x

8 Fakta Mencengangkan Tergores di Balik Laga Liverpool vs AS Roma

Rabu, 25 April 2018 05:05 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

Liverpool secara mengejutkan berhasil hingga fase semifinal Liga Champions musim 2017/18. Di babak empat besar ini, mereka pun kedapatan lawan kuda hitam wakil dari Italia, AS Roma. Laga leg pertama keduanya pun dilaksanakan di Anfield Stadium pada Rabu (25/04/18) dini hari tadi.

Baca Juga

1. Jalannya Pertandingan

Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Jalannya pertandingan pun berjalan dengan seru dan menarik. The Anfield Gank sejatinya sempat unggul jauh, yakni lima gol tanpa balas. Mohamed Salah (36’, 45’) dan Roberto Firmino (61’, 69’) masing-masing berhasil mencetak dua gol, sementara satu gol sisanya dicetak oleh Sadio Mane (56’).

Keasyikan menyerang membuat The Reds lupa akan caranya bertahan. Hal tersebut dimanfaatkan oleh AS Roma, melalui gol yang dicetak oleh Edin Dzeko di menit 81 dan Diego Perotti melalui titik putih di menit 85.


2. Rekor Tersendiri Mohamed Salah

Mohamed Salah.

Selain serunya pertandingan yang tersaji di atas lapangan selama 2x45 menit, terdapat sebuah rekor yang berhasil dipecahkan oleh bintang Liverpool, Mohamed Salah, dalam pertandingan tadi.

Adalah jumlah gol yang ia cetak di ajang Liga Champions. Sebelumnya, mantan pemain AS Roma ini telah mencetak delapan gol. Ditambah dengan dua gol ke mantan klubnya tersebut, kini Salah telah mencetak 10 gol di Liga Champions, di luar kualifikasi Liga Champions.

Itu artinya, dirinya berhasil memecahkan rekor yang selama ini dipegang oleh Samuel Eto’o, sebagai pemain asal Afrika dengan jumlah gol terbanyak di Liga Champions dalam satu musim.

Mantan pemain Barcelona dan Inter Milan itu sebelumnya terpilih sebagai pemain Afrika dengan jumlah gol terbanyak di Liga Champions dalam satu musim, yakni delapan gol.


3. 8 Fakta Mencengangkan di Balik Kemenangan Liverpool

Skuat Liverpool vs AS Roma.

Namun selain rekor tersendiri yang dibuat oleh Salah, terdapat beberapa fakta mencengangkan lainnya pasca kemenangan Liverpool atas Roma ini. Berikut INDOSPORT rangkum beberapa fakta mencengangkan tersebut.

1. James Milner menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang berhasil menorehkan sembilan assists dalam satu musim.

2. Firmino telah mencetak 10 gol dengan 11 laga di ajang Liga Champions (di luar kualifikasi Liga Champions), yang mana membuat dirinya bergabung dengan pemain tercepat yang berhasil mencetak 10 gol.

3. Sadio Mane moncer, dengan selalu mencetak gol ketika Liverpool bertanding di tiga laga kandang terakhir.

4. Musim ini, Mohamed Salah telah mencetak 42 gol untuk Liverpool di segala kompetisi. Dirinya hanya kalah dari Ian Rush (47 gol di musim 1983/84).

5. Pada lima laga terakhir Liga Champions di mana Salah bermain sejak menit awal pertandingan, dirinya selalu mencetak gol. Hal ini menjadikan dirinya sebagai satu-satunya pemain Liverpool yang mampu melakukan hal tersebut.

6. Liverpool tercatat telah mencetak 38 gol di Liga Champions musim ini. Itu merupakan rekor gol terbanyak klub Inggris dalam satu musim di Liga Champions.

7. Golnya ke gawang Loris Karius membuat Edin Dzeko selalu mencetak gol di empat laga terakhirnya di Liga Champions. Mungkinkah terulang di Stadion Olimpico?

8. Roberto Firmino berhasil melangkahi Luiz Adriano (9 gol), dan mensejajarkan dirinya bersama dengan Kaka dan Neymar dengan mencetak 10 gol dalam satu musim Liga Champions.

LiverpoolLiga ChampionsAS RomaMohamed SalahRoberto FirminoBola Internasional

Berita Terkini