x

Apa Kabar Tonnie Cusell? Sepupu Lilipaly yang Pernah Perkuat Timnas Indonesia

Jumat, 13 April 2018 13:33 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Tonnie Cusell.

Siapa sangka jika pemain naturalisasi Stefano Lilipaly rupanya sempat punya sepupu yang turun ikut membela timnas Indonesia di Piala AFF 2012 lalu.

Ya, ia adalah Tonnie Harry Cusell Lilipaly yang terakhir kali membela klub Indonesia Barito Putera pada 2014 lalu. Tak lagi berkarir Indonesia, ia pun kembali ke kampung halamannya. 

Kini ia tinggal di Belanda bersama dengan putrinya usai terakhir kali membela klub negeri kincir angin tersebut, Ajax Amateurs pada 2015-2016 lalu. 

Baca Juga

1. Perjalanan Karir Tonnie

Tonnie Cussel.

Tonnie tak pernah memiliki karir yang cukup lama di setiap klub yang ia bela. Rata-rata rentang waktu karirnya memperkuat sebuah klub tak lebih dari satu musim.

Berkarier sebagai pesepakbola profesional sejak 2003 silam, Tonnie tercatat setidaknya sudah memperkuat 12 klub berbeda. Mulai dari AS Cannes, AGT Amsterdam, FC Hilversum, dan masih banyak lagi.

Hingga akhirnya bermain untuk Barito Putera pun, Tonnie bahkan tak sampai satu musim. Ia pun melanjutkan kariernya di Nieuw Utrecht pada musim 2014-2015. 


2. Rindu Bela Timnas Indonesia

Tonnie Cusell bersama penggawa Timnas Indonesia lainnya.

Nyatanya, Tonnie sendiri rupanya masih kangen bermain untuk Indonesia, terlebih lagi kala dirinya membela Timnas di turnamen tingkat Asia beberapa tahun lalu. 

Kerinduannya tersebut terbukti lewat sejumlah unggahan foto dirinya berseragam timnas Indonesia yang mewarnai akun Instagram pribadinya. 


3. Kontroversi Tonnie

Tonnie Cusell.

Sebagai pemain naturalisasi, Tonnie rupanya menyimpan sederet kontroversi selama dirinya bermain di Indonesia. Dari pengakuan eks pelatih Barito Putera, Salahuddin, Tonnie dikenal sebagai pemain yang tak profesional.

Ia diketahui sering pergi di malah hari dan tak pernah serius kala menjalani latihan bersama klubnya. Tak hanya itu, ia juga ingin fasilitas pemain kelas Eropa. 

Hingga mampu membela Timnas Indonesia, keputusan PSSI yang memberikannya paspor Indonesia banyak dipertanyakan. Pasalnya, kualitas pemain tersebut memang dibilang tak cukup istimewa.

Barito PuteraStefano LilipalyNaturalisasiTimnas IndonesiaLiga Indonesia

Berita Terkini