Liga Indonesia

Selesai di Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam Gabung Klub Liga 3 Makassar

Kamis, 14 Desember 2023 11:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selesai membela klub Korea Selatan Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam kini malah terpantau bergabung dengan klub Liga 3 zona Sulawesi Selatan. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selesai membela klub Korea Selatan Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam kini malah terpantau bergabung dengan klub Liga 3 zona Sulawesi Selatan.

FOOTBALL265.COM - Selesai membela klub Korea Selatan Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam kini malah terpantau bergabung dengan klub Liga 3 zona Sulawesi Selatan.

Sebagaimana diketahui, Asnawi Mangkualam Bahar merupakan kapten Timnas Indonesia yang saat ini berkarier di klub kasta kedua Liga Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

Asnawi Mangkualam akan segera memasuki masa habis kontrak di Jeonnam Dragons pada akhir tahun ini. Namun nampaknya tim tidak menunjukkan kode Asnawi akan lanjut.

Dilansir dari laman Transfermarkt, kontrak Asnawi di Jeonnam Dragons akan berakhir pada 31 Desember 2023.

Meski belum jelas apakah Jeonnam Dragons akan memperpanjang kontraknya atau tidak, tetapi mantan pemain PSM Makassar itu terpantau sudah pulang ke Tanah Air setelah menyelesaikan musimnya di Liga Korea.

Asnawi Mangkualam terlihat berlatih fisik dengan sang ayah, Bahar Muharram, yang notabene juga merupakan legenda sepak bola asal Sulawesi Selatan.

Namun, tidak sekadar berlatih, Asnawi justru membagikan potret saat ia bergabung bersama dengan klub Liga 3 Zona Sulsel, yaitu Hasanuddin FC.

Asnawi terlihat mengenakan jersey nuansa putih dengan aksen merah, sama seperti pemain Hasanuddin FC lainnya.

Belum diketahui apakah Asnawi Mangkualam benar-benar bergabung dengan klub Liga 3 jika dilepas Jeonnam Dragons, atau hanya sekadar mengikuti latih tanding saja.

© Instagram Story @asnawi_bhr
Asnawi Mangkualam saat bermain di klub Liga 3 Hasanuddin FC Copyright: Instagram Story @asnawi_bhrAsnawi Mangkualam saat bermain di klub Liga 3 Hasanuddin FC

Asnawi Gabung Persib Bandung?

Beberapa waktu lalu, ada rumor panas yang mengatakan bahwa Asnawi Mangkualam akan kembali ke Indonesia dan bergabung dengan klub Liga 1 Persib Bandung, bersama Bojan Hodak.

Kontrak Asnawi bersama Jeonnam Dragons usai pada 31 Desember 2023. Samapi saat ini belum ada tanda-tanda pemain berposisi bek kanan itu akan perpanjang masa baktinya.

Namun, sang agen, Gabriel Budi, membantah kabar Asnawi merapat ke Persib Bandung. Ia memastikan kapten Timnas Indonesia itu tetap berkarier di Liga Korea Selatan.

"Asnawi tetap bertahan (di Korea)," tulis Gabriel Budi lewat Instagram pribadinya.

Sebelumnya, pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak juga turut menanggapi rumor bahwa Asnawi akan bergabung ke Maung Bandung.

Arsitek asal Kroasia itu mengaku senang jika timnya kedatangan kapten Timnas Indonesia. Namun, ia juga tidak ingin memupus mimpi Asnawi untuk bermain di luar negeri.

"Dia (Asnawi) berada di Korea, dan saya rasa dia tidak akan meninggalkan Korea," ungkap Bojan Hodak saat ditemui di Stadion Gelora Bandung Lautan Api beberapa waktu lalu.

"Tentu saya saya senang jika bisa membawa Asnawi (ke Persib), tapi saya rasa dia tidak akan meninggalkan Korea," tambah Hodak.

Dengan pernyataan sang agen, ditambah dengan keterangan dari Bojan Hodak, maka besar kemungkinan Asnawi Mangkualam memang akan lanjut di Korea Selatan.

Kedatangan Asnawi Mangkualam ke klub Liga 3 di Makassar hanya untuk pulang kampung dan menjaga kondisi fisik, sekaligus untuk persiapan menuju Piala Asia 2023.