x

Tinggalkan Barcelona, Iniesta Tak Jadi ke China?

Selasa, 8 Mei 2018 13:00 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Andres Iniesta

Kapten Barcelona, Andres Iniesta, dikabarkan akan meninggalkan Camp Nou pada akhir musim 2017/18 nanti. Gelandang berkebangsaan Spanyol tersebut dilaporkan segera bergabung dengan klub Liga Super China pada musim depan.

Iniesta diperkirakan akan mengambil langkah yang menguntungkan ke China dengan Chongqing Dangdai Lifan yang dilaporkan menawarkan lebih dari 70 juta poundsterling atau senilai Rp1,3 triliun untuk kontrak selama tiga tahun.

Baca Juga

1. Ucapan Perpisahan Iniesta

Andres Iniesta

Dalam konferensi pers perpisahan Barcelona, Iniesta mengatakan, "Ini musim terakhir saya di sini. Saya tahu apa artinya menuntut apa artinya bermain di sini tahun demi tahun,” ujarnya dikutip dari Mirror UK.

"Saya tahu apa artinya menjadi kapten klub ini. Jadi, saya mengerti bahwa panggung saya sudah berakhir,” tambahnya.


2. Belum Pasti ke China

Chongqing Lifan.

Baru-baru ini Chongqing telah merilis pernyataan resmi melalui situs media sosial China, Weibo, terkait perekrutan Iniesta. Pihak klub mengatakan bahwa transfer Iniesta bias saja batal karena masalah keungan.

"Bagian industri olahraga lainnya dari pemegang saham pengendali klub kami (Chongqing) memiliki kerja sama yang mendalam dengan Iniesta, pemasaran olahraga, dan pendidikan kaum muda,” tulis ketua klub, Jiang Lizhang.

"Mungkin ada kerja sama yang lebih mendalam antara kedua pihak di pasar Cina, tetapi ini tidak berarti bahwa Iniesta akan bergabung dengan klub sebagai pemain."


3. Fokus Pupuk Pemain Muda

Pemain muda China.

Chongqing sendiri akan fokus untuk tetap menjalankan tugas utama China yang ingin mengembangkan sepakbola melalui para pemain muda. Jiang Lizhang mengaku tidak akan melanggar prospek tersebut.

"Klub saya tidak akan pernah melanggar prospek pengembangan sepakbola China, dan bertekad untuk memberikan kontribusi karena perkembangan sepakbola Tiongkok yang sehat,” lanjutnya.

"Klub saya berakar kuat di Chongqing, dan telah melakukan segala upaya untuk meningkatkan investasi dalam sistem pelatihan pemuda di semua tingkatan. Ini adalah tanggung jawab kami untuk menyediakan pemain yang sangat baik untuk sepak bola Chongqing dan China.”

Bursa TransferBarcelonaAndres IniestaLiga Super China

Berita Terkini