x

Bangun Fondasi Sepakbola Sejak Dini, Menpora Bakal Gelar Liga Pelajar

Sabtu, 18 Februari 2017 17:44 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ahmad Priobudiyono
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi saat membuka MILO Football Championship 2017.

Menpora Imam Nahrawi menyatakan akan terus memprioritaskan pendidikan sepakbola usia dini pada tahun ini. Rencananya, pria asal Bangkalan, Madura tersebut akan menyelenggarakan kompetisi di berbagai jenjang usia untuk mendukung keinginannya itu.

"Tahun ini, kami akan menggelar Liga Pelajar U-14. Setelah itu, U-16 dan jenjang umur lainnya akan kita gulirkan," ujar Imam saat peresmian ajang MILO Football Championship 2017 di Jakarta.

"Mungkin pada tahun depan, sejak SD, SMP, SMA, semoga kompetisi usia dini berjalan dengan baik," tambah pria yang karib dipanggil Cak Imam tersebut.

Selain itu, Imam menyatakan kurang setuju dengan program naturalisasi sebagai tujuan jangka panjang sepakbola Indonesia. Ia ingin mencontoh negara-negara sepakbola yang lebih terfokus pada pembinaan pesepakbola usia dini.


Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi saat membuka MILO Football Championship 2017.

"Tidak mungkin kita terus-terusan andalkan naturalisasi, itu hanya instant. Sudah banyak contoh negara besar dengan lebih mementingkan pembinaan usia dini," tutur politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Selain itu, Menpora berharap ajang seperti MILO Football Championship 2017 yang menggelar kompetisi usia muda untuk dapat dipublikasikan seluas-luasnya. Karena pada tujuannya, dengan adanya publikasi secara besar-besaran, Imam berhasrat ajang ini dapat membangkitkan semangat anak-anak muda Indonesia.

"Saya berharap ajang ini dapat dipublikasikan secara luas agar menjadi pemicu serta pemacu anak-anak kita untuk bersaing dengan anak-anak seusianya di luar negeri," kata Imam.

Imam NahrawiTimnas IndonesiaMenporaLiga IndonesiaLiga Pelajar

Berita Terkini