x

3 Fakta Menarik Pertandingan Chelsea vs Barcelona

Rabu, 21 Februari 2018 07:41 WIB
Editor: Gerry Crisandy
Barcelona berhasil tahan imbang Chelsea dengan skor 1-1.

Pertandingan leg pertama antara jawara Liga Primer Inggris musim lalu dan pemuncak klasemen La Liga Spanyol musim ini berakhir dengan skor imbang 1-1.

Secara keseluruhan, seperti yang diperkirakan, Barcelona mendominasi penguasaan bola di pertandingan, meskipun bermain sebagai tim tamu. Chelsea, di sisi lain, sebagai tuan rumah di Stamford Bridge, cenderung membiarkan Barcelona memainkan bola, tapi memiliki peluang-peluang yang lebih baik di pertandingan ini. 

Baca Juga

Lionel Messi mencetak gol menggunakan sepakan terukur ke sudut bawah gawang Chelsea yang dikawal Thibaut Courtouis, memanfaatkan umpan silang Andres Iniesta yang berawal dari kesalahan bek muda Chelsea Andreas Christensen dalam melepaskan operan horizontal untuk menyamakan kedudukan. 

Gol Chelsea juga datang di babak kedua, melalui tendangan melengkung Willian dari luar kotak penalti, mengecoh kiper Marc-Andre Ter Stegen.

Wajah lesu para pemain Chelsea setelah Lionel Messi merobek gawangnya.

Di atas kertas, Barcelona lebih diunggulkan oleh hasil ini, sebab tim Katalan tersebut berhasil mengantongi satu gol tandang sebagai bekal untuk pertemuan kedua di Camp Nou.

Berikut INDOSPORT mengoleksi tiga fakta pertandingan antara Chelsea melawan Barcelona:


1. Chelsea kembali gagal menang dengan taktik false nine

Eden Hazard (kiri) terus dijaga ketat oleh Ivan Rakitic dan Paulinho

Termasuk pertandingan ini, Chelsea gagal memenangkan pertandingan dengan menggunakan false nine atau tanpa penyerang murni di empat pertandingan. Tiga pertandingan lainnya adalah Watford, Bournemouth di Liga Inggris dan Arsenal di Piala Liga.

Dengan mengandalkan tiga pemain yang notabene merupakan pemain-pemain sayap: Eden Hazard, Willian dan Pedro di depan, Chelsea kesulitan dalam duel-duel udara di daerah pertahanan lawan. Terbukti, peluang-peluang terbaik Chelsea di pertandingan ini berasal dari sepakan-sepakan di luar kotak penalti Barcelona.


2. Lionel Messi memecah kebuntuan melawan Chelsea

Selebrasi Lionel Messi dan Andres Iniesta.

Messi merupakan salah satu pemain terbaik di dunia, jika bukan yang terbaik, terutama dalam urusan mencetak gol. Tapi Messi membutuhkan pertandingan ke sembilan untuk mencetak gol pertamanya ke gawang tim asal London Barat tersebut.

Gol ini juga berarti Messi telah mencetak gol ke gawang 29 gol dari 35 klub yang pernah ia hadapi di Liga Champions Eropa, hanya Raul Gonzales (33) dan Cristiano Ronaldo (32) yang telah mencetak ke lebih banyak tim yang berbeda.


3. Chelsea mempertahankan rekor tak terkalahkan lawan Barcelona

N'Golo Kante berusaha menggalkan aksi Lionel Messi.

The Blues mempertahankan rekor tak terkalahkannya melawan Barcelona di delapan pertemuan terakhir -- 2 menang, 6 seri. 

Kemenangan terakhir Barcelona datang di bulan Februari 2006, dengan skor akhir 2-1. Kala itu, mantan pemain Chelsea dan Barcelona, Samuel Eto'o mencetak gol kemenangan Barcelona di menit ke-79.

ChelseaBarcelonaLionel MessiLiga Champions

Berita Terkini