x

Messi dan Salah Saling Sikut Demi Sepatu Emas Eropa 2018

Selasa, 17 April 2018 15:07 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Trofi Sepatu Emas Top Skor Eropa.

Mendekati kata berakhir, liga-liga elit Eropa masih saja menghadirkan persaingan sengit untuk beberapa penghargaan individu, khususnya Sepatu Emas Eropa 2018.

Sepatu Emas Eropa sendiri adalah sebuah penghargaan sepakbola yang diberikan tiap musimnya kepada top skorer di liga-liga elite Eropa. Penentuan Sepatu Emas Eropa ini juga tidak sembarang, karena melihat bobot (koefisien) yang dimiliki sebuah liga tempat top skorer bermain.

Sistem penilaiannya bergantung pada hasil pertandingan masing-masing klub liga di kompetisi elit Eropa selama lima musim terakhir. Setiap gol yang dicetak di lima liga teratas (sesuai koefisien UEFA), akan dikalikan dengan 2.

Berdasarkan pengertian dan sistem perhitungan di atas, sejauh musim ini di 5 liga top Eropa, Lionel Messi dan Mohamed Salah saling menjatuhkan di puncak daftar nominasi Sepatu Emas Eropa 2018.

Baca Juga

1. Mohamed Salah

Mohamed Salah, pemain megabintang Liverpool.

Penampilan Mohamed Salah musim ini memang di luar ekspektasi para pecinta bola, khususnya penggemar Liverpool. Bersama The Reds, Salah menjelma sebagai penyerang paling produktif di daftar top skor sementara Liga Primer Inggris hingga pekan ke-33.

Sejauh ini di liga domestik, Salah sudah bermain sebanyak 22 pertandingan dengan torehan 30 gol dan 10 assist. Catatan ini membuat Salah berada di puncak daftar nominasi sementara untuk Sepatu Emas Eropa 2018.


2. Lionel Messi

Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona.

Sementara Messi sendiri juga masih memiliki peluang untuk melengserkan Salah dari puncak daftar nominasi sementara.

La Pulga sendiri hanya terpaut satu gol dengan sudah mencetak sebanyak 29 gol dari 31 penampilannya untuk Barcelona di La Liga Spanyol. Dengan 4 atau 5 laga tersisa, Messi sangat mungkin untuk mencetak dua atau tiga gol lagi.


3. Daftar Nominasi Sepatu Emas 2018

Penampakan Sepatu Emas 2018
Nama Pemain Klub Gol Perhitungan Poin
Mohamed Salah Liverpool 30 2 60
Lionel Messi Barcelona 29 2 58
Robert Lewandowski Bayern Munchen 27 2 54
Ciro Immobile Lazio 27 2 54
Edinson Cavani Paris Saint-Germain 25 2 50
Lionel MessiLaLiga SpanyolSerie A ItaliaCiro ImmobileMohamed SalahEdinson CavaniLigue 1 PrancisRobert LewandowskiLiga Primer InggrisBola Internasional

Berita Terkini