x

Terinspirasi Bali United, Indra Sjafri Siapkan 7 Playmaker di Timnas U-19

Selasa, 5 September 2017 00:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
Indra Sjafri saat memberikan wejangan kepada skuat Timnas U-19.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri mengaku saat ini memiliki skuat yang komplit terutama di lini tengah untuk bertarung di Piala AFF U-18 di Myanmar. Pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu menyatakan mempunyai tujuh pemain yang bisa diandalkan menjadi pengatur serangan.

"Saat ini saya punya 7 jenderal di lapangan tengah, kalau dulu satu saja," canda Indra Sjafri.

Indra Sjafri saat memberikan pidato sebelum ke Myanmar untuk mengikuti Piala AFF.

Soal playmaker di lini tengah Timnas U-19, pada edisi 2013 ia menciptakan pemain sekelas Evan Dimas serta Paulo Sitanggang. Indra juga menegaskan kebersamaan yang dianggapnya menjadi hal yang vital.

"Di sepakbola tidak bisa main sendiri, kalau menang, harus menang berjamaaah (bersama). Tidak bisa menang sendiri, ini yang harus ditekankan ke pemain," sambungnya meluruskan.

Evan Dimas dinilai menjadi salah satu bibit playmaker yang diorbitkan Indra Sjafri.

Demi menciptakan kekompakan tim, Indra Sjafri menjelaskan kalau ia ingin meniru apa yang dilakukan mantan timnya, Bali United. Menurutnya, skuat Serdadu Tridatu menerapkan nilai sepakbola yang sesungguhnya di lapangan, di mana setiap pemain mengesampingkan egonya demi kesuksesan bersama.

"Saya terinsipirasi dengan Bali United saat ini, kenapa? Karena pemainnya benar-benar tidak ego sama sekali. Saya juga ingin tularkan itu ke pemain Timnas U-19," tegas pelatih yang menjuarai Piala AFF U-18 pada 2013 lalu itu. 

Baca Juga

Pada Piala AFF U-18 tahun ini, Indra Sjafri diberikan tanggung jawab besar yakni mengulang raihan juara seperti tahun 2013 lalu. Terlebih dua tim sebelumnya yakni Timnas U-16 dan U-22 belum bisa membawa pulang trofi juara ke Tanah Air. 

amun, sebelum semua itu terwujud, Timnas U-19 terlebih dahulu harus melewati tantangan berat di babak grup B. Pasalnya Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan harus bersaing dengan melawan Myanmar, Brunei, Vietnam, dan Filipina.

Indra SjafriEvan DimasTimnas u-19Liga IndonesiaBali United FC

Berita Terkini