x

Cerita Domy Stupa, Fingerstyle Guitarist yang Bikin Suporter Menangis

Kamis, 23 November 2017 16:32 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Galih Prasetyo
Domy Stupa penggiat cover lagu suporter.

Awalnya iseng-iseng, kini Domy Stupa terkenal sebagai tukang cover lagu berbagai suporter sepakbola Indonesia. Pria kelahiran Yogyakarta, 26 tahun yang lalu tersebut mengenalkan dirinya sebagai fingerstyle guitarist.

Domy memang hoby mengcover lagu-lagu untuk diunggah ke akun media sosialnya, terutama Youtube. Namun, semuanya berubah setelah dia mencoba untuk menyanyikan ulang chant suporter sepakbola.

“Awalnya memang sering cover-cover lagu. Sebenarnya tidak mengarah ke suporter. Begitu menonton sepakbola pertama kali, ada anthem, itu memang akhirnya saya inisiatif cover itu lagu,” ujar Domy saat dihubungi INDOSPORT.

“Pertama lagu yang di-cover adalah Aku Yakin Dengan Kamu (AYDK), lagunya suporter PSIM Yogyakarta. Setelah itu, setelah saya cover, saya posting di akun Instagram dan Youtube. Begitu posting, respons luar biasa sekali dari suporter. Respons positif dicover dengan kemasan yang berbeda. Karena saya covernya dalam bentuk fingerstyle guitar,” katanya menambahkan.

Domy Stupa penggiat cover lagu suporter.

Setelahnya, Domy mulai melirik untuk mengcover beberapa chant maupun anthem suporter klub sepakbola lainnya. Dari situ, dirinya mendapat tawaran untuk manggung di suatu pertandingan.

“Kemudian beberapa suporter langsung masuk, kasih saran, kita ada anthem suporter yang lain. Mulailah lagu PSS Sleman, Persija Jakarta juga, dan Persebaya Surabaya. Akhirnya saya cover dan saya unggah, saya mulai konsen ke anthem suporter saja,” beber Domy.

“Tanpa sengaja dengan saya posting ke media soisal itu, ada beberapa permintaan, kenapa tidak mengisi langsung di stadion. Iringi kita. Saya coba menghubungi panpel untuk mengondisikan situasi itu di Piala Presiden waktu pertama kali di Sleman, PSS lawan Persegres Gresik United. Saya posting. Awalnya dari itu, pecah banget videonya. Akhirnya mulai banyak tawaran di stadion dan komunitas suporter lain,” cerita pria kelahiran 13 Juli 1991 ini.

Domy Stupa penggiat cover lagu suporter.

Sebagai peng-cover chant suporter, Domy tentu memiliki kenangan favorit yang selalu melekat di dalam ingatannya. Pada suatu kesempatan, Domy pernah melihat ada pendukung yang menangis karena tersayat dalam petikan gitar yang dia kumandangkan.

“Ketika saya selesai bermain kemudian saya unggah di Youtube, video-video sudah tersebar itu ternyata saat saya main, ada yang sampai nangis, ada yang menghayati. Benar-benar pecah suasana, mereka sangat terharu dengan petikan gitar yang saya bawakan. Itu rasanya seperti sudah timnya menang, dan saya bernyanyi seperti itu rasanya luar biasa,” ujar Domy.

Salah satu alunan gitarnya yang paling terkenal adalah anthem dari suporter Persija, Jakmania. Mereka kompak bergemuruh dengan arahan gitar dari Domy.

Persija JakartaThe JakmaniaPSIM YogyakartaPSS SlemanLiga IndonesiaDomy Stupa

Berita Terkini