Liga Indonesia

Empat Tim Grup 3 Berpeluang Lolos ke 12 Besar Liga 2, Bagaimana Peluangnya?

Selasa, 12 Desember 2023 16:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Deltras FC berpeluang besar untuk lolos ke babak 12 besar Liga 2 2023/2024. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Deltras FC berpeluang besar untuk lolos ke babak 12 besar Liga 2 2023/2024. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Kompetisi Liga 2 nyaris merampungkan babak pendahuluan yang terdiri dari 4 grup dengan diisi 7 tim yang saling bertemu selama 2 putaran.

Kini, penentuan siapa saja tim yang melaju ke babak 12 besar akan ditentukan pada pekan ke-14. Sedangkan di Grup 3, masih ada 4 tim yang berpeluang lolos.

Saat ini, baru Persela Lamongan yang dipastikan berlaga di babak 12 besar setelah memimpin klasemen Grup 3 dengan 26 angka dari 11 pertandingan.

Lantas, siapa saja tim yang masih berpeluang lolos dari grup ini? Bagaimana peluang mereka untuk menemani Persela Lamongan ke 12 besar?

Deltras FC

Tim berjulukan The Lobster saat ini menempati peringkat 2 klasemen Grup 3 dengan 16 poin. Namun, posisi itu belum sepenuhnya aman dari tim pesaing.

Satu-satunya jalan aman Deltras adalah dengan memenangi laga menjamu Persijap Jepara di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (17/12/23).

Menang akan membawa Deltras FC finis di urutan kedua dengan 19 poin dan tak terpengaruh oleh hasil Gresik United menjamu PSCS Cilacap.

Hasil seri masih membuat Deltras lolos minimal sebagai peringkat 3. Tapi kalau kalah, maka Persijap memiliki 17 poin dan bisa lolos bersama Gresik United (jika menang atas PSCS).

Gresik United

Situasi yang sama juga dialami tim berjulukan Laskar Joko Samudro ini. Saat ini, mereka di urutan 3 dengan 16 poin karena kalah head to head dibanding Deltras FC.

Kemenangan atas PSCS Cilacap membuat Renshi Yamaguchi dkk melenggang mulus ke babak 12 besar, apapun hasil terjadi antara Deltras FC versus Persijap Jepara.

Hasil seri akan membawa Gresik United tetap lolos sebagai peringkat 2, namun bisa tetap di urutan ke-3 jika Deltras FC juga imbang menjamu Persijap Jepara.

Tapi jika kalah, bisa saja tiket terakhir diraih PSCS Cilacap, karena head to head saling mengalahkan dengan Gresik United yang sama-sama memiliki 16 poin.

Persijap Jepara

Tim berjulukan Laskar Kalinyamat ini diwajibkan menang untuk melaju menemani Persela Lamongan di babak 12 besar, karena mereka masih memiliki 14 poin.

Dengan 17 poin, maka Persijap akan terangkat sampai peringkat 2 klasemen Grup 3. Tapi mereka bisa finis di urutan 3 jika Gresik United mengalahkan PSCS Cilacap.

Hasil imbang atau kalah, tak akan menolong Qieschil Gandrum Minny dkk dalam merebut satu tiket ke babak 12 besar Liga 2.

PSCS Cilacap

Tim berjulukan Hiu Selatan ini menjadi yang paling tipis peluangnya. Tapi, PSCS masih bisa mengejutkan publik dengan mengalahkan Gresik United (17/12/23).

Jika hasil itu tercapai, PSCS dan Gresik United akan sama-sama memiliki 16 poin. Syarat kelolosan akan dihitung dari head to head selisih gol setelah saling mengalahkan.

GU sementara ini unggul karena pernah menang 3-1 di Cilacap (21/10/23), sehingga PSCS mesti menang minimal 3-0 atau margin 3 gol lebih.