x

Deretan 'Penari Samba' yang Gagal di Liga Inggris

Sabtu, 27 Juni 2015 14:43 WIB
Penulis: Erizky Bagus Zuhair | Editor: Irfan Fikri

Roberto Firmino memang bukan pemain asal Brasil pertama dan satu-satunya yang memilih untuk hijrah ke tanah Britania dalam menjalani karirnya sepakbolanya. Sebelumnya ada beberapa pemain asal Brasil yang lebih dulu meniti karier di Liga Inggris.

Kepiawaian para pemain dari negara yang terkenal dengan goyangan samba itu dalam mengolah bola memang berhasil menarik perhatian dari beberapa klub.

Beberapa dari mereka tersebar dengan bermain di berbagai klub di liga Inggris. Ada yang bersinar, namun ada pula yang tersungkur. Berikut lima pemain asal Brasil yang justru gagal saat menjalani karir di Liga Primer Inggris.


1. Afonso Alves - Middlesbrough

Afonso Alves bergabung dengan Middlesbrough pada Januari 2008 dari klub Belanda, Heerenveen dengan biaya sekitar 12,5 juta poundsterling dan kontrak selama empat setengah tahun. Di awal penampilannya, Alves memang berhasil mencetak hat trick dalam laga terakhir musim 2007-08 saat menang atas Manchester City dengan skor 8-1.

Namun, performa tersebut tidak berlanjut ke musim berikutnya. Walau tampil sebanyak 42 kali di pertandingan bersama Middlesbrough, Alves hanya mampu mencetak 10 gol di Liga Primer. Hal tersebut juga diiringi dengan terdegradasinya klub di musim 2008-09. Karena kejadian tersebut, Alves dengan cepat dilepas oleh klub ke Qatar di 2009.


2. Jo - Manchester City/Everton

Jo bergabung dengan Manchester City pada tahun 2008 dari CSKA Moskow dengan biaya senilai 19 juta poundsterling dan diharapkan menjadi suatu yang besar berikutnya. Sayangnya ia justru lebih terkenal dengan gaya rambutnya ketimbang dengan kemampuannya mencetak gol.

Striker yang saat itu berusia 21 tahun ini hanya berhasil menyumbangkan satu gol dari 20 penampilannya bersama The Citizen. Tak hanya itu, kegagalannya dalam masa pinjaman di Everton juga membuatnya dijual kembali ke kampung halamannya Brasil pada 2011.


3. Andre Santos - Arsenal

Andre Santos dikontrak Arsenal pada Agustus 2011 dari Fenerbahce dengan biaya sekitar 7 juta poundsterling. Dalam debutnya, pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini memang berhasil tampil mengesankan.

Ia mencetak gol pertamanya untuk Arsenal dalam kemenangan atas Olympiakos dengan skor 2-1 di Liga Champions di tahun tersebut. Kemudian berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 saat melawan West Bromwich Albion yang berakhir dengan kemenangan 3-2 berkat gol kemenangan dari Laurent Koscienly.

Namun, yang paling dikenang oleh para pemain serta pendukung Arsenal terhadap Santos adalah ketika dia memutuskan untuk bertukar kaos dengan mantan kapten Arsenal, Robin van Persie saat menjalani laga melawan Manchester United di Old Trafford.

Hal tersebut pun membuat Santos harus berada di bawah tekanan karena kritikan yang ia terima dari para penggemar The Gunners dan menjadi akhir dari kariernya di Emirates Stadium.


4. Anderson - Manchester United

Anderson mendatangani kontrak di Manchester United pada 2007 dari Porto yang diyakini bernilai sekitar 20 juta poundsterling. Kepindahan remaja tersebut pun diyakini akan menjadi angin segar di Inggris.

Namun, karena banyak mengalami cedera, tubuh Anderson menukik turun dan bahkan menerima ejekan karena berat badannya yang naik. Setelah menghabiskan beberapa tahun pemanasan di bangku cadangan, ia pun akhirnya kembali ke Brasil pada Januari kemarin.


5. Paulinho - Tottenham Hotspur

Setelah ditandatangani pada tahun 2013 dari uang yang dihasilkan setelah menjual Gareth Bale, Paulinho terus berjuang untuk bisa menekan tempat di starting eleven di White Hart Lane.

Hal tersebut juga membuatnya keluar dari gaya permainan yang ditampilkan oleh manajer Tottenham Hotspur saat itu, Tim Sherwood. Dan saat ini, bukan menjadi rahasia lagi jika klub sedang berusaha untuk melepas pemain gelandang tersebut.

Klub yang baru saja dipromosikan, Watford dikabarkan telah menyatakan minatnya untuk bisa mengamankan jasanya.  

PaulinhoJoAndersonAfonso AlvesAndre Santos

Berita Terkini