Liga Inggris

Gara-gara Chelsea, Liverpool Urung Boncos Rp2 Triliun

Jumat, 15 Desember 2023 23:15 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters/Matthew Childs
Pemain Chelsea, Moises Caicedo, menghindari tackle pemain West Ham, Michail Antonio, dalam laga Liga Inggris, Minggu (20/08/23). Copyright: © Reuters/Matthew Childs
Pemain Chelsea, Moises Caicedo, menghindari tackle pemain West Ham, Michail Antonio, dalam laga Liga Inggris, Minggu (20/08/23).

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, tak jadi boncos Rp2 triliun setelah Moises Caicedo "ditikung" Chelsea.

Nama Moises Caicedo menjadi fenomena pada bursa transfer musim panas kemarin. Gelandang bertahan asal Ekuador tersebut memecahkan rekor transfer termahal Liga Inggris dengan pindah dari Brighton & Hove Albion ke Chelsea.

Ya. Pemain yang masih berusia 22 tahun tersebut didatangkan The Blues dengan mahar 115 juta poundsterling. Mahar senilai lebih dari Rp2 triliun tersebut menjadikannya rekrutan termahal Chelsea sepanjang sejarah.

Sayang, meski didatangkan dengan biaya selangit, Moises Caicedo belum memberikan kontribusi signifikan. Sang pemain baru diturunkan 17 kali sepanjang musim ini, 14 kali di Liga Inggris dan 3 kali di ajang Carabao Cup.

Dari jumlah penampilan tersebut, Moises Caicedo sama sekali belum menyumbangkan gol maupun assist. Bahkan, jumlah kartu kuning yang diterima sang pemain (4 buah) lebih banyak ketimbang sumbangsih golnya.

Legenda Liverpool, Glen Johnson, menyebut Liverpool beruntung tak jadi mendatangkan Moises Caicedo. Hal ini dikarenakan The Reds tidak harus mengeluarkan uang sedemikian banyak untuk mendatangkan pemain yang performanya mengecewakan.

"Dia memang pemain yang bagus. Tapi, saya pikir, performanya belum layak untuk diperebutkan Liverpool dan Chelsea. Apa yang dilakukan Liverpool (tidak menaikkan tawaran untuk Moises Caicedo) membuat Chelsea rugi besar," ujar Glen Johnson, dikutip dari Liverpool Echo.

"Tak ada yang menyangkal kehebatannya. Tapi, apakah dia layak dihargai sedemikian tinggi? Mungkin tidak. Brighton hanya punya satu kesempatan untuk menjualnya, jadi mereka jelas akan mencoba mendapatkan sebanyak mungkin uang."

"Tapi, menurut saya, dia tidak layak untuk itu. Yang bisa saya katakan adalah dia rekrutan yang bagis, tapi tidak untuk harga segitu," pungkas Glen Johnson.

Perkataan Glen Johnson ini turut mengafirmasi pernyataan agen Moises Caicedo, Manuel Sierra, yang sempat mengungkapkan kekecewaan karena sang klien bergabung ke Chelsea ketimbang Liverpool.