x

8 Pemain Ini Melakukan Debut Manis di EPL

Rabu, 6 Mei 2015 12:36 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Joko Sedayu

Liga Primer Inggris tinggal menyisakan tiga pertandingan resmi untuk menyelesaikan musim 2014/15 dan menempatkan Chelsea sebagai juaranya pada musim ini. Para pecinta sepakbola Inggris saat ini tentu tinggal menunggu tim mana yang akan bersaing untuk merebut posisi empat besar. Nama-nama pemain anyar bermunculan di klub-klub Inggris di musim yang semakin terasa sulit ini, baik pemain tersebut datang untuk membela tim yang besar maupun tim yang kecil.

Yang menjadi sorotan adalah, para pemain baru tersebut harus melakukan adaptasi bersama klubnya dengan baik atau justru sebaliknya. Di Chelsea misalnya, kedatangan kiper muda Thibaut Courtois membuat kiper senior Petr Cech harus lengser ke bench pemain. Meski kiper asal Belgia itu sempat melakukan kesalahan pada awal debutnya, dia tetap sukses mengantarkan timnya untuk meraih double-winners, yakni Piala Liga dan Liga Primer Inggris.

Berbalik dengan penyerang Liverpool, Mario Balotelli. Meski sempat merasakan atmosfer Liga Primer Inggris bersama klub Manchester City, pemain yang kerap membuat sensasi ini justru gagal menunjukkan sinarnya sehingga membuat namanya masuk dalam daftar jual The Reds pada musim depan.

Bermain di Liga Primer Inggris, memang membutuhkan bakat yang lebih mengingat gaya bermain liga tersebut yang dikenal dengan kick n'rush. Selain Courtois, rupanya masih ada pemain lain yang sukses menjalankan debutnya dengan baik. Siapa sajakah mereka?

Berikut ini INDOSPORT akan menyajikannya sesuai yang dirilis oleh PFL, Selasa (06/05/15).


1. Diafra Sakho

Diafra Sakho (kiri/West Ham United)

Sakho menjalankan debutnya bersama klub yang berbasis di London Utara, West Ham United. Sebelumnya, pria Senegal ini memperkuat tim asal Prancis, FC Metz. Meski hanya tampil sepuluh kali bersama klub barunya, penampilan pemain berusia 25 tahun ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena dirinya sukses mencetak delapan gol.


2. Fraser Forster

Sukses tampil memukau bersama klub Skotlandia, Glasgow Celtic, dimana dirinya mencatat 11 clean sheets secara beruntun, Fraser Forster bergabung bersama klub Southampton pada musim panas lalu. Dalam 30 pertandingan di Liga Primer Inggris, pemain yang lahir pada tanggal 17 Maret 1988 silam ini sukses mencatat 13 clean sheets. Padahal, sebelumnya kiper berkebangsaan Inggris ini sempat dirundung cedera pada akhir tahun lalu.


3. Graziano Pelle

Rekan setim Forster ini juga melakukan catatan yang apik. Dalam 12 pertandingan pertamanya bersama Southampton, penyerang Italia ini langsung membukukan 8 gol di kompetisi paling bergengsi di Inggris. Tidak heran karena peformanya yang menawan itu membuat namanya dipanggil oleh pelatih timnas Italia, Antonio Conte.


4. David Ospina

Tampil cukup brilian di panggung Piala Dunia Brasil 2014 lalu bersama timnas Kolombia, membuat pelatih Arsenal, Arsene Wenger tertarik untuk mendatangkannya dari klub asal prancis, Nice. Kedatangannya langsung menggeser kiper utama The Gunners saat itu, Wojiech Sczcesny. Ia tampil menawan dalam 19 pertandingan bersama klub London utara tersebut dan sukses membawa tim barunya itu meraih 12 kemenangan dalam 14 pertandingan yang ia jalani. Tidak hanya itu, ia juga mencatat sembilan kali clean sheets didebutnya 


5. Sadio Mane

Sebelum didatangkan Southampton, Sadio Mane bermain untuk klub Bundesliga Austria, FC Red Bull Salzburg selama dua tahun. Bermain bersama So'ton, gelandang berusia 23 tahun ini mampu menjadi perhatian publik. Gaya permainannya yang lincah membuat pemain berkebangsaan Senegal ini beberapa kali dilanggar oleh bek lawan. Dirinya telah melakukan permainan gemilang sebanyak tujuh kali, termasuk menciptakan gol cantik saat melawan duo London, Arsenal dan Chelsea.


6. Diego Costa

Siapa yang meragukan penyerang tajam yang satu ini? Saat berada di depan gawang, semua bek langsung berusaha menutup ruangnya agar tidak mencetak gol. Meski kerap mendapat pertahanan yang mengganggunya untuk mencari ruang tembak, pemain yang didatangkan dari Atletico Madrid ini tetap mampu mencetak gol. Tercatat penyerang Spanyol ini memiliki 19 gol dalam 24 pertandingan, sebuah catatan yang mengesankan untuk pemain yang baru pertama kali bermain di Liga Primer Inggris. Sayang dirinya yang kerap mendapat cedera membuat dirinya harus banyak mendekam di ruang perawatan.


7. Cesc Fabregas

Gelandang asal Spanyol ini merupakan salah satu otak dari gol-gol yang diciptakan oleh Chelsea. Dirinya yang diplot untuk menggantikan peranan ikon The Blues, Frank Lampard, sukses dijalankannya dengan baik. Sejatinya, Fabregas yang baru didatangkan dari Barcelona pada musim ini sudah tidak asing lagi dengan Liga Primer Inggris. Ia pernah menjadi bagian dari rival timnya saat ini, yaitu Arsenal. Meski meninggalkan Inggris selama 4 tahun, pemain berusia 28 tahun ini tidak membutuhkan waktu lama untuk kembali beradaptasi dengan klub barunya itu.


8. Alexis Sanchez

Mantan rekan Cesc Fabregas di Barcelona ini mungkin bisa dikatakan sebagai pemain yang menjalani debut paling manis di Liga Primer Inggris musim 2014/15. Pemain asal Cile ini disebut sebagai pembelian tersukses Arsenal di tahun 2014, setelah pada tahun 2013 lalu Mesut Ozil yang memegang predikat tersebut. Menjalani debut dengan The Gunners, Sanchez tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi. Dalam 47 pertandingan resmi di musm ini, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini telah mencetak 24 gol dan 11 assist.

SouthamptonChelseaArsenalDiego CostaCesc FabregasWest Ham UnitedAlexis SanchezDiafra SakhoGraziano PelleFraser ForsterLiga Primer InggrisDavid OspinaSadio Mane

Berita Terkini