x

5 Brace Terbaik Ronaldo di Kancah Liga Champions

Kamis, 14 September 2017 15:45 WIB
Penulis: Nindhitya Nurmalitasari | Editor: Galih Prasetyo
Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo berhasil menunjukkan daya magisnya kala kembali mencetak brace untuk Real Madrid dalam pertandingan pertama Grup H Liga Champions 2017/18, Kamis (14/09/17) dini hari WIB.

Pada pertandingan melawan APOEL Nicosia di Santiago Bernabeu tersebut, Real Madrid menunjukkan dominasinya di sepanjang pertandingan. Tak heran, anak asuh Zinedine Zidane pun akhirnya mampu menggondol kemenangan setelah unggul 3-0.

Baca Juga

Ronaldo sendiri mencetak gol pembuka di menit ke-12 sebelum kembali membobol gawang APOEL lewat tendangan penalti di menit ke-51. Sementara satu gol Madrid lainnya disumbang oleh Sergio Ramos sepuluh menit kemudian.

Brace Ronaldo itu sendiri bukanlah yang pertama kalinya bagi pemain bernomor punggung 7 ini di kancah Liga Champions. Sebelumnya, ia juga pernah mencetak sederetan brace di beberapa laga lain yang menarik untuk disimak. 

Berikut ini brace tak terlupakan CR7 di Liga Champions yang berhasil dirangkum oleh INDOSPORT:


1. Final Liga Champions 2016/17: Real Madrid vs Juventus

Cristiano Ronaldo berselebrasi pasca menerima medali juara Liga Champions.

Tentunya masih lekat di ingatan para pencinta sepakbola bagaimana aksi menawan Cristiano Ronaldo di babak final Liga Champions 2016/17 yang berlangsung di Millennium Stadium, Cardiff, Wales, Minggu (04/06/17) dini hari WIB.

Pada laga prestisius tersebut, Real Madrid membombardir gawang Juventus dengan 4 gol. Sementara Juve harus betekuk lutut lantaran cuma mampu membalas dengan sebiji gol kreasi Mario Mandzukic.

Kesuksesan Madrid tersebut tak luput dari kontribusi Ronaldo. Pasalnya, pemain 32 tahun tersebut mampu mencetak dua gol ke gawang Gianluigi Buffon. Sementara dua gol Los Blancos dicetak oleh Casemiro dan Marco Asensio.

Ekspresi kecewa kiper Juventus, Gianluigi Buffon saat melewati trofi Liga Champions 2016/17.

Dua gol yang berhasil diciptakan oleh Ronaldo tersebut tak hanya mampu membawa timnya merengkuh trofi Liga Champions selama dua kali berturut-turut, tetapi juga membuat CR7 mencatat beberapa rekor pribadi.

Selain menahbiskan Ronaldo sebagai pemain pertama yang mencetak gol pada 3 pertandingan final Liga Champions (setelah berubah nama dari European Cup), brace tersebut juga membuatnya melampaui rekor 11 gol Lionel Messi. Luar biasa!


2. Liga Champions 2016/17: Real Madrid vs Bayern Munchen

Zinedine Zidane bersama Cristiano Ronaldo.

Pada Liga Champions musim lalu, Real Madrid berhasil mencundangi salah satu raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen. Pada leg pertama babak perempatfinal yang berlangsung di Allianz Arena, Kamis (13/04/17) dini hari WIB, Madrid mampu menuai kemenangan dengan skor akhir 2-1.

Kemenangan klub Ibu Kota Spanyol tersebut tak lain lahir dari kaki sang megabintang, Cristiano Ronaldo. Los Blancos sebenarnya sempat kertinggalan akibat gol Arturo Vidal di menit ke-25. 

Beruntung, Ronaldo dan kawan-kawan mampu bangkit secara gemilang di babak kedua. Bagaimana tidak, dua menit setelah babak kedua dimulai, peraih empat penghargaan Ballon d'Or itu langsung mencetak gol.

Tak berpuas diri dengan keadaan imbang, pada menit ke-77 Ronaldo pun kembali mencetak gol keduanya setelah menyambut umpan crossing dari Marco Asensio. Madrid pun berhasil mengamankan kemenangan di leg pertama.

Tren positif tersebut pun kemudian berlanjut di leg kedua yang berlangsung di Santiago Bernabeu. Bahkan pada laga tersebut mantan pemain Man United itu sukses mencetak hattrick alias tiga gol sekaligus.


3. Liga Champions 2014/15: Real Madrid vs FC Schalke 04

Selebrasi Cristiano Ronaldo (Real Madrid) saat mencetak gol ke gawang Barcelona.

Pada leg kedua babak perempatfinal Liga Champions 10 Maret 2015 silam, Real Madrid memang menuai kekalahan 3-4 dari FC Schalke 04. Meskipun begitu, pemain andalan mereka Cristiano Ronaldo tetap berhasil menorehkan rekor pribadi.

Ronaldo saat itu sukses mempertipis ketertinggalan Los Blancos berkat brace yang diciptakannya ke gawang Schalke di menit ke-25 dan ke-45. Satu gol Madrid yang kala itu masih diasuh Carlo Ancelotti dikreasikan oleh Karim Benzema di menit 52.

Selain itu, brace Ronaldo ini juga mengantarkannya menjadi top skor kompetisi Eropa sepanjang masa dengan 78 gol. Ia pun berhasil melampaui catatan Raul Gonzalez (77 gol) dan striker Barcelona, Lionel Messi (76 gol).

Sebagai informasi, meski mendulang kekalahan di pertandingan ini, El Real tetap keluar sebagai pemenang lantaran menang agregat 5-4 dari Schalke.


4. Liga Champions 2012/13: Real Madrid vs Galatasaray

Real Madrid vs Galatasaray.

Cristiano Ronaldo kembali berhasil menyelamatkan muka Real Madrid sekaligus mengamankan tiket ke semifinal Liga Champions musim 2012/13 pada pertandingan kontra raksasa Turki, Galatasaray, 10 April 2013 silam.

Pemain berdarah Portugal ini sendiri sukses menggagalkan upaya comeback Galatasaray lewat brace yang dicetaknya. Pada pertandingan tersebut, Madrid sebenarnya harus rela kalah 2-3 dari klub Liga Super Turki tesebut.

Meskipun begitu, Los Blancos yang kala itu masih berada di bawah tangan dingin Jose Mourinho tetap lolos ke semifinal kompetisi antarklub terbaik Eropa tersebut berdasarkan skor agregat. Mereka sendiri sudah mengoleksi 3 gol tanpa balas dari anak asuh Fatih Terim di leg pertama.


5. Liga Champions 2011/12: Real Madrid vs APOEL

Selebrasi pemain megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo usai menjebol gawang Apoel.

Keberhasilan Cristiano Ronaldo mencetak brace untuk Real Madrid saat melawan APOEL Kamis (14/09/17) dini hari kemarin sendiri menjadi semacam de javu bagi pemain 32 tahun ini.

Hal ini karena 5 tahun silam, tepatnya pada 4 April 2012 Ronaldo pernah mencatatkan prestasi serupa saat melawan klub Divisi Satu Siprus tersebut. Ia berhasil mencetak dua gol di menit ke-26 dan menit ke-75.

Brace Ronaldo saat itu pun mampu mempertegas keunggulan Los Blancos atas APOEL pada laga perempatfinal leg kedua Liga Champions musim 2011/12. Madrid sendiri berhasil panen gol dengan skor 5-2.

Sebelumnya, klub Ibu Kota Spanyol ini juga telah panen kemenangan 3-0 di leg pertama yang diselenggarakan pada 27 Maret 2012. Namun, pada kesempatan pertama itu CR7 gagal mempersembahkan sebiji gol pun meski bermain penuh selama 90 menit.

Real MadridCristiano RonaldoLiga ChampionsBayern MunchenJuventusGalatasaraySchalke 04APOELKualifikasi Liga ChampionsBola Internasional

Berita Terkini