x

Alexis Tutup, Ini Pesepakbola yang Merambah Bisnis Hotel

Selasa, 31 Oktober 2017 00:57 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi Hotel Alexis.

Hari ini pemberitaan mengenai jasa penginapan dengan membayar biaya sewa yang sangat melegenda di Jakarta, yakni Hotel Alexis, resmi ditutup oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Mengenai tentang hotel, di dunia sepakbola, bangunan tersebut sangat dibutuhkan ketika ada sebuah klub atau tim nasional akan melakukan pertandingan tandang ke markas lawan. Hotel dapat menjadi tempat singgah sementara bagi suatu kesebelasan.

Baca Juga

Bahkan dalam pagelaran akbar sepakbola seperti Piala Dunia, Piala Eropa, atau semacamnya, sebuah hotel menjadi pilihan pertama yang menjadi opsi sebuah kesebelasan untuk tempat singgah sementara usai pertandingan.

Selain itu, pemilihan hotel juga diseleksi oleh manajemen suatu kesebelasan agar beban biaya pengeluaran klub dapat dihitung dengan cermat supaya tidak merugikan klub itu sendiri. Mulai dari jarak tempat singgah tersebut ke stadion, tempat latihan, dan macam-macam.

Ngomong-ngomong tentang hotel, ternyata ada beberapa pesepakbola yang merambah ke dunia bisnis properti dengan berinvestasi di bidang perhotelan. Tentu hal tersebut dapat membuat lapangan pekerjaan baru bagi lingkungan sekitar.

Berikut beberapa pesepakbola yang memiliki bisnis hotel, berhasil INDOSPORT rangkum.


1. Cristiano Ronaldo

Selebrasi pemain megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo usai menjebol gawang Apoel.

Siapa yang tidak mengenal pesepakbola satu ini. Cristiano Ronaldo yang baru saja mendapatkan penghargaan sebagai FIFA Best Player 2017, juga mulai merambah usaha perhotelan. Bisnis ini ia persiapkan untuk masa pensiun nanti dari dunia si kulit bundar.

Tidak tanggung-tanggung ia menanamkan modal lebih dari US$ 40 juta (sekitar Rp554,80 miliar) langsung untuk empat hotel yang dikembangkan grup Hotel Pestana, Portugal. Pada tahun 2016 saja Ronaldo meresmikan Pestana CR7 Hotel di Funchal, Portugal.

Selain itu pada akhir tahun yang sama, pemain 32 tahun itu membuka hotel kedua bernama Pestana CR7 Lisbon. Lalu dua hotel berikutnya akan hadir di Madrid dan satunya lagi di New York. Keempat hotel tersebut masing-masing akan memiliki 100 kamar.


2. Lionel Messi

Lionel Messi mencetak 2 gol di babak pertama saat Barcelona menjamu Espanyol.

Maestro lapangan hijau asal Argentina, Lionel Messi juga mengikuti jejak Ronaldo yang menggeluti dunia bisnis hotel. Pada Juni 2017, La Pulga membeli sebuah hotel bintang empat di pinggiran Barcelona.

Untuk mengakuisisi hotel tersebut, pemain bernomor punggung 10 itu harus merogoh uang hingga 30 juta euro (Rp447 miliar). Hotel yang bernama MiM Sitges itu memiliki 77 kamar dan diperkirakan mematok harga 250-300 euro per malam.

Selain itu Messi juga mendirikan perusahaan di bidang investasi hotel dan apartemen dengan nama Rosotel. Pemain 30 tahun tersebut bertindak sebagai presiden dan saudaranya yang bernama Rodrigo didaulat menjadi pengelola.


3. Gary Neville dan Ryan Giggs

Ryan Giggs dan Gary Neville.

Mantan penggawa Manchester United, Gary Neville dan Ryan Giggs ikut meramaikan para pesepakbola yang menginvestasikan uangnya di dunia perhotelan. Pada tahun 2014 Neville dan Giggs meresmikan hotel bernuansa sepakbola pertama di dunia di seberang komplek Stadion Old Trafford.

Kedua orang tersebut menjajaki bisnis hotel itu di bawah naungan GG Hospitality. Selain itu mereka juga mulai merambah bisnis properti ke pasar Asia, seperti China, Thailand, India, Singapura, dan Malaysia.


4. Anthony Yeboah

Mantan pemain Leeds United, Anthony Yeboah.

Mantan penyerang Leeds United, Anthony Yeboah juga ikut merambah bisnis perhotelan di tempat kelahirannya, Ghana. Setelah menyatakan pensiun dari lapangan hijau pada tahun 2002, ia mendirikan hotel dengan nama Yegoala Hotel di Ibukota Ghana, Accra dan kota terbesar kedua, yakni Kota Kumasi.

Biaya untuk menginap di hotel tersebut mulai dari harga 77 euro per malam. Hotel tersebut bahkan pernah diinapi oleh penggemar Leeds United. Selain itu Yeboah juga menjalankan bisnis lain sebagai agen pesepakbola yang bernama Anthony Yeboah Sports Promotion.

Yegoala Hotel Accra.
Cristiano RonaldoLionel MessiRyan GiggsGary NevilleBola Internasional

Berita Terkini