x

5 Pemain Bernasib Tragis Usai Dianggap Titisan Lionel Messi

Kamis, 15 Maret 2018 15:47 WIB
Editor: Isman Fadil
Gerard Deulofeu dan Lionel Messi.

Lionel Messi adalah hadiah Tuhan setelah Cristiano Ronaldo untuk sepakbola dunia. Talentanya tentu langka dan pencapaiannya bakal sulit disamai oleh pemain-pemain junior di bawahnya. 

Bayangkan, sejauh ini Messi sudah mengemas total 541 gol dan 245 assists. Termasuk dua golnya membawa kemengan Barcelona 3-0 atas Chelsea di babak 16 besar Liga Champions, Kamis (15/03/18) dini hari WIB.

Meski begitu, lambat laun Messi tentu akan menurun peformanya. Seiring bertambahnya usia, kini berusia 30 tahun, Blaugrana tak bisa terus-terusan andalkan pemain berjuluk La Pulga itu.

Baca Juga

Saat ini muncul pertanyaan: Siapakah pemain yang layak meneruskan dominasi Lionel Messi dalam 10 tahun ke depan? Atau adakah pemain yang mampu melewati pencapaian pemain asal Argentina tersebut?

Bakat luar biasa Lionel Messi memang membuat namanya menjadi tolok ukur seorang pesepakbola muda. Awalnya sempat muncul nama-nama seperti bintang Juventus, Paulo Dybala dan penyerang Paris Saint-Germain, Neymar yang diprediksi akan menjadi pesepakbola top dunia setelah Messi pensiun nanti.

Namun ada lima pemain yang dulunya pernah dianggap sebagai titisan Lionel Messi namun bernasib tragis. Punya bakat menjanjikan, lincah dan bertubuh mungil, semuanya mirip dengan apa yang dimilik ayah tiga anak tersebut.

Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkum sederet pemain yang dianggap gagal sebagai penerus Lionel Messi.


1. Alen Halilovic

Alen Halilovic

Nama Alen Halilovic berhasil mencuri perhatian pada 2014 lalu ketika berhasil direkrut oleh Barcelona. Pemain ini ketika itu bahkan disebut "Messi Balkan" yang bakal menjadi andalan di masa depan.

Namun Alen hanya bermain sekali untuk Barcelona saat berlaga di Copa Del Rey. Hampir seluruh musimnya pada 2014/15 lalu ia habiskan bermain untuk Barcelona B. 

Sialnya, tim yang dibela Halilovic ini terdegradasi ke Divisi Segunda B (Divisi Ketiga) dan memaksa Alen untuk mencari klub yang berkompetisi di level yang lebih tinggi ketimbang harus bermain di divisi ketiga.

Pemain yang kini berusia 21 tahun itu dipinjamkan Barca ke Sporting Gijon sebelum akhirnya 'dibuang' ke Hamburg SC. Kini, Alen bermain untuk Las Palmas dengan status pinjaman dari Hamburg SV.


2. Bojan Krkic

Bojan Krkic saat masih membela Barcelona.

Untuk urusan postur tubuh, Bojan memang punya banyak kemiripan dengan Messi. Apalagi jika diruntut mereka adalah saudara jauh dari kakek kakek buyut yang sama. Bojan, layaknya Messi, bertubuh mungil namun punya dribling mantap dan finishing oke. Satu kesamaan lagi, ia juga sekolah di La Masia, akademi Barcelona. 

Sejak melakukan debut bersama Barcelona senior di musim 2007/08, karier Bojan semakin menurun sejak hadirnya Pedro Rodriguez, Thierry Henry hingga David Villa yang membuat dirinya sulit mendapatkan tempat utama di lini serang Barcelona.

Ia pun terus dipinjamkan ke Ajax, AS Roma, dan AC Milan, dan sampai akhirnya Bojan tidak pernah benar-benar kembali ke Camp Nou. Sebutan The Next Messi yang disematkan banyak orang dan media massa ternyata memang cukup membuat beban.

Bahkan pemain 27 tahun ini sempat bermain untuk klub papan bawah Liga Primer Inggris, Stoke City dan memperkuat Mainz 05 di Bundesliga, kini ia tercatat sebagai pemain pinjaman Stoke di Deportivo Alaves.


3. Gerard Deulofeu

Gerard Deulofeu

Saat berkarier di Barcelona B dan La Masia, ia kerap dibanding-bandingkan dengan Lionel Messi karena sama-sama mampu bermain sebagai penyerang sayap kanan dan false nine. Bahkan beberapa orang malah menyebut Deulofeu ini seperti gabungan antara Messi dan Cristiano Ronaldo.

Deulofeu mengawali kariernya bersama Everton sebagai pemain pinjaman pada 2013. Penampilannya yang oke membuat Barca memulangkannya, namun hanya untuk dipinjamkan lagi ke Sevilla selama semusim. Di Sevilla, penampilan Deulofeu tak terlalu istimewa sehingga Everton pun membelinya secara permanen.

Peformanya yang cemerlang bersama Everton dan AC Milan membuat Deulofeu kembali diboyong Barcelona di bursa transfer musim panas 2017/18. Sialnya, seiring kedatangan Ousmane Dembele membuat Deulofeu kembali diacuhkan Barcelona. Pemain 23 tahun ini pun kembali dipinjamkan ke klub medioker Liga Primer Inggris, Watford.


4. Juan Iturbe

Juan Iturbe resmi ke Torino dengan status pemain pinjaman.

Juan Manuel Iturbe Arevalos, atau lebih kita kenal dengan nama Juan Iturbe menjadi buah bibir kala membela River Plate pada 2013 silam. Media-media Eropa pun mengaggap Iturbe sebagai 'The New Messi' di sepakbola dunia. 

Namun kariernya tak seperti prediksi media. Ia hanya bermain di klub-klub semenjana karena klubnya saat ini, AS Roma, tak sanggup memoles bakat hebatnya. Iturbe pun dipinjamkan ke klub Meksiko, Club Tijuana.


5. Marko Marin

Marko Marin.

Marko Marin mendapat julukan 'Messi dari Jerman' saat masih berseragam Werder Bremen. Kehebatan di atas lapangan membuat ia direkrut oleh Chelsea pada 2012. 

Sayangnya, penampilannya yang inkonsisten membuat Marin dipinjamkan ke Sevilla, Fiorentina, Anderlecht, dan Trabzonspor. Berstatus pemain pinjaman Chelsea selama empat tahun, pemain 29 tahun ini akhirnya hengkang ke klub Yunani, Olympiacos.

Lionel MessiBojan KrkicAlen HalilovicJuan IturbeMarko MarinGerard DeulofeuBola Internasional

Berita Terkini