x

Deretan Anak Didik Gian Viero Ventura Bernasib Apes

Kamis, 16 November 2017 15:49 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Pelatih Timnas Italia, Giampiero Ventura (kanan) dalam sesi latihan.

Gian Piero Ventura resmi dipecat dari kursi pelatih Timnas Italia pada Rabu (15/11/17). Ventura dipecat setelah ia gagal membawa Timnas Italia lolos dari babak play-off Piala Dunia 2018. 

Baca Juga

Gli Azzuri hanya bermain imbang 0-0 di kandang setelah pada partai tandang dikalahkan Swedia 1-0. Tidak lolosnya Italia ke Piala Dunia 2018 ini merupakan kali pertama Negara Menara Pisa itu gagal ke Piala Dunia sejak tahun 1958.

Banyak faktor yang menjadi penyebab kegagalan Italia, salah satunya adalah faktor Gian Piero Ventura sendiri. Ventura dianggap sebagai biang kerok gagalnya Italia ke Rusia tahun depan. 

Gian Ventura, pelatih Timnas Italia.

Sejak awal melatih Italia, Ventura memang banyak diragukan untuk berprestasi. Hal ini tak lepas karena karier Ventura yang lebih banyak menukangi tim kecil. 

Saat Ventura masih melatih beberapa tim kecil, ia melatih beberapa nama pemain. Namun beberapa nama pemain tersebut mengalami nasib yang hampir sama dengan Ventura.

Beberapa pemain yang sudah dihimpun INDOSPORT ini mengalami kemunduran dan nasib kurang baik dalam karier sepakbolanya. 


1. Massimo Donati

Massimo Donati

Massimo Donati mengawali karier profesionalnya bersama Atalanta pada musim 1999/00. Setelah dua musim membela Atalanta, Donati pindah ke klub kota mode AC Milan. Namun Donati hanya bermain sebanyak 17 kali di AC Milan. 

Meskipun sebenarnya Donati dikontrak Milan dari tahun 2001-2007, namun sebagian besar dari tahun-tahun tersebut dihabiskan Donati berpindah dari satu klub ke klub lain dengan status pinjaman. Donati pernah dipinjamkan Milan ke Parma, Torino, Sampdoria, dan Messina. 

Logo AC Milan

Karena tak tampil cemerlang dan lbh banyak dipinjamkan, Donati dijual ke Celtic. Namun di Celtic Donati juga gagal bersinar, dari dua musim bersama Celtic ia hanya bermain 31 kali. Akhirnya ia pindah ke Bari pada musim 2009/10, pada saat itulah DOnati dilatih oleh Ventura. 

Namun Donati juga belum mendapat prestasi berarti. Akhirnya setelah tiga musim bersama Bari, Donati pindah semusim di Palermo, dan semusim di Hellas Verona, sebelum kembali ke Bari di tahun 2014-2016. 

Dan selanjutnya Donati terlempar ke klub Skotlandia, Hamilton Academical hingga kini. 


2. Cristian Bucchi

Cristian Bucchi

Sebelum menjadi pelatih dan kini melatih Sassuolo, Cristian Bucchi malang melintang berbagai klub. Sebagian besarnya adalah klub-klub di Serie B Liga Italia. 

Bucchi pun dijuluki sebagai 'Raja Serie B', namun julukan ini bukan dalam artian prestasi yang bagus. Bucchi malang melintang di banyak klub Serie B, dan kebanyakan ia tak mampu tampil mengesankan. Terlebih lagi ia lebih banyak menjadi pemain pinjaman. 

Tercatat Cristian Bucchi bermain di delapan klub berbeda dengan status pinjaman. Dan dalam periode itu paling banyak ia bermain sebanyak 30 pertandingan dalam semusim. Namun pernah pula Bucchi hanya bermain 10-13 kali dalam semusim.


3. Iago Falque

Caption

Satu lagi mantan anak asuh Ventura yang menjadi pemain spesialis pinjaman adalah Iago Falque. Sebelum bertahan tiga musim di Torino sejak tahun 2016, Iago berulang kali berpindah klub. Sebagian besar diantaranya adalah sebagi pemain pinjaman. 

Pada tahun 2008, Iago pindah dari Barcelona B ke Juventus. Alih-alih menjadi pemain muda andalan, Iago justru dipinjamkan ke Bari. Di Bari ia dilatih Gian Piero Ventura, namun karirnya tak membaik. Iago tak pernah diturunkan sekalipun pada musim itu. Akhirnya ia dipinjamkan ke Villareal B dan sempat bermain sebanyak 36 pertandingan dan mencetak 11 gol.

Selebrasi Iago Falque pada laga saat melawan ChievoVerona (26/11/16).

Penampilannya membuat Tottenham Hotspurs kepincut untuk meminjamnya. Akan tetapi Iago tak pernah diturunkan bertanding sekalipun. Meskipun musim berikutnya Iago dipermanenkan oleh Tottenham, ia hanya bermain dalam satu pertandingan. Dan kembali dipinjamkan ke Southmpton dan Almeria pada dua musim berikutnya. 

Meskipun saat masih junior Iago sering memperkuat Timnas Spanyol U-17 dan U-19, namun karena ia sangat jarang tampil di klub membuatnya sampai saat ini tidak dipanggil ke Timnas Senior Spanyol. 

Iago FalqueBola InternasionalGian Piero Ventura

Berita Terkini