Liga Indonesia

Meriah, Prabowo Subianto dan Erick Thohir Resmi Buka Nusantara Open 2023

Kamis, 14 Desember 2023 21:18 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Zainal Hasan/ INDOSPORT
Pembukaan Nusantara Open 2023 Copyright: © Zainal Hasan/ INDOSPORT
Pembukaan Nusantara Open 2023

FOOTBALL265.COM - Turnamen Nusantara Open 2023 resmi dibuka. Dalam pembukaan ini, Dewan Pembina Akademi Garudayaksa, Prabowo Subianto didampingi oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan juga Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ario Tedjo.

Nusantara Open 2023 akan diikuti oleh 16 tim yang bertujuan mewadahi pelatihan sepak bola usia dini kategori U-17. Kegiatan ini pun berlangsung di Kompleks Garudayaksa Football Academy, Cisaat, Kab. Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/12/2023). 

Pembukaan ini memang terasa cukup meriah. Selain itu, Prabowo Subianto dan Erick Thohir serta Menpora Dito Ario Tedjo, hadir juga pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Ada pun peserta Nusantara Open 2023 terdiri dari 16 tim kategori U-17, antara lain Persija Jakarta, Persib Bandung, Persis Solo, Borneo FC, Persis Solo, Bhayangkara FC, Bali United, Arema FC, PSS Sleman, dan PSIS Semarang. 

Ada lagi Rans Nusantara FC, PSM Makassar, ASIOP FC, Bintang Timur Atambua, Malut Selection, PSLS Lhokseumawe, dan tentu saja tuan rumah Garudayaksa Football Academy.

Prabowo Subianto tampak antusias membuka turnamen Nusantara Open 2023. Dia bahkan sampai ikut turun ke lapangan berpanas-panas ria di bawah cuaca terik bersama seluruh tim peserta. 

“Dengan ini saya nyatakan Nusantara Open 2023 resmi dibuka. Pesan saya, kalian di sini perkemahan, pemuda-pemuda Indonesia harus bersemangat,” ujar Prabowo Subianto saat memberikan kata Berbagai dalam upacara pembukaan di Kompleks Garudayaksa Football Academy. 

"Bertandinglah dengan baik, gembira, dan ksatria. Jangan jadi bangsa yang lemas, menyerah sebelum bertanding. Menang kalah itu biasa, asalkan usaha benar, semua akan jadi pemenang. Terima kasih semua unsur yang membantu. Tujuan besar kita nantinya adalah Piala Dunia FIFA, "imbuhnya. 

Senada dengan Prabowo, Ketum PSSI, Erick Thohir, meyakini Nusantara Open 2023 dapat menjadi awalan yang baik untuk pelatihan sepak bola usia dini di Indonesia. 

"Pak Prabowo ini mau berinvestasi di sepak bola Indonesia. Transformasi tidak akan terjadi tanpa kerja sama seluruh pemangku kepentingan. Prabowo bukan karbitan di sepak bola Indonesia, tak ada udang di balik batu," kata Erick Thohir. 

"Beliau cinta sepak bola. Kapten di sekolahnya. Sebuah niat ingin berinvestasi di sepak bola Indonesia melalui pembangunan pusat pelatihan termegah di Indonesia. Fasilitas luar biasa. Mes atlet dan sport science. Terima kasih prabowo. Pasti ada manfaat bagi pelatihan sepak bola Indonesia," tandasnya. 

Ditambahkan Erick, Menpora Dito Ariotedjo tanpa ragu menyebut Nusantara Open 2023 sebagai sebuah gebrakan untuk kelak bisa berbicara banyak di level internasional. 

“Olahraga itu tak akan maju bila berjalan sendiri-sendiri. Diperlukan kolaborasi semua pihak, mulai dari pemerintah, asosiasi, hingga sektor swasta,” jelas Dito Ariotedjo. 

"Garudayaksa Football Academy adalah akademi terbaik di Indonesia. Saya dengan ada rencana Pak Prabowo membangun fasilitas kolam renang standar Olimpiade. Kemenpora mendukung penuh akademi Garudayaksa demi prestasi emas di masa depan," tutupnya. 

Di sisi lain, Ketua Panitia Nusantara Open 2023, Fary Djemy Francis, memastikan turnamen ini akan membuka jalan atlet-atlet muda ke level yang lebih tinggi lagi. Mereka bekerja sama dengan Aspire Academy di Qatar. 

“Nusantara Open ini digagas oleh Pak Prabowo yang ingin sepak bola Indonesia kembali berkibar di kancah internasional. Temanya adalah sepak bola pemersatu bangsa,” ucap Fary Djemy Francis. 

Total hadiah Nusantata Open 2023 mencapai Rp2,5 miliar. Seluruh peserta dipastikan dapat uang pelatihan kendati gagal juara. Kampiun nantinya akan berkesempatan terbang ke Qatar menimba ilmu di Aspire Academy bersama timnas Indonesia U-20 asuhan Indra Sjafri. Berangkat nanti pada 21 Desember usai penutupan turnamen,” tukasnya.