In-depth

3 Klub Asia yang Bisa Jadi Pelabuhan Baru Shayne Pattynama Usai Dilepas Viking FK

Jumat, 8 Desember 2023 11:29 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Soccrates/Getty Images
Shayne Pattynama, pemain naturalisasi Timnas Indonesia resmi dilepas Viking FK. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Shayne Pattynama, pemain naturalisasi Timnas Indonesia resmi dilepas Viking FK.

FOOTBALL265.COM - Tiga klub Asia yang bisa menjadi pelabuhan baru Shayne Pattynama, setelah pemain naturalisasi Timnas Indonesia itu resmi dilepas oleh klub Norwegia, Viking FK.

Viking FK mengumumkan perpisahan dengan Shayne Pattynama pada hari Kamis (8/12/23). Setelah mengabdi di klub sejak tahun 2021, Pattynama tidak perpanjang kontraknya lagi.

"Shayne Pattynama tidak akan perpanjang kontraknya, yang akan berakhir pada akhir musim ini, dan dia tidak akan memakai seragam biru tua di tahun 2024," rilis laman Viking FK.

Shayne Pattynama berkontribusi mencetak 3 gol dan 12 assist dari 89 penampilannya di semua ajang. Hanya saja, ia belum beruntung bisa mempersembahkan trofi bagi klub.

Sebelum resmi meninggalkan Viking FK, beberapa tim sempat dikabarkan tertarik untuk mendatangkan pemain Timnas Indonesia tersebut.

Media asal Norwegia, Verdens Gang, juga merilis bahwa tim dari Eropa, Asia, bahkan Amerika Serikat sudah melakukan pendekatan pada Pattynama, tetapi belum ada keputusan.

"Pattynama memutuskan untuk pindah. Ia mengaku ada ketertarikan dari klub-klub di Eropa, Asia dan Amerika Serikat," tulis laman Verdens Gang.

Namun, ada satu momentum di mana para pemain naturalisasi Indonesia mengaku iri pada Jordi Amat yang bermain di Malaysia, sehingga tidak jauh jika dipanggil ke Timnas.

Sementara pemain Timnas Indonesia yang berkarier di Eropa, seperti Pattynama dan Sandy Walsh harus melakukan penerbangan jarak jauh hingga stamina mereka terkuras.

Maka dari itu, ada kemungkinan jika Shayne Pattynama juga akan mencari peluang untuk bermain di tim Asia. Berikut INDOSPORT merangkum tiga klub yang bisa jadi tempat bersandar.