x

Calon Kandang Persija Akan Jadi Stadion Tersibuk di Kompetisi 2018

Jumat, 16 Maret 2018 12:15 WIB
Kontributor: Prima | Editor: Arum Kusuma Dewi

Stadion Sultan Agung (SSA) yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, rencananya akan digunakan oleh Persija Jakarta sebagai kandang di musim kompetisi kali ini.

Jika rencana itu benar-benar terjadi, bisa dipastikan SSA menjadi stadion paling sibuk di kompetisi Liga Indonesia musim 2018.

Baca Juga

1. Penjadwalan Berbeda

Stadion Sultan Agung Bantul.

Dengan banyaknya pertandingan yang akan dilaksanakan di sana, bentroknya jadwal pertandingan sangat mungkin terjadi. Menanggapi hal itu pihak Pemkab selaku pengelola stadion mengaku tidak mau ambil pusing dan menyerahkan kepada operator Liga.

"Kami serahkan sepenuhnya kepada operator kompetisi. Dengan banyaknya tim yang akan menggunakan SSA, seharusnya PSSI dan LIB selaku operator  melakukan penjadwalan yang berbeda pada setiap tim," ujar Kepala Bidang Olahraga Disdikpora Bantul, Drs. Sapto Priyono MM.


2. Sudah Jadi Markas 5 Tim

Stadion Sultan Agung Bantul.

Persija akan menjadi tim ke-6 yang akan menggunakan stadion tersebut sebagai kandang. Selain Persiba dan Protaba yang berkompetisi di Liga 3, stadion dengan kapasitas 35.000 penonton ini juga akan digunakan oleh PSIM Yogyakarta, PS Tira, dan PSIS Semarang.

Macan Kemayoran mengincar stadion ini sebagai kandang mengingat stadion-stadion di Jakarta dan sekitarnya tengah dipersiapkan untuk Asian Games. Bahkan sang direktur, Gede Widiade, sudah datang menemui pihak Pemkab Bantul untuk menjelaskan rencananya.


3. Standar Kualitas Asia dan Eropa

Situasi stadion Sultan Agung Bantul pada malam hari.

Stadion ini didirikan pada tahun 2004 dan diresmikan pada tahun 2007 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Selain pertandingan-pertandingan nasional, Timnas Islandia juga pernah memakai stadion ini sebagai tempat latihan sebelum menghadapi Indonesia Selection pada Januari lalu.

Selain kondisi rumput lapangan yang sudah mengikuti standar rumput kualitas Eropa, sejak Desember 2013, Stadion Sultan Agung juga sudah dipasangi lampu di 4 titik dengan daya 1200 Luxs. Daya penerangan tersebut sudah memenuhi standar yang terapkan Federasi Sepakbola Asia (AFC).

Persija JakartaLiga IndonesiaLiga 1Stadion Sultan Agung

Berita Terkini