poin, selisih enam angka dengan Borneo FC yang saat ini berada di puncak dengan raihan 45 poin.

Tak hanya membahas peluang Persib, pemain yang juga sempat perkuat Persija Jakarta ini juga menceritakan pengalamannya dalam menghadapi pemain-pemain bertahan di masa keemasannya sebagai pesepakbola di Indonesia.

“Zaman saya itu takut kalau ketemu Abanda (Herman), tapi akhirnya malah kebetulan jadi satu tim, baik di Persija maupun di Persib, akhirnya jarang ketemu (duel-red) walaupun ketemunya di latihan,” kenang Atep.

“Kalau tengahnya itu ada Hariono, waktu latihan itu dia tanpa kompromi orangnya. Benar-benar pemain yang tipikal fighting spirit, jiwa pemenangnya, jiwa kompetitifnya sangat luar biasa.”

“Kebetulan juga satu tim, jadi ya ketemunya saat di latihan aja. Latihan saja saya dapat tekel dari mereka, mereka punya karakter yang kuat, ya bisa dibilang beruntung bukan menjadi musuh mereka,” lanjut Atep sambil tertawa.

Atep mengawali kariernya bersama Persib junior, kemudian bermain di tim professional bersama Persija Jakarta dari tahun 2004 hingga 2008, kemudian kembali bermain untuk Persib dari tahun 2008 hingga 2018.

Setelah sukses bersama Persija dan Persib, terakhir, Atep bermain untuk klub Liga 1, Persika Karawang dan beberapa kali juga ia turut aktif bermain bersama Selebritis FC.