Liga 1

Persis Solo Yakin Jauhi Zona Merah Liga 1, Dewa United Jadi Incaran

Jumat, 15 Desember 2023 14:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Persis Solo saat menghadapi Persebaya pada laga Liga 1 di Stadion di Gelora Bung Tomo, Rabu (13/12/23). (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Persis Solo saat menghadapi Persebaya pada laga Liga 1 di Stadion di Gelora Bung Tomo, Rabu (13/12/23). (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Persis Solo sangat yakin bisa menjauhi zona bawah Liga 1 2023-2024. Dewa United kini jadi incaran pada laga pekan ke-23 di Stadion Manahan Solo, Minggu (17/12/23).

Raihan satu poin di markas Persebaya Surabaya sangat penting bagi Laskar Sambernyawa. Raihan itu menjadi bukti bahwa keputusan melengserkan Leonardo Medina sudah tepat.

Lebih penting lagi adalah gol penyama kedudukan dicetak Sho Yamamoto. Winger asal Jepang tersebut sukses menjawab kepercayaan setelah didatangkan pada putaran kedua.

Keyakinan bahwa Persis Solo bisa menjauhi zona bawah ditegaskan caretaker Persis Solo, Tithan Wulung Suryata. Ia tak mengkhawatirkan status kalah head to head dari Persebaya.

Perjuangan meninggalkan posisi ke-15 akan diawali pada laga melawan Dewa United. Tithan menyebut laga melawan Dewa United menjadi satu dari 13 partai tersisa yang perlu diperjuangkan musim ini.

"Saya pikir pertandingan kita masih banyak. Terlalu dini untuk membicarakan hal itu (head to head papan bawah)," kata Tithan Suryata.

Sho Yamamoto kembali jadi andalan melawan Dewa United. Sho Yamamoto akan kembali ditempatkan sebagai gelandang sayap kiri.

Terbuka kemungkinan bahwa Sho Yamamoto akan bergantian posisi dengan Moussa Sidibe di sektor kanan. Winger asal Mali berpotensi tampil setelah absen dalam laga melawan Arema FC dan Persebaya karena pemulihan cedera.

Gol Sho Yamamoto ke gawang Persebaya dianggap Tithan memiliki arti penting. Gol dicetak lewat sundulan kepala yang jarang dilakukan Sho Yamamoto.

"Saya pikir Sho menunjukan kualitasnya bahwa dia masih pantas bermain di sini. Dia bisa memberikan yang terbaik dan masih ingin bermain ketika ada sedikit masalah di kakinya," jelas Tithan.

Jaime Absen

Persis Solo memiliki dua sesi latihan menuju laga melawan Dewa United. Salah satu hal penting yang perlu dipikirkan adalah absennya bek asal Brasil, Jaimerson Xavier.

Jaime Xavier absen karena terkena kartu merah langsung pada laga melawan Arema FC. Diego Bardanca menjadi kandidat kuat pengganti Jaime untuk berduet dengan Rian Miziar dalam formasi 4-2-3-1.

Namun, Sutanto Tan juga punya kans mendampingi Rian Miziar. Bardanca tampil jelek melawan Arema FC hingga dicadangkan dalam laga melawan Persebaya.

Satu nama lain yang bakal absen adalah Muhammad Kanu Helmiawan. Kartu kuning dalam laga melawan Persebaya menjadi yang keempat musim ini dan membuatnya absen melawan Dewa United.

Persis Solo punya Shulton Fajar dan Taufiq Febriyanto yang bisa menjadi petarung di lini tengah. Tiga poin wajib diraih agar Persis Solo membuka kans naik ke posisi 11 klasemen sementara Liga 1 2023-2024 yang kini ditempati Dewa United.

Persis Solo kini mengoleksi 25 poin dan hanya terpaut dua poin saja dari Dewa United. Posisi tersebut turut diperebutkan Persebaya dengan 25 poin serta PSS Sleman dan Persita Tangerang dengan 26 poin.