x

Dari Ronaldo hingga Ruud Gullit, Deretan Pemain Liga 1 Bernama Bintang Dunia

Jumat, 30 Maret 2018 19:19 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pemain Arema FC tampak menjegal Gian Zola.

Nama beken pesepakbola Eropa tentunya sangat akrab bagi pecinta sepakbola. Bahkan, beberapa legenda sepakbola mampu menjadi panutan bagi penikmat si kulit bundar.  

Tak hanya di ranah Eropa, nama besar itu juga begitu akrab di telinga pecinta sepakbola Tanah Air. Hal itu terbukti ketika sejumlah pesepakbola Indonesia memiliki nama yang hampir serupa dengan pemain dunia.

Pemberian nama itu tak ayal dari seorang ayah yang mencintai sosok bintang sepakbola dunia. Itu ditujukan agar sang buah hati bisa memiliki perjalanan karier yang sama seperti sang mega bintang.

Baca Juga

Pada musim ini, Liga 1 2018 pun telah dihuni beberapa pesepakbola yang memiliki nama seperti pemain top Eropa. Mulai dari Ronaldo hingga Ruud Gullit pun telah menghiasi kompetisi kasta tertinggi sepakbola Tanah Air.

Kali ini INDOSPORT akan memperkenalkan beberapa pemain Indonesia yang namanya mirip dengan pesepakbola dunia.


1. Ruud Gullit

Ruud Gullit, gelandang bertahan PSIS Semarang.

Ruud Gullit merupakan pemain PSIS Semarang pada kompetisi baru 2018 ini. Dirinya juga memiliki peran yang cukup penting kala membawa tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar tersebut promosi ke kasta atas.

Nama Ruud Gullit sendiri pastinya mengingatkan penikmat sepakbola pada pemain fenomenal berkebangsaan Belanda. Dengan rambut gimbalnya, mantan pemain AC Milan tersebut pastinya dikenang di penjuru dunia.


2. Maldini Pali

Maldini Pali.

Sesuai dengan namanya, talenta muda Indonesia ini memang sama dengan bek legendaris AC Milan, Paolo Maldini. Alasan Pali memiliki nama yang sama dengan Maldini tidak lepas dari sang ayah yang sangat mencintai Milan.

"Soal pemberian nama Maldini, ayah yang suka dengan AC Milan. Aku juga suka dengan Maldini. Dia kalau main pantang menyerah dan kepemimpinannya (luar biasa) di lapangan," ungkap Pali beberapa waktu lalu.

Pemain yang kini berusia 23 tahun itu pun memiliki bakat yang cukup gemilang. Hal itu terbukti ketika dirinya sempat merasakan beberapa hari berlatih bersama jawara Liga Primer Inggris musim lalu, Leicester City pada 2011 lalu.


3. Gian Zola

Gian Zola Nasrulloh dan Atep tersenyum lebar saat tiba di kota Batam, Riau.

Gian Zola merupakan pemain muda dalam skuad Persib Bandung Liga 1 musim ini. Meskipun dari segi usia sangat jauh dibandingkan rekan-rekannya, Zola telah menjadi bagian sejarah sepakbola Jawa Barat pada PON XIX 2016 lalu. 

Dengan kemampuan serta bakatnya Zola digadang-gadang menjadi seorang playmaker masa depan penerus Adjat Sudrajat dan juga Yusuf Bachtiar. Karena dirinya telah mengoleksi beberapa medali emas.

Nama Zola sendiri diberikan karena ayah sang pemain, Budi Nugraha, mengidolakan penyerang asal Italia tersebut. Bahkan Budi masih memiliki poster yang memuat gambar Gianfranco yang pernah membela Chelsea selama 7 musim.


4. Gianluca Pagliuca Rossy

Gianluca Pagliuca Rossy.

Gianluca Pagliuca Rossy merupakan pemain anyar Persija Jakarta pada musim baru ini. Dirinya direkrut untuk proyek jangka panjang Macan Kemayoran. Apalagi, Persija mendapatkan pemain secara gratis pada musim ini.

Gianluca Pagliuca sendiri merupakan sosok penjaga gawang legendaris dari Italia pada era 90-an. Dirinya merupakan salah satu palang pintu terbaik yang dimiliki Gli Azzurri sepanjang sejarah.

Dua pemain beda negara ini pun memiliki posisi yang sama yakni seorang penjaga gawang. Rosy pun diharapkan bisa mengikuti jejak Pagliuca sebagai salah legenda di Negeri Pizza tersebut.


5. Todd Rivaldo Ferre

Todo Rivaldo Ferre terpilih sebagai pemain terbaik Liga 1 U-19.

Nama Todd Rivaldo Ferre ini terselip sosok mantan bintang Barcelona dan Timnas Brasil. Ya, bintang yang dimaksud adalah Rivaldo. Pemain tersebut merupakan playmaker terbaik pada eranya.

Sementara itu bagi Todd Rivaldo Ferre, nama itu merupakan sebuah motivasi yang besar dalam kariernya. Pasalnya pada usianya yang baru menginjak 19 tahun, dirinya telah masuk dalam skuat senior Persipura pada musim 2018 ini.

Hal itu tak terlepas dari penampilan gemilangnya bersama Persipura U-19 pada musim lalu. Tak hanya membantu tim muda Mutiara Hitam, dirinya juga berhasil menyabet gelar pemain terbaik.


6. Ronaldo Rubener Wanma

Ronaldo Rubener Wanma.

Pemain Perspura Jayapura lainnya yang memiliki nama beken seperti pesepakbola top Eropa adalah, Ronaldo Rubener Wanma. Memiliki nama Ronaldo pun membuat dirinya masuk dalam daftar pesepakbola Indonesia yang serupa dengan bintang dunia.

Ronaldo Rubener sendiri nyatanya memiliki peran penting kala membantu Persipura dalam meraih poin sempurna di pekan perdana Liga 1 2018. Pasalnya, Ronaldo berhasil mengunci kemenangan 2-1 Mutiara Hitam atas Persela Lamongan.

Maldini PaliRuud GullitGian ZolaLiga IndonesiaLiga 1Gianluca Pagliuca Rossy

Berita Terkini