x

5 Klub Olahraga Terkaya di Dunia 2017: MU Langkahi Barca

Kamis, 13 Juli 2017 14:29 WIB
Editor: Ramadhan
Momen Marouane Fellaini tengah selebrasi bersama trofi Liga Europa musim 2016/17.

Memiliki para pemain kelas dunia dengan kemampuan hebat di sebuah klub olahraga ternyata menjadi keuntungan tersendiri. Atlet-atlet hebat dengan deretan prestasi serta popularitas tinggi bisa dengan mudah mendatangkan banyak pundi-pundi uang bagi klub.

Mereka bisa meraup finansial dari gaji di klub, bonus meraih prestasi di sebuah kompetisi, bonus dari klub, sponsor, hingga jadi bintang iklan. Situasi itulah yang membuat pihak klub akhirnya kecipratan rezeki yang tak kalah melimpahnya dari seorang pemain.

Klub bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda dengan memiliki pemain hebat dan berprestasi untuk menggaet sponsor besar serta investor untuk datang. Tak cuma itu saja, di era modern saat ini, kontrak hak siaran televisi yang semakin tinggi menjadi sumber keuntungan bagi klub.

Majalah Forbes melansir ada sekitar 50 klub olahraga di dunia tahun 2017 ini, yang setidaknya dipastikan memiliki kekayaan senilai 1,75 miliar dolar AS atau mencapai Rp23,3 triliun.

Dallas Cowboys.

Baca Juga:

Klub sepakbola atau futbol Amerika yang merupakan anggota divisi timur dari National Football Conference (NFC) dalam National Football League (NFL), Dallas Cowboys, berhasil menggusur klub sepakbola Spanyol, Real Madrid, yang tahun lalu menempati tempat pertama. Dallas memiliki kekayaan mencapai angka 4,2 miliar dolar atau mencapai Rp56 triliun.

Lalu, ada di peringkat berapa Real Madrid serta Manchester United yang selalu masuk dalam daftar 10 besar tim olahraga terkaya versi majalah Forbes? Berikut ulasannya.


1. New York Yankees (Baseball)

undefined

New York Yankees merupakan salah satu tim baseball elit Amerika Serikat yang bermain di ajang Major League Baseball (MLB). Tahun 2016 kemarin, New York Yankees hanya menempati peringkat ketiga dan tahun ini berhasil menempati posisi kedua.

New York Yankees memiliki kekayaan senilai 3,7 miliar dolar atau mencapai Rp49,3 triliun. Sekadar informasi, New York Yankees adalah tim baseball yang bermain di di Divisi Timur American League dalam Major League Baseball.

Yankees tercatat sudah 39 kali menjadi juara liga. Tak hanya itu, sebagai pemenang American League, Yankees juga telah bermain di World Series dan hingga tahun 2009 merupakan tim yang terbanyak menjadi juara (27 kali).

New York Yankees.

2. Manchester United (Sepakbola)

undefined

Tak bisa dipungkiri bahwa Manchester United merupakan salah satu klub sepakbola terbesar di dunia. Popularitas United selama beberapa dekade selalu berada di papan atas, baik itu dari segi pemain, prestasi, hingga kekayaan.

Tahun 2017 ini, tim asuhan Jose Mourinho itu berhasil menempati posisi ketiga dalam daftar tim terkaya di dunia dengan nilai 3,69 miliar dolar atau mencapai Rp49,2 triliun. Padahal, tahun lalu saja, United hanya berada di peringkat kelima.

Meski begitu, beberapa bulan lalu, United justru didaulat sebagai klub yang memiliki utang paling banyak di dunia. UEFA melansir The Red Devils memiliki utang mencapai 536 juta euro atau senilai Rp7,8 triliun.

Menariknya, utang United tersebut justru berbanding lurus dengan pendapatan mereka. Tim yang bermarkas di Old Trafford itu memiliki pendapatan mencapai 521 juta euro atau mencapai Rp7,5 triliun di akhir tahun 2016 lalu.

Michael Carrick resmi jadi kapten baru Manchester United.

3. Barcelona (Sepakbola)

undefined

Raksasa asal Spanyol, Barcelona, menempati peringkat keempat sebagai klub olahraga terkaya di dunia versi majalah Forbes. El Barca kini terus berkembang pesat baik dari segi kerja sama sponsor dan terus memperluas jangkauan brand mereka hingga ke beberapa penjuru dunia.

Tim asal Catalan ini mengangkat sejumlah legenda mereka seperti Ronaldinho untuk menjadi duta klub yang bertugas mempromosikan klub ke seluruh dunia. Hal itulah yang menjadi salah satu strategi Blaugrana untuk semakin dikenal dunia dan meraup banyak keuntungan.

Tahun 2017 ini, Barcelona memiliki total kekayaan mencapai 3,64 miliar dolar atau mencapai Rp48,5 triliun.

Barcelona.

4. Real Madrid (Sepakbola)

undefined

Real Madrid harus puas berada di tempat kelima dan disalip rival abadi mereka, Barcelona, dalam daftar klub olahraga terkaya di dunia tahun 2017 ini. Real Madrid yang terkenal royal dalam berbelanja pemain memang mengubah sedikit citra mereka dalam dua musim terakhir.

Presiden Madrid, Florentino Perez, dan pelatih Zinedine Zidane, kini mengurangi untuk membeli pemain bintang. Mereka lebih memilih untuk membeli para pemain muda berbakat dengan harga yang relatif lebih murah dari biasanya.

Pengeluaran jor-joran pun bisa ditahan Los Blancos sejauh ini. Menariknya, dengan beberapa pemain muda, Madrid justru tetap berhasil meraih sejumlah prestasi gemilang seperti La Liga Spanyol dan Liga Champions.

Meski begitu, Madrid harus rela posisi mereka turun dari tahun sebelumnya yang menempat posisi pertama sebagai klub olahraga terkaya di dunia. Kini, Madrid memiliki kekayaan senilai 3,58 miliar dolar atau mencapai Rp47,7 triliun.

Real Madrid.
Real MadridManchester UnitedBarcelonaNew York YankeesDallas Cowboys

Berita Terkini