Timnas Indonesia

Jay Idzes dan Nathan Tjoe Segera Ambil Sumpah menjadi WNI

Senin, 11 Desember 2023 21:40 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Dua pemain keturunan Indonesia, Nathan Tjoe-A-on dan Jay Idzes selangkah laga menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Dua pemain keturunan Indonesia, Nathan Tjoe-A-on dan Jay Idzes selangkah laga menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI).

FOOTBALL265.COM - Dua pemain keturunan Indonesia, Nathan Tjoe-A-on dan Jay Idzes selangkah laga menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI). Keduanya kini tinggal mencari waktu untuk ke Indonesia guna melakukan prosesi pengambilan sumpah.

Nathan Tjoe dan Jay Idzes memang tengah dalam proses naturalisasi. Bahkan proses naturalisasi keduanya dikebut guna bisa bermain di kancah Piala Asia 2023.

Kini proses keduanya pun tinggal selangkah lagi. Terlebih prosesi naturalisasi keduanya sudah disetujui oleh Komisi X dan Komisi III DPR RI.

Kini keduanya pun dikabarakan tengah mencari waktu untuk ke Indonesia untuk melakukan prosesi pengambilan sumpah sebagai WNI. Kabar ini pun diutarakan oleh Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga.

“Saat ini, kita sedang menunggu waktu yang dimiliki Jay Idzes dan Nathan untuk bisa ke Indonesia, untuk mengambil sumpah, kenapa? Karena setelah kemarin proses ke DPR,” ucap Arya Sinulinga.

Arya pun tak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak elemen pemerintah yang membantu proses naturalisasi keduanya. 

“Kita berterima kasih kepada pimpinan DPR, kemudian juga pimpinan Komisi III dan anggotanya, serta pimpinan Komisi X dan anggotanya, sehingga keputusan DPR kemarin, termasuk paripurna juga, kepada Presiden kita berterima kasih,” jelas Arya. 

“Kita juga berterima kasih kepada Mensesneg (Pratikno) dan Presiden Jokowi yang mengeluarkan Keppres kewarganegaraan Jay dan Nathan,” tambah dia. 

Arya mengatakan kini keduanya tingga menjalani prosesi pengambilan sumpah dan juga pembuatan KTP dan juga Passpor Indonesia.

“Kita tinggal menunggu waktu yang dimiliki Jay dan Nathan untuk bisa ke Indonesia mengambil sumpah. Setelah itu, KTP dan Paspor akan diurus juga, sama seperti Justin Hubner.”

“Justin hubner juga sudah selesai semuanya. Kita sedang menunuggu surat pimpinan federasinya ke FIFA. Kita sudah mengirim surat juga ke FIFA.”

“Jadi ini adalah proses-proses naturalisasi. Kita harapkan Jay dan Nathan bisa segera ke Indonesia untuk proses-proses yang lebih cepat,” tukas dia.