x

Skuad Emas Juergen Klopp di Borussia Dortmund

Jumat, 1 Mei 2015 12:09 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Joko Sedayu

Borussia Dortmund pada musim 2015-16 dikabarkan akan ditangani oleh juru taktik baru, yaitu mantan pelatih FSV Mainz, Thomas Tuchel. Kedatangan pria 41 tahun ini disebut-sebut sebagai opsi menggantikan pelatih mereka saat ini, Juergen Klopp,  yang meninggalkan  klub yang ia besut sejak tahun 2008 yang lalu. 

Klopp yang semasa dirinya masih aktif bermain dengan membela dan melatih klub Mainz 05 memberikan alasan mengapa ia memutuskan hubungan dengan Dortmund, yaitu demi kebaikkan klub sendiri untuk meregenerasi di masa depan.

Pada awal kedatangannya ke tim yang bermarkas di Signal Iduna Park itu, pelatih bernama lengkap Juergen Nortbert Klopp ini diragukan oleh para fans Die Borussen. Perlahan tapi pasti, Klopp menepis keraguan para fans itu dengan melahirkan pemain-pemain bintang sekaligus mengangkat tim yang identik dengan Kuning Hitam di Bundesliga Jerman.

Sebut saja seperti Marco Reus, Matt Hummels, Mario Goetze, dan Robert Lewandowski merupakan pemain hasil polesan tangan ajaibnya. Meski dua nama terakhir telah pindah ke klub rival dan dua nama pertama juga diperkirakan akan diboyong klub lain, skuad kejayaan Klopp akan menjadi kenangan bagi tim yang bersangkutan, seperti skuad, staff pelatih, dan tentunya fans mereka.

Berikut ini INDOSPORT akan memaparkan The Best XI milik Juergen Klopp (SUA), Jumat (01/05/15).


1. Roman Weidenfeller

Rasanya, jika bukan karna Juergen Klopp nama Weidenfeller tidak akan dikenal bagi kalangan pecinta sepakbola, khususnya pecinta Bundesliga. Meski penampilannya tidak terlalu mentereng seperti penjaga gawang milik Bayern Muenchen, Manuel Neuer.

Pemain yang melakukan debut bersama Dortmund pada tahun 2002 ini selalu mampu solid ketika mengawal lini belakang Die Borussen dan pada tahun lalu pria berusia 34 tahun ini telah mencatat sebagai kiper tertua yang melakukan debut internasional ketika negaranya, Jerman keluar sebagai juara.


2. Lukasz Piszczek

Bek kanan asal Polandia ini, juga tidak terlalu dikenal diberbagai kalangan pecinta sepakbola. Namun, ketika pemain berusia 29 tahun ini bermain diatas lapangan hijau, prestasi dan peformanya dapat dikatakan tidak bisa bisa dipandang sebelah mata. Piszczek didatangkan Dortmund dari Hertha BSC pada tahun 2010 dan sejak saat itu juga dirinya berjuang ekstra untuk mendapatkan posisi pemain inti.


3. Neven Subotic

Banyak yang mengatakan jika ada sosok penyerang yang mampu berduel satu lawan satu dengan bek asal Serbia ini adalah seorang yang berjiwa petarung, mengingat tubuh Subotic yang tinggi dan besar. Ia didatangkan dari FSC Mainz 05 pada tahun 2008 ketika mengetahui pelatih Juergen Klopp telah resmi menangani Borussia Dortmund, sehingga kedatangannya tidak terlalu dianggap menjadi sebuah transfer kejutan.


4. Mats Hummels

Mats Hummels

Tidak banyak yang mengetahui jika pemain bernama lengkap Mats Julian HUmmels ini merupakan pemain asli didikan dari Bayern Muenchen, pada tahun 2008 dirinya yang tidak mendapat kepercayaan dari The Bavarians dipinjamkan ke Borussia Dortmund dan setahun kemudian Hummels dipermanenkan menjadi pemain Dortmund.

Siapa yang sangka jika dirinya menjelma menjadi bek tangguh dibawah tangan dingin Juergen Klopp, tidak heran jika menjelang bursa transfer pemain dibuka, nama Hummels selalu muncul dalam daftar klub elit Eropa, selain Bayern yang dikabarkan ingin memulangkannya ada juga klub Inggris, Manchester United, juga dikabarkan sebagai peminat yang serius terhadap pemain yang saat ini telah berusia 26 tahun.


5. Marcel Schmeizer

Sempat menjalani karir junior untuk klub Fortuna Magdeburg dan FC Magdeburg, Schmeizer juga pernah merasakan akademi junior Borussia Dortmund sejak tahun 2005 dan dua tahun berselang dirinya masuk ke dalam tim senior. Sejak saat itulah pemain asli Jerman ini menghabiskan karirnya untuk Dortmund. Debutnya bersama tim juga berkat kepercayaan yang diberikan oleh Juergen Klopp untuknya.


6. Nuri Sahin

Pemain berkebangsaan Turki ini dapat dikatakan sebagai mesin bisnis dari Die Borussen. Memakan waktu hingga lima tahun untuk bermain di tim junior, Sahin pernah dipinjamkan ke beberapa klub untuk mengasah kemampuannya. Tim-tim yang pernah menjadi "uji coba" pemain berusia 26 tahun ini adalah Feyenord, Liverpool, dan bahkan klub yang membesarkan namanya sendiri, Borussia Dortmund, yaitu saat dirinya tidak mendapatkan tempat di Real Madrid.


7. Ilkay Gundogan

Gelandang gesit milik Dortmund pernah beberapa kali diminati oleh klub-klub besar seperti Manchester United dan Real Madrid. Gundogan tampaknya tidak rela meninggalkan klub yang ia bela sejak tahun 2011 itu sehingga dirinya lebih memilih untuk bertahan. Dengan keputusan hengkangnya Klopp pada musim depan, bukan tidak mungkin jika pemain kelahiran 24 Oktober 1990 ini akan mengikuti jejak sang pelatih.


8. Shinji Kagawa

Pemain asal Jepang ini tampil sangat sensasional saat dirinya didatangkan oleh Juergen Klopp dari klub negara asalnya, Cereze Osaka, pada tahun 2010. Lagi-lagi Klopp menampilkan racikannya dengan menemukan bakat dari Kagawa yang mampu tampil menawan selama dua tahun.

Hal itu membuat dirinya, didatangkan oleh klub raksasa Inggris, Manchester United yang membajaknya pada tahun 2012. Namun, rupanya bersama klub Setan Merah, Kagawa gagal menunjukkan permainan terbaiknya sehingga membuat pemain bertinggi 172 cm ini memilih pulang ke "sang ayah" dua tahun setelahnya.


9. Marco Reus

Gelandang Jerman ini merupakan pemain yang paling banyak ditaksir oleh sejumlah klub  Eropa, seperti trio Inggris Chelsea, Liverpool, Arsenal, dan dua raksasa Spanyol,  Real Madrid dan Barcelona serta tak mau ketinggalan sang rival Bayern Muenchen yang juga menaruh hati kepadanya. Ya, bersama Klopp, Reus mampu tampil sebagai pemain serba bisa. Ia bisa dimainkan sebagai striker, playmaker, dan juga winger.


10. Mario Goetze

Nama Goetze lebih dikenal ketika dirinya mencetak gol tunggal ke gawang Argentina yang sekaligus mengantarkan negaranya menjadi juara dunia pada tahun 2014 lalu di Brasil. Gelandang asli Jerman ini sebenarnya telah menampilkan permainan yang mengesankan saat masih membela Dortmund pada tahun 2010 hingga 2013, setelah itu Goetze menyebrang ke klub rival, Bayern Muenchen sehingga menempatkan luka bagi para fansnya di Dortmund dan menyebutnya sebagai pengkhianat.


11. Robert Lewandowski

Shinji KagawaMario GotzeMats HummelsBorussia DortmundJurgen KloppMarco ReusRobert LewandowskiMarcel SchmelzerLukasz PiszcekIlkay GundoganNuri SahinNeven SuboticRoman Weidenfeller

Berita Terkini