x

Ini Pesepakbola Waria Pertama yang Main di Kualifikasi Piala Dunia

Jumat, 18 September 2015 11:38 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Nama Jaiyah Saelua mungkin tidak ada yang mengenal. Ia memang bukan siapa-siapa jika disandingkan dengan beberapa pesepakbola terkenal seperti Cristiano Ronaldo ataupun Lionel Messi. Namun nama Jaiyah Saelua bagi masyarakat negara kepulauan Samoa Barat ia seperti sosok 'dewa' yang mau berkostum tim nasional di laga babak kualifikasi Piala Dunia. 

Sekedar informasi, Samoa Barat ialah negara yang terletak di kawasan pasifik dan memiliki rekor buruk sebagai satu tim nasional. Wajar, pasalnya beberapa masyarakat negara ini tak berminat untuk menjadi seorang atlet atau pesepakbola. 

Saelua pun turun sebagai pesepakbola demi bela panji negara di ajang kualifikasi Piala Dunia. Seperti dilansir the telegraph, awalnya ia berkecimpung ke timnas Samoa Barat karena sebagai hiburan untuk pemain timnas Samoa Barat. Namun bakatnya mengolah si kulit bundar menjadi ia tertantang untuk menjadi skuad timnas. 

Pelatih Samoa Barat saat itu, Thomas Rogen mau tak mau memang harus mengikutsertakan Saelua sebagai bagian dari tim-nya. Meski diawal, Rogen mengatakan bahwa sedikit sarkas kepada Saelua saat ia mencoba untuk ikut seleksi timnas. 

"Saya masih ingat saat ia berjalan, saya menyikut istri saya dengan gaya yang sarkas hanya karena melihat seorang waria untuk bermain sepakbola dan bermain untuk timnas," kata Rogen. 

Keinginan kuat serta dukungan dari orang terdekat membuat Saelua tak mundur, ia pun membela timnas Samoa Barat di babak kualifikasi Piala Dunia. Samoa Barat memang hancur lebur oleh Australia namun aksi dari Saelua akan terus dikenang oleh masyarakat Samoa. Kisah dari Saelua sempat diangkat ke layar besar yang kemudian rilis ke pasar. 

Sepakbola Waria

Berita Terkini