x

5 Maskot Klub Sepakbola Lucu yang Bikin Penonton Gemas

Sabtu, 5 Agustus 2017 18:55 WIB
Penulis: Nindhitya Nurmalitasari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Maskot Euro 2008

Maskot menjadi bagian penting bagi klub-klub sepakbola di era modern ini. Kehadirannya selalu membangkitkan semangat para pemain dan juga suporter yang datang melihat tim kesayangannya berlaga, terutama di stadion yang menjadi markas mereka.

Dilansir dari gijonlinenews.com (31/03/17), maskot dalam sepakbola internasional sudah muncul pada tahun 1966 ketika piala dunia pertama kali digelar di wilayah Inggris. Sejak saat itulah klub-klub sepakbola mulai menciptakan maskot-maskot mereka sendiri sebagai lambang keberuntungan.

Paul Pogba berjabat tangan dengan maskot Manchester United 'Fred the Red' pada saat pra-pertandingan pemanasan.

Tak hanya itu, maskot sebuah klub juga nyatanya dapat menjadi sumber pendapatan klub. Sebab mereka pun bisa dijual sebagai merchandise resmi, seperti yang dilakukan beberapa klub besar seperti Arsenal.

Baca Juga

INDOSPORT merangkum 5 maskot klub sepakbola populer yang tak hanya lucu tapi juga dicintai oleh para suporter, bahkan menjadi salah satu ikon penting bagi sebuah klub.


1. Bart Simpson (Zenit St.Petersburg)

Bart Simpson bersama pelatih Andre Villas-Boas (Zenit St.Petersburg).

Salah satu klub Liga Primer Rusia, Zenit St.Petersburg, menjadikan karakter Bart sebagai maskot timnya. Karakter berwarna kuning itu sendiri dikenal sebagai sosok yang paling nakal di antara tokoh-tokoh lainnya di serial kartun terkenal asal Negeri Paman Sam, The Simpsons.

Demi memperoleh hak penggunaan karakter Bart sebagai maskot klub, Zenit melakukan kesepakatan dengan pihak produser, 20th Century Fox, pada 2014 lalu. Lucunya, Bart juga sampai menjalani tes medis dan ikut latihan layaknya pemain sepakbola sungguhan. Zenit juga sempat merilis foto Bart bersama pelatih klub kala itu, Andre Villas-Boas.

Menariknya, kartun The Simpsons sebenarnya sempat dilarang tayang oleh pengadilan Rusia tahun 2008 silam lantaran dianggap kerap menayangkan adegan kekerasan dan mempropagandakan perilaku anti-sosial. Namun larangan ini kemudian dicabut menyusul adanya protes dari masyarakat, dilansir dari rbth.com (10/05/17).


2. Gunnersaurus Rex (Arsenal)

Maskot Gunnersaurus Rex, Arsenal.

Gunnersaurus Rex adalah maskot dari salah satu tim Liga Primer Inggris, Arsenal. Sosok dinosaurus lucu ini sendiri telah menjadi maskot The Gunners sejak 23 tahun lalu, tepatnya tahun 1994.

Dilansir dari Sportskeeda (28/01/17), ide awal penciptaan karakter berwarna hijau ini datang dari salah seorang penggemar cilik Arsenal bernama Peter Lovell. Peter yang kala itu masih berusia 11 tahun mendapatkan inspirasi dari film Jurassic Park.

Maskot Gunnersaurus Rex-Arsenal

Sampai saat ini Gunnersaurus masih dicintai dan sering muncul di berbagai momen. Terutama ketika Arsenal sedang melakukan parade kemenangan. Boneka Gunnersaurus pun turut dijual sebagai salah satu merchandise di toko online resmi milik klub yang bermarkas di Emirates Stadium tersebut.


3. Fred The Red (Manchester United)

Fred the Red, maskot Manchester United.

Manchester United juga memiliki maskot unik yang benar-benar merepresentasikan julukan klub, Setan Merah. Ia adalah sosok ‘Fred The Red’ yang juga dikenal sebagai Setan Merah itu sendiri.

Maskot Fred the Red-Manchester United

Dilansir dari The Sun (04/07/16), Fred telah setia menghiasi Old Trafford sejak tahun 1994 silam. Tahun lalu sempat terdengar desas-desus bahwa posisi Fred di dalam salah satu klub raksasa Liga Primer Inggris tersebut tengah terancam.

Untungnya, pelatih Jose Mourinho telah memperpanjang kontrak dari maskot dengan nomor punggung 55 ini, sehingga kini fans pun tak perlu khawatir tidak akan melihat sosoknya lagi di Theatre of Dreams.


4. Chirpy Cockerel (Tottenham Hotspur)

Maskot Chirpy Cockerel-Tottenham.

Klub Tottenham Hotspur memilih ayam jantan warna hitam untuk menjadi maskot resmi klub. Bukan tanpa alasan figur ini dipilih sebagai penyemangat para pemain maupun suporter ketika berlaga di White Hart Lane.

Maskot Chirpy Cockerel milik Tottenham Hotspur.

Chirpy Cockerel dipilih menjadi maskot lantaran kegemaran Harry Hotspur terhadap kegiatan sabung ayam. Harry Hotspur atau yang juga dikenal dengan Henry Percy sendiri merupakan salah satu bangsawan Inggris yang namanya diambil sebagai nama klub sepakbola ini.

Chirpy sendiri sering ikut bersama Spurs ketika klub ini mengadakan tur pramusim. Ia juga kerap ambil bagian dalam Derby Maskot, semacam acara perlombaan atletik tahunan yang diikuti oleh maskot-maskot dari klub olahraga maupun perusahaan.


5. Hammerhead (West Ham United)

Hammerhead (West Ham United).

Berbeda dengan maskot-maskot klub lain yang mayoritas terinspirasi dari figur hewan yang dimodifikasi sedemikian rupa, West Ham justru memilih karakter robot yang kepalanya menyerupai palu sebagai maskot resminya.

Hammerhead sendiri baru diperkenalkan tahun 2011 silam. Konon katanya, ide maskot ini muncul setelah petir menyambar salah satu bagian dari Iron Works yang merupakan tempat di mana klub ini berdiri, sebagaimana dilansir laman resmi klub.

Hammerhead (West Ham United).

Robot lucu ini kerap menghibur siapa saja yang menonton West Ham di kandang mereka di London Stadium.  

Manchester UnitedArsenalTottenham HotspurWest Ham UnitedZenit St. PetersburgBola Internasional

Berita Terkini