Bola Internasional

10 Pelatih Bernama Mentereng Berstatus Pengangguran

Rabu, 13 Desember 2023 10:48 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Zinedine Zidane, mantan pelatih Real Madrid. Copyright: © INDOSPORT
Zinedine Zidane, mantan pelatih Real Madrid.

FOOTBALL265.COM – Punya nama besar dalam dunia sepak bola Eropa, tak menjamin bisa langsung mendapatkan tempat di mana pun yang mereka inginkan.

Terlebih, di era sepak bola modern, tim-tim manapun, seperti Chelsea, Manchester United, Real Madrid, hingga PSG pastinya lebih membutuhkan hasil yang instan ketimbang menunggu dan melihat proses berkembang untuk bisa mendapatkan gelar juara.

Kini, bukan hanya pemain saja yang menjadi sorotan, tapi sosok pelatih yang dinilai sebagai biang utama sukses atau gagalnya prestasi sebuah tim.

Terlepas dari prestasinya dan menyandang status bintang saat masih aktif sebagai pemain, saat menjadi pelatih pun namanya bakal selalu diingat dan diharapkan bisa menularkan kesuksesan.

Faktanya, meski sukses menjadi pemain tak sedikit mereka yang mencoba peruntungan menjadi pelatih justru malah tampil melempem, bahkan terbilang gagal.

Jika sudah demikian, pilihannya adalah terus berusaha agar bisa sukses menjadi pelatih atau cukup menjadi komentator sepak bola, karena nama besar yang dimiliki tentu bakal selalu disorot di manapun mereka berada.

Berikut adalah 10 nama pelatih yang punya nama mentereng di dunia sepak bola, lengkap dengan klub terakhir, dan prestasi yang dimiliki saat menjadi pelatih (prestasi yang didapat belum tentu dari klub terakhir, bisa dari klub sebelumnya).

(Catatan: Nama mentereng yang dimiliki biasanya karena melatih klub besar sehingga namanya dikenal atau bisa juga karena berprestasi saat masih menjadi pemain).