x

5 Catatan Dominan Barcelona di Derby Catalan

Jumat, 2 Februari 2018 21:43 WIB
Penulis: Fransdian Ricardo Purba | Editor: Rizky Pratama Putra
Barcelona

Pertandingan derby catalan yang ke-208 akan tersaji saat Espanyol menjamu tamunya Barcelona di partai lanjutan La liga pekan ke 22 pada 04 Februari 2018. Dari 208 pertandingan yang sudah mereka jalani disemua ajang hingga saat ini, Barcelona mampu tampil mendominasi saat bersua dengan rival sekota nya tersebut.

Baca Juga

Kedua tim tercatat sudah melakoni laga La liga ke 167 yang merupakan kasta tertinggi sepakbola Spanyol. Dari 167 kali penampilan tersebut, Barcelona mampu menang 97 kali, 36 seri dan sisanya kalah saat menghadapi Espanyol.

Dari 11 kali pertemuan mereka di La Liga dalam 5 tahun terakhir antara musim 2013 hingga 2018.  Barcelona selalu tampil mendominasi dengan mencatatkan 10 kali kemenangan dan seri sekali.

Namun kali ini INDOSPORT merangkum kemenangan terbesar Barcelona saat berhadapan dengan Espanyol  dalam kurun 5 tahun terakhir mereka di kompetisii La Liga Spanyol.


1. Barcelona 4-0 Espanyol ( 07 Januari 2013 )

Barcelona melakukan perayaan gol.

Barcelona mengandaskan perlawanan sang tamu dengan cepat dengan melesakkan  empat gol di paruh pertama. pemain tengah Xavi  Hernandez membuka keran gol Blaugrana di menit ke- 10  lalu digandakan oleh pedro Rodriguez di menit ke 15. 
Pedro kian menenggelamkan sang tamu berkat golnya yang ke dua untuk Barcelona pada menit 27 sebelum akhirnya sang bintang Lionel Messi  mengunci kemenangan Barcelona dengan skor 4-0 pada menit ke -29.


2. Barcelona 5-1 Espanyol ( 07 Desember 2014 )

Barcelona

Bacelona mampu mengalahkan Espanyol di Camp Nou meski tertinggal terlebih dahulu berkat gol yang dicetak oleh pemain Espanyol, Sergio garcia pada menit ke-14. 
Tak ingin dipermalukan di hadapan pendukungnya sendiri, para pemain Barcelona menaikkan intenstitas serangan dalam menyerbu pertahanan Espanyol. Hasilnya Messi mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di masa injury time babak pertama. 
Memasuki Babak ke dua, Barcelona kian menggempur pertahanan milik sang tamu.  Baru 5 menit babak ke dua di mulai, Messi kembali mencatatkan namanya berkat gol yang ia lesakkan di menit ke 50. 
Espanyol kian tertinggal setelah pemain bertahan Gerard Pique juga mencatatkan namanya di menit 55. Belum puas dengan skor 3-1, Barcelona kembali mencetak angka setelah winger Pedro Rodriguez juga mencetak gol pada menit ke 77. 
Selang 3 menit kemudian, Messi mencetak Hattricknya di menit 81 yang membuat Espanyol kian menderita dengan skor 5-1.


3. Barcelona 5 - 0 Espanyol ( 08 Mei 2016 )

Barcelona

Barcelona kembali menang besar saat menjamu tim sekotanya di hadapan pendukungnya sendiri.  Dalam pertemuan kali ini, Barcelona tidak menemukan perlawanan yang berarti dari sang tamu. 
Bahkan di menit ke 8 babak pertama, Barcelona sudah memimpin berkat gol yang di cetak oleh Messi di menit ke 8. keunggulan itu bertahan hingga babak pertama usai. Namun memasuki babak ke dua, Barcelona kian menjadi-jadi. 
Buktinya mereka mampu mencetak 4 gol saat babak ke dua berlangsung. Penyerang Luis Suarez mencetak gol kedua dan ketiga Barcelona di menit 52 dan menit ke 61. 
Tak puas dengan skor 3-0, pemain Barcelona kembali mencetak skor melalui pemain tengah Rafinha di menit 74 sebelum akhirnya Neymar mencatatkan namanya di menit 83 dan membawa Barcelona unggul 5-0 pada pertandingan itu.


4. Barcelona 4 - 1 Espanyol ( 19 Desember 2016 )

Suarez dan Paulinho mlakukan selebrasi usai mencetak gol

Espanyol lagi lagi tak berkutik ketika berhadapan dengan Barcelona.  Mereka harus pulang dengan kepala tunduk setelah dihempaskan oleh Barcelona saat berkunjung ke Camp Nou.  Penyerang Barcelona, Luis Suarez membuka keran gol tuan rumah saat laga memasuki menit ke 18 dan membawa Barcelona unggul di paruh pertama. 
Memasuki Babak ke dua, Luis Suarez kembali mencetak gol ke dua Barcelona pada menit ke 67. Bahkan selang semenit kemudian barcelona kian jauh unggul setelah bek kiri  Jordi Alba mencatatkan namanya di papan skor pada menit 68. 
Tertinggal 3-0, Espanyol hanya mampu memperkecil ketinggalan setelah Gelandang David Lopez mencatatkan namanya di menit ke 79. Namun Espanyol kian tenggelam setelah Messi sang bintang Blaugrana membawa timnya unggul 4-1 di masa injury time babak ke dua.


5. Barcelona 5 - 0 Espanyol ( 10 September 2017 )

Gerard Pique saat tampil membela Barcelona di semifinal Copa del Rey.

Laga derby ini merupakan pertemuan pertama mereka di La Liga musim 2017/18. Pada pertandingan itu Barcelona kembali menumpaskan perlawan sang tamu dengan skor yang mencolok. Bahkan dipertandingan ini, Messi mencetak Hattrick nya untuk Barcelona.
Lionel messi membawa timnya unggul 2-0 di paruh pertama setelah ia mencetak gol di menit 26 dan 35. Bahkan di babak ke dua Messi kembali mencetak gol ketiganya di menit 67 sekaligus menajdi Hattricknya di pertandingan itu.  
Pemain bertahan Gerard Pique juga tidak mau ketinggalan untuk mencatatkan namanya. Suami Shakira itu berhasil membawa timnya unggul 4-0 dimenit 87. Penyerang Luis Suarez menutup kemenangan Barcelona dengan skor 5-0 di masa injury time babak ke dua.

Namun kemenangan mencolok di atas semuanya terjadi saat Barcelona bermain di hadapan pendukungnya sendiri. Dalam kurun 5 tahun terakhir, kemenangan besar Barcelona di kandang Espanyol terjadi ketika keduanya bentrok pada 30 April 2017 dengan skor  3-0.

BarcelonaLaLiga SpanyolEspanyolCatalanLiga Spanyol

Berita Terkini