x

4 Fakta yang Harus Diketahui soal Striker Anyar AC Milan Andre Silva

Jumat, 15 September 2017 17:56 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Andre Silva mulai meniti sukses bersama Milan.

Senyum para petinggi AC Milan saat ini tengah mengembang dengan sempurna. Bukan hanya karena skuat mereka baru saja meraih kemenangan besar 5-1 atas Austria Wien, Jumat (15/09/17). Namun karena melihat performa striker anyar mereka, Andre Silva.

Dalam kemenangan di Liga Europa tersebut, Silva untuk kali pertama menorehkan hat-trick di pentas Eropa. Membuat hati direksi Milan semakin senang karena upaya keras mereka dalam mendapatkan Silva berbuah manis.

Milan sempat melakukan beberapa kali penawaran kepada klub pemilik Silva sebelumnya, FC Porto. Klub Portugal itu memiliki klausul pembelian atas Silva sebesar 60 juta euro atau setara dengan 947 miliar rupiah. Milan berusaha menawar hingga nyaris separuh dari banderol tersebut, 36 juta euro. Hingga akhirnya kedua belah pihak sepakat di angka 38 juta euro (Rp599 miliar).

Setelah mengoleksi total 5 gol di ajang Liga Europa bersam Milan, kini tantangan yang sudah menanti Silva adalah menunjukkan ketajaman di Serie A. Berikut Fakta-fakta menarik soal Silva yang INDOSPORT sarikan dari berbagai sumber.

Baca Juga

1. Memulai Karier sebagai Gelandang

Andre Silva saat menjadi andalan di lini depan FC Porto.

Andre Silva dibeli AC Milan untuk mengisi pos striker utama klub tersebut. Ketajamannya memang tak perlu diragukan lagi. Musim lalu dia menyumbang 21 gol dalam 44 penampilan di semua kompetisi bersama FC Porto. Dari total gol tersebut, 16 di antaranya dilakukan Silva di ajang Liga NOS Portugal.

Meski sekarang lebih dikenal sebagai penyerang tajam, pemain 21 tahun ini ternyata mengawali karier sebagai gelandang. Salah satu faktor yang membuat dia dimainkan sebagai gelandang adalah pergerakan kakinya yang cepat dan pintar mengkreasikan peluang untuk mencetak gol.

"Sebelum saya bergabung ke Porto, saya bermain sebagai gelandang dan dimainkan di sektor sayap. Sejak tiba di Porto saya lebih banyak bermain di tengah, dan saya sempat merasa posisi ini kurang pas bagi saya. Tapi seiring waktu, saya terus meningkatkan kemampuan dan ketajaman yang kini membawa saya kepada level saat ini," ungkap Andre Silva kepada Forzaitalianfootball.com.

Baca Juga

2. Di Bawah Naungan Jorge Mendes

Cristiano Ronaldo bersama agennya, Jorge Mendes.

Bagi yang kerap memantau bursa transfer, pastilah mengenal sosok Jorge Mendes. Seluruh pemain bintang asal Portugal berada di bawah naungannya. Sejak era Luis Figo, Rui Costa, hingga Cristiano Ronaldo, Mendes selalu sukses menjadikan mereka klien dari dirinya.

Begitu pula dengan Andre Silva. Naluri tajam dari Mendes lah yang membuat dia segera mengikatkan diri dengan Silva.

Menariknya, Silva sebenarnya sempat masuk daftar buruan Manchester United. Kebetulan, salah satu klien dari Jorge Mendes adalah Jose Mourinho. Setan Merah tengah mencari striker muda potensial untuk menggantikan Wayne Rooney yang semakin menua dan tidak akan diperpanjang kontraknya.

Namun, rupanya Mourinho lebih tertarik mendatangkan Romelu Lukaku meski harus mengeluarkan dana jauh lebih besar.  Sehingga Mendes pun akhirnya membantu Milan untuk mengirim Silva ke Italia.

Baca Juga

3. Disukai Cristiano Ronaldo

Andre Silva diyakini Cristiano Ronaldo mampu menjaga Portugal sebagai tim kuat di Eropa.

Sekilas, gaya main Andre Silva cukup mirip dengan Cristiano Ronaldo. Sama-sama mengandalkan kecepatan kaki dan punya tendangan yang akurat. Bedanya, kini Silva lebih banyak beroperasi di kotak penalti. Bukan dari sektor sayap seperti Ronaldo.

Megabintang Real Madrid itu pun pernah mengungkapkan rasa sukanya atas kehadiran Silva. Keduanya memang sempat tampil bersama saat membela Portugal sepanjang 2017. Ronaldo bahkan pernah meminta Madrid untuk mendatangkan Silva di bursa transfer musim ini.

"Ketika saya pensiun nanti, Portugal akan tetap berada di tangan yang tepat. Kami punya penyerang hebat bernama Andre Silva," ucap Ronaldo pada Maret lalu, seperti dikutip Bleacher Report.

Baca Juga

4. Pernah Dalami Karate

Andre Silva di awal karier bersama FC Porto.

Andre Silva rupanya punya jiwa olahragawan yang sangat kuat. Sepakbola bukan satu-satunya olahraga yang pernah dia tekuni. Sejumlah olahraga lain juga sempat dilakoni dan dia melakukannya dengan serius.

"Saat saya kecil, saya mencoba banyak olahraga seperti karate dan hoki. Saya selalu menyukai kemenangan dan itu selalu saya upayakan dalam olahraga yang saya jalani. Saya akhirnya memilih sepakbola karena ini adalah olahraga setiap orang. Sepakbola dimainkan oleh banyak orang dan mudah dilakukan di lapangan sekolah," jelas Silva.

Pilihan Silva memang tepat. Kini dia mulai membangun karier yang bagus sebagai pemain sepakbola profesional bersama AC Milan.

Baca Juga
Serie A ItaliaAC MilanFC PortoAndre Silva

Berita Terkini