x

6 Calon Pengganti Conte di Kursi Pelatih Chelsea

Selasa, 6 Februari 2018 10:36 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Antonio Conte, pelatih Chelsea.

Antonio Conte saat ini masih diikat kontrak hingga Juni 2019 nanti. Meski demikian, bukan berarti pada akhir musim 2017/18 ini Conte tidak bisa meninggalkan The Blues lebih cepat.

Pasalnya, Conte di musim ini terancam gagal mempertahankan gelar Liga Primer Inggris yang diraihnya pada musim 2016/17 kemarin.

Kalah dengan skor telak dua kali beruntun dari tim papan bawah, (0-3 dari AFC Bournemouth dan 1-4 dari Watford) membuat posisi mantan pelatih Chelsea ini semakin tidak aman.

Baca Juga

Bagi penggemar sepakbola sejati, khususnya suporter Chelsea ataupun pencinta sepakbola Inggris, pastinya telah tahu jika Roman Abramovich tidak segan untuk memecat pelatihnya, meski sang pelatih telah berandil besar dalam memberikan gelar juara.

Tak terkecuali Antonio Conte yang bisa saja didepak andai pada musim ini ia gagal memberikan gelar bergengsi. Bahkan, bukan tidak mungkin juga jika pria yang pernah tangani Timnas Italia itu dipecat dalam waktu dekat atau sebelum musim ini berakhir.

Roman Abramovich, pemilik Chelsea.

Menariknya, Conte sendiri juga tidak masalah jika dirinya dipecat. Sebab, pada pertengahan musim 2016/17 kemarin di musim perdananya bersama tim London Barat, ia sudah mengaku rindu dengan tanah airnya, Italia.

Jadi, jika benar dipecat maka Conte akan kembali melatih salah satu klub di Negeri Spaghetty tersebut. Apalagi, cukup banyak klub-klub Italia yang pastinya berminat untuk dilatih olehnya.

Nah, berikut ini INDOSPORT akan memaparkan ada sekitar enam calon pelatih yang bisa menjadi juru taktik Chelsea  di musim 2018/19 mendatang:


1. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel, pelatih Borussia Dortmund.

Di akhir musim 2016/17 kemarin, Tuchel memutuskan untuk tidak menambah masa baktinya bersama Borussia Dortmund dan sampai sekarang, pelatih asal Jerman itu masih menganggur alias tidak melatih klub apapun.

Thomas Tuchel juga sempat dikaitkan dengan Chelsea pada awal musim 2017/18, ketika beredar kabar miring yang menyebut Antonio Conte mempunyai hubungan yang buruk dengan tim manajemen The Blues.

Saat itu juga ada dua pemberitaan yang ramai dibicarakan di kubu Chelsea, yaitu antara Conte yang akan dipecat atau Conte yang memilih untuk mengundurkan diri.

Di saat rumor tersebut berembus kencang, nama Thomas Tuchel langsung mencuat sebagai kandidat utama untuk menjadi penggantinya.

Hal itu karena tim manajemen Chelsea disebut-sebut terkesan dengan gaya permainan Tuchel saat melatih Dortmund, di mana ia bisa memperagakan gaya bermain khas Timnas Jerman, yaitu pressing dan counter attack yang juga kerap dilakukan oleh pelatih asal Jerman lainnya, Jurgen Klopp di Liverpool.

Dengan demikian, bukan tidak mungkin Chelsea akan kembali menjadikan nama Tuchel sebagai salah satu kandidatnya.


2. Luis Enrique

Luis Enrique, mantan pelatih Barcelona.

Serupa dengan Thomas Tuchel, pada akhir musim 2016/17 lalu, Luis Enrique juga memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya di Barcelona.

Hingga sekarang Enrique juga masih menganggur. Nah, beberapa pekan yang lalu dikabarkan jika Chelsea memasukan nama Luis Enrique sebagai calon pengganti Conte di musim 2018/19 nanti.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika tim manajemen Chelsea juga menginginkan para pemainnya dapat memperagakan permainan indah layaknya tiki-taka yang pernah diperagakan oleh Pep Guardiola di Barcelona dulu.

Sama-sama berasal dari Jebolan La Masia dan juga legenda Blaugrana, Enrique juga tentunya dapat menerapkan gaya permainan sepakbola modern tersebut.

Bisa dibilang, Enrique sebagai kandidat kuat untuk menggantikan Antonio Conte jika dipecat pada akhir musim 2017/18 nanti.


3. Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti, mantan pelatih Bayern Munchen yang juga pernah melatih Chelsea.

Dari awal hingga pertengahan musim 2017/18 ini, permainan Chelsea benar-benar jauh dari kata konsisten.

Bisa dibilang hal itu karena Conte tengah mencoba taktik baru dari 3-4-3 menjadi 3-5-2 atau 3-4-2-1, sehingga tentunya para tim besutannya membutuhkan waktu agar dapat menyesuaikan strategi baru tersebut.

Sayangnya, taktik ini membuat Tim London Barat mendapatkan banyak hasil yang jauh dari kata memuaskan sehingga rumor pemecatan Conte terus berembus kencang.

Nah, di saat itu juga muncul kabar yang menyebutkan Abramovich kembali tertarik untuk mendatangkan lagi pelatih asal Italia lainnya, Carlo Ancelotti.

Ancelotti sendiri bukanlah nama asing di Stamford Bridge, sebab dirinya juga pernah menyumbangkan gelar Liga Primer Inggris untuk The Pensioners di musim 2009/10.

Sayangnya, pada musim berikutnya mantan pelatih AC Milan ini gagal mempersembahkan atau mempertahankan gelar sehingga dirinya langsung dipecat di akhir musim walau kontraknya belum berakhir.

Di sisi lain, ternyata Ancelotti juga tertarik dan bersedia agar mendapatkan kesempatan kedua untuk menukangi klub Ibu Kota Inggris tersebut.


4. Maurizio Sarri

Maurizio Sarri, pelatih Napoli.

Nama pelatih Napoli ini juga masuk dalam kandidat pelatih Chelsea. Permainan menyerang yang disajikan olehnya bersama tim dari Serie A Italia itu benar-benar membuat Napoli dapat memberikan persaingan yang sengit dengan Juventus.

Dalam beberapa musim terakhir, Chelsea memang lebih banyak menyuguhkan permainan bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Seandainya saja ditangani oleh Sarri, maka gaya bermain The Blues tentunya dapat berubah dengan lebih banyak menyajikan permainan menyerang.


5. Laurent Blanc

Laurent Blanc, mantan pelatih PSG.

Untuk juru taktik yang satu ini besar kemungkinan akan dijadikan Chelsea sebagai opsi terakhir. Sebab, Blanc juga belum melatih klub sejak terakhir membesutParis Saint-Germain (PSG) di musim 2015/16 lalu.

Gaya permainan tim yang ditangani Blanc bisa dikatakan pragmatis, sehingga ia sepertinya tidak akan kesulitan untuk bisa melatih tim asal London Barat.

Sebab, Chelsea juga pernah memainkan gaya permainan tersebut ketika ditangani oleh Jose Mourinho yang saat ini melatih Manchester United.


6. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid.

Nasib Zinedine Zidane di Real Madrid kurang lebih sama seperti yang dialami Antonio Conte. Ya, setelah memberikan gelar La Liga Spanyol dan Liga Champions di musim 2016/17 kemarin, pada musim 2017/18 ini Madrid benar-benar rapuh.

Tidak sedikit yang menyebut kebijakan transfer Zidane pada musim ini menjadi faktor utama melempemnya Madrid di musim ini.

Sejumlah pilar yang berkualiat bagus dilepas oleh pelatih asal Prancis tersebut, sedangkan dirinya hanya mendatangkan dua pemain saja dan itu pun masih muda dan masih minim pengalaman.

Kendati demikian, Zidane masih juga dapat menyajikan gaya bermain sepakbola yang indah dan enak untuk dilihat.

Chelsea bisa saja mendatangkannya jika mereka benar-benar memecat Conte, ditambah dengan pengakuan Zidane yang tertarik untuk dapat melatih megabintang Chelsea, Eden Hazard.

Tentu membuat peluang itu semakin besar dan bukan tidak mungkin Zidane bersedia untuk melatih Hazard dan kawan-kawan.

Jadi, jika Zidane melatih Chelsea maka dapat dipastikan ia akan memaksimalkan Eden Hazard sebaik mungkin.

ChelseaZinedine ZidaneCarlo AncelottiAntonio ConteLaurent BlancLuis EnriqueLiga Primer InggrisThomas TuchelMaurizio SarriLiga Inggris

Berita Terkini