x

Persebaya 1-0 Arema: Gol Tunggal Solikin Bawa Bajul Ijo ke Peringkat Tiga

Minggu, 6 Mei 2018 17:48 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Hasil pertandingan Persebaya Surabaya vs Arema FC.

Laga sengit bertajuk Derby Jawa Timur mewarnai pekan ketujuh kompetisi sepakbola tertinggi Tanah Air, Liga 1 2018. Stadion Gelora Bung Tomo menjadi saksi bisu partai besar antara Persebaya Surabaya yang menjamu Arema FC.

Setelah 90 menit lebih bertanding, Persebaya sukses meraih kemenangan tipis 1-0, yang membuat mereka langsung melejit ke peringkat tiga klasemen sementara Liga 1 2018 dengan koleksi 11 poin.

Sementara bagi Arema, kekalahan ini membuat mereka masih terjebak di zona degradasi, atau tepatnya di peringkat 17 dengan catatan lima poin dari tujuh laga.


1. Babak Pertama

Arthur Cunha dikawal ketat dua pemain Persebaya Surabaya.

Tampil di hadapan para Bonek yang memenuhi Stadion Gelora Bung Karno, Persebaya Surabaya langsung melancarkan serangan berbahaya ke jantung pertahanan Arema sejak menit-menit awal babak pertama.

Di menit keempat, Fauzi nyaris mencatatkan namanya di papan skor, seandainya bola sepakannya dari dalam kotak penalti tidak ditepis oleh Rusdiana.

Hingga 15 menit pertandingan babak pertama berlangsung, Arema masih dipaksa lebih banyak bermain di wilayahnya sendiri. Sementara kurangnya teknik finishing membaut peluang emas Persebaya belum bisa berujung gol.

Baca Juga

Sembilan menit jelang berakhirnya babak pertama, Arema membuat publik tuan rumah terkejut. Berawal dari situasi serangan balik, Rafli melepaskan sebuah tembakan jarak jauh, yang benar-benar menyamping tipis ke sisi gawang.

Hingga pertandingan selesai, kedua kesebelasan masih belum ada yang bisa memecah kebuntuan. Skor 0-0 mengiringi langkah pemain Persebaya dan Arema ke ruang ganti.


2. Babak Kedua

Skuat Persebaya Surabaya.

Laga babak kedua baru berjalan 13 menit, Arema sudah dipaksa melakukan pergantian pemain. Muhammad Rafli meringis kesakitan usai berbenturan dengan pemain Persebaya. Joko Susilo pun menggantikan Hanif Abdurrauf.

Sepert babak pertama, Persebaya masih mendominasi penguasaan bola dengan berkali-kali menciptakan peluang berbahaya. Akan tetapi, hingga menit ke-80, ketatnya pertahanan Arema membuat masih belum ada gol yang tercipta.

Barulah di menit ke-83, gol yang ditunggu-tunggu para Bonek terlahir juga. Memanfaatkan bola mentah hasil tepisan kiper Rusdiana, Misbakus Solihin dengan kontrol yang cermat, melepaskan tendangan kaki kiri yang langsung menembus gawang Arema. Skor 1-0, Persebaya unggul 1-0.

Memasuki masa injury time, sebuah kejadian memalukan terjadi melibatkan pemain Persebaya dan Arema. Oktafianus dan Hendro terlibat bentrok yang membuat wasit memutuskan untuk memberi kartu merah pada keduanya.

Setelah itu pertandingan dilanjutkan kembali, namun Arema tidak mampu menciptakan gol penyeimbang. Alhasil, Persebaya keluar sebagai pemenang Derby Jatim jilid pertama Liga 1 2018 dengan skor 1-0.


3. Susunan Pemain Persebaya vs Arema

Persebaya Surabaya vs Arema FC.

Persebaya Surabaya (4-2-3-1): Saputra, Karel, Imbiri, Syaifuddin, Abu Rizal, Robertino, Nelson Alom, Pahabol, Rendi, Oktafianus, Rishadi.
Cadangan: Rahayu, Muladi, Misbakus, Saimima, Da Silva, Irfan Jaya, Riky Kayame.
Pelatih: Alfredo Vera.

Arema (4-3-3): Rusdiana, Syaiful, Cunha, Purwaka, Alfarizi, Siswanto, Rafli, Dedik, Dendi, Furtuoso, Bauwo.
Cadangan: Kurniawan, Bagas, Hanif, Zaenuri, Atayev, Bojovic, Ohorella.
Pelatih: Joko Susilo.

Persebaya SurabayaReviewLiga IndonesiaArema FCLiga 1

Berita Terkini